Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

8 Ide Bisnis Minim Modal untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga bisa memaksimalkan kemampuan memasak dan keterampilan menulis untuk menghasilkan uang.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 November 2020  |  15:15 WIB
Ilustrasi - Sheknows
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA -- Pernahkah Anda bermimpi memulai bisnis rumahan agar bisa menghasilkan uang dari rumah sambil membesarkan anak? Banyak ibu rumah tangga berbagi mimpi yang sama.

Setelah mengerjakan begitu banyak pekerjaan di masa lalu, mereka menyadari bahwa bekerja di kantor dengan jam yang ditentukan dari pukul 9 hingga 5 sore, tidak cocok untuk mereka sehingga beberapa akhirnya berhenti tanpa penyesalan,

"Saya benci memiliki bos, bekerja di bilik 8 jam sehari, membuang-buang waktu di jalan, dan tidak memiliki kebebasan untuk mengejar minat saya. Saya benci mendapatkan penghasilan yang sama tidak peduli seberapa keras saya bekerja," kata Jane, seorang blogger-mom dari Puerto Rico, seperti dikutip melalui thismamablogs.com, Selasa (17/11/2020).

Jane tahu dia tidak bisa menghabiskan 30 tahun lagi dalam hidupnya bekerja di kantor dan hanya dengan satu atau dua hari libur dalam seminggu untuk melakukan hal-hal yang dia sukai.

Jadi, Jane memutuskan untuk menempuh jalan yang berbeda untuk mendapatkan kebebasan yang dia inginkan, dan tidak melihat ke belakang!

Kami memahami bahwa memulai bisnis bukan untuk semua orang, tetapi jika Anda seorang ibu seperti Jane dan Anda ingin tinggal di rumah bersama keluarga sambil mencari nafkah, memulai ide bisnis ibu rumah tangga yang tepat bisa menjadi solusi yang tepat yang benar-benar Anda butuhkan untuk mengubah hidup Anda.

Daftar ide bisnis kecil untuk memulai dari rumah ini sangat cocok untuk mereka yang belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya dan mencari ide bisnis berbiaya rendah.

1. Memulai Bisnis Penulisan Freelance.

Menulis lepas adalah salah satu ide bisnis terbaik untuk ibu rumah tangga yang suka menulis. Tidak ada kekurangan pekerjaan menulis online, jadi jika ini adalah passion Anda, Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan enam digit dengan bisnis menulis lepas.

"Saya telah menjadi penulis lepas paruh waktu selama lebih dari enam tahun sekarang dan tetap menjadi salah satu pekerjaan favorit saya di daftar ini karena permintaan yang besar untuk penulis konten," tulis Jane.

Dia mengklaim bahwa dia bahkan bukan seorang penulis yang hebat dan bahasa Inggris adalah bahasa pertamanya, tetapi dalam tiga tahun pertama Jane menulis paruh waktu, dia memperoleh lebih dari US$70.000 dari satu klien saja tanpa pengalaman sebelumnya dalam menulis konten web.

Anda tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya, tetapi Anda harus memiliki keterampilan menulis yang baik untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dengan bisnis menulis lepas.

2. Membuat Blog.

Blogging adalah salah satu ide bisnis rumahan yang lebih populer untuk ibu rumah tangga karena beberapa alasan. Blogging itu fleksibel dan menyenangkan. Anda dapat membuat blog tentang minat Anda dan membantu orang lain dengan berbagi ide, proyek, resep, dan lainnya.

Dunia blog juga sangat luas, jadi Anda selalu dapat menemukan topik yang akan Anda sukai untuk ditulis.

Potensi penghasilan Anda juga tidak terbatas dengan blogging dan Anda dapat memiliki banyak sumber pendapatan seperti iklan tampilan, posting bersponsor, kemitraan merek, dan pemasaran afiliasi.

"Saya memulai blog ini secara spontan dan tidak pernah berpikir saya bisa mengubahnya menjadi bisnis penuh waktu. Sekarang, saya menghasilkan lebih dari yang pernah saya dapatkan dari pekerjaan penuh waktu saya sebelumnya dengan blogging. Dan yang terbaik adalah, saya punya lebih banyak waktu dengan anak! " kata Jane.

Membangun blog yang solid itu menantang, membutuhkan waktu dan banyak usaha. Namun, jika Anda menyukai tantangan, maka blog bisa menjadi salah satu ide bisnis ibu rumah tangga terbaik dan paling bermanfaat yang harus Anda mulai!

3. Memulai Bisnis Proofreading.

Ide bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki mata elang untuk kesalahan dalam publikasi.

Caitlyn Pile (pendiri Proofread Anywhere), misalnya, menghasilkan US$43.000 di tahun pertama bekerja proofreading paruh waktu!

Proofreading telah menjadi sumber pendapatan utamanya sejak 2012, dan pada 2014, dia memulai proofreadanywhere.com sebagai blog untuk membantu orang lain memulai dan mengembangkan bisnis proofreading seperti yang dia lakukan.

Anda dapat memulai bisnis proofreading dengan 0 rupiah. Namun, berinvestasi dalam kursus proofreading dapat membantu Anda memasarkan layanan untuk mendapatkan pertunjukan lebih cepat meskipun Anda tidak memiliki pengalaman.

Anda tidak membutuhkan pengalaman sebelumnya; Anda hanya perlu memiliki keterampilan yang juga dapat Anda pelajari dari berbagai kursus proofreading.

4. Memulai Bisnis Kerajinan.

Apakah Anda selalu ingin memulai proyek yang menyenangkan dan kreatif di rumah seperti membuat keranjang, merajut, menjahit, membuat perhiasan, atau membuat dekorasi rumah? Jika ya, Anda juga bisa mengubah hobi menjadi bisnis!

Menjual kerajinan tangan adalah salah satu ide bisnis kecil terbaik untuk memulai dengan sedikit uang. Bisnis ini berbiaya rendah, menyenangkan, dan bermanfaat!

Dan berkat internet, ada lebih banyak cara untuk menjual kerajinan tangan. Gunakan platform seperti Shopify dan Etsy, atau jual produk Anda di Instagram dan Facebook atau di situs web Anda sendiri.

5. Memulai Bisnis Konsultasi.

Apakah Anda memiliki pengetahuan dalam industri yang dapat membantu orang lain? Mungkin Anda seorang pakar bisnis, pakar pemasaran digital, atau pakar kuliner. Apa pun pengetahuan khusus Anda, Anda dapat menghasilkan uang dengan menawarkan layanan konsultasi kepada orang-orang yang membutuhkan keahlian Anda.

Salah satu keuntungan dari ide bisnis ini adalah bahwa Anda mungkin memiliki jaringan kontak yang sudah ada yang dapat memulai karir baru Anda.

Untuk memulai, Anda harus memiliki kualifikasi yang diperlukan dan mutakhir di departemen pengetahuan dengan semua tren dan perubahan di bidang keahlian Anda. Mulailah membangun jaringan atau hubungi jaringan Anda yang ada, buat situs web konsultasi, iklankan layanan Anda, dan mulailah dengan cold calling.

6. Memulai Bisnis Asisten Virtual.

Pemasaran Internet sedang booming, begitu pula permintaan untuk asisten virtual (VAs). Dan Anda tidak akan pernah salah dengan bisnis VA jika Anda menyukai apa yang dilakukan oleh VA!

Asisten virtual adalah pekerja jarak jauh yang membantu klien mereka dalam tugas sehari-hari, mulai dari menjadwalkan janji temu, mengelola media sosial, menjawab pertanyaan pelanggan, mengelola email, memproduksi konten, merancang grafik, dan sebagainya.

Jika Anda adalah orang yang terorganisir dengan perhatian yang baik terhadap detail, pemula dan ingin belajar, bisnis bantuan virtual dapat membuat salah satu ide bisnis ibu rumah tangga paling menguntungkan untuk Anda!

Ini membantu jika Anda sudah cukup paham tentang media sosial, tetapi jangan khawatir jika belum, hampir semuanya dapat dipelajari secara online.

7. Memulai Bisnis Bimbingan Belajar.

Jika Anda mencari ide bisnis rumahan yang mudah dan bebas stres untuk ibu rumah tangga, menawarkan layanan bimbingan belajar juga merupakan pilihan yang bagus. Ini terutama jika Anda tinggal di lingkungan dengan banyak anak sekolah, Anda mencintai anak-anak, dan Anda adalah mantan guru atau pendidik.

Sebagai tutor privat, tidak ada persyaratan pendidikan formal tetapi memiliki pengalaman mengajar, gelar sarjana dan sertifikasi guru adalah nilai tambah. Anda juga dapat menawarkan bimbingan virtual.

Mudah untuk memulai bisnis ini jika Anda memiliki pengalaman yang relevan dan Anda suka mengajar kepada anak-anak.

8. Memulai Bisnis Kue di Rumah.

Jual kue mangkuk / kue ulang tahun, pai, dan makanan panggang lainnya dan kemas menjadi hadiah. Pasarkan bisnis Anda di media sosial dan melalui jejaring, atau kirimkan produk Anda di kafe lokal. Hal terbaik tentang bisnis ini adalah Anda dapat melakukannya pada waktu Anda sendiri dan di rumah, cocok untuk ibu rumah tangga.

Sebelum memulai, sempurnakan resep dan desain Anda, ambil foto cantik produk Anda dan buat profil media sosial untuk bisnis Anda. Anda bisa memulai bisnis kue dengan kurang dari Rp5 juta, jika Anda sudah memiliki oven. Setelah Anda mendapatkan lebih banyak pesanan, Anda mungkin perlu berinvestasi pada peralatan yang lebih baik seperti mixer yang bagus dan perlengkapan memanggang lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis ibu rumah tangga Covid-19 pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top