Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Tips Memulai Bisnis Baru dari Rumah

Begitu banyak orang tidak menindaklanjuti ide bisnis mereka karena mereka takut gagal, atau mengira teman mereka akan mengejeknya.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Berkat kemajuan teknologi, saat ini ada lebih banyak peluang daripada sebelumnya bagi orang-orang di seluruh dunia untuk memulai bisnis dari rumah masing-masing

Anak-anak yang bermain video game dulunya dianggap membuang-buang waktu, tetapi kini beberapa dari mereka justru telah menjadi jutawan baik dengan membuat konten YouTube yang menghibur atau menjadi profesional gamer.

Demikian pula, mereka yang menghabiskan masa mudanya sibuk di depan komputer mendesain grafis sekarang memiliki keahlian untuk mencari nafkah dari desain grafis.

Pendidikan tradisional bukan lagi satu-satunya jalan menuju sukses, dan ada banyak cara untuk membangun kesuksesan Anda dari meja kerja di rumah. Jika bisnis dari rumah adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, bacalah lima tips dari Tech Round di bawah ini, dikutip Rabu (2/12/2020).

1. Fokus pada Minat Anda.

Memulai bisnis sendiri mengharuskan kita menjadi bos bagi diri sendiri, dan tentu menetapkan jam kerja sendiri. Jam-jam itu akan berlangsung lama, jadi Anda perlu melakukan sesuatu yang Anda sukai agar dapat dipatuhi secara realistis. Anda perlu merangkul prosesnya, daripada hanya memikirkan uang yang akan masuk ke pundi-pundi kekayaan Anda. Semakin Anda bersemangat tentang industri tempat Anda bekerja, semakin besar peluang Anda untuk sukses.

2. Pendidikan Tetap Menjadi Prioritas.

Ketika dengan ide baru, itu bisa menjadi hal menarik dan Anda akan tergoda untuk terjun langsung untuk membangun produk Anda. Tetapi sebelum Anda melakukan semua itu, Anda perlu menyerap informasi sebanyak mungkin.

Lihat pasar, calon pesaing, permintaan, dan segala sesuatu yang relevan dengan ide Anda. Kumpulkan setidaknya setidaknya 30 jam untuk mempelajari segala hal tentang ide baru sebelum Anda memulai pekerjaan lain.

3. Jangan Dulu Tinggalkan Pekerjaan Harian Anda.

Anda tidak boleh meremehkan pentingnya sumber dana apapun saat Anda mengembangkan ide bisnis. Jika Anda memiliki pekerjaan normal, pertahankan agar Anda memiliki penghasilan tetap.

Bahkan ketika Anda bekerja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, masih ada cukup waktu untuk membangun bisnis sampingan yang pada akhirnya akan menjadi pekerjaan utama Anda. Sebuah bisnis tidak menjadi sukses dalam semalam.

4. Pahami Setiap Ketentuan Hukum.

Ini adalah bagian dari proses pendidikan dan bisa dibilang merupakan elemen terpenting. Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Anda, dan mungkin ada baiknya untuk berkonsultasi dengan pakar mengenai hal ini. Pastikan untuk memahami apa yang perlu Anda lakukan sehubungan dengan pajak sehingga Anda tidak menghadapi risiko penalti apa pun.

5. Jadi Pengusaha yang Berani

Begitu banyak orang tidak menindaklanjuti ide bisnis mereka karena mereka takut gagal, atau mengira teman mereka akan mengejeknya. Anda tidak bisa membiarkan diri Anda sendiri mengadopsi pola pikir ini.

Meskipun ide Anda tidak berhasil, jangan anggap sebagai kegagalan, pelajari saja dari ide itu dan lanjutkan ke ide berikutnya. Pengusaha paling sukses di dunia semuanya pernah disebut gila di beberapa titik. Apa yang membedakan mereka dari orang lain adalah kemampuan mereka untuk memblokirnya dan bertaruh pada diri mereka sendiri untuk menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper