Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Langkah Menjaga Ketahanan dan Pertumbuhan Jangka Panjang Bisnis

Pemilik bisnis perlu memberi tahu karyawan dan pelanggan bagaimana mereka melakukan segala upaya untuk menjaga keamanan mereka.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona akan meninggalkan kesan abadi di seluruh lanskap bisnis kecil.

Kita telah beralih ke masyarakat bebas kontak (contact-free) di mana sistem drive thru dan kantor virtual adalah norma baru.

Bagi beberapa pemilik bisnis, ini bisa berarti ancaman bisnis mereka akan tergerus zaman atau peluang yang akan mengubah arah bisnis seumur hidup.

Namun, sebagian besar telah menemukan solusi bahwa mereka harus mengubah model bisnis, memanfaatkan teknologi, dan menjadi kreatif untuk mencapai jalur berkelanjutan menuju profitabilitas.

Berikut ini adalah lima cara bisnis kecil dapat secara efektif beralih ke strategi baru yang mempertahankan ketahanan dan pertumbuhan jangka panjang, seperti dikutip melalui Inc, Kamis (3/12/2020).

1. Berinvestasi dalam E-Commerce dan Pemasaran Online.

Banyak pemilik bisnis yang terkena dampak pandemi yang selamat dari masa-masa sulit saat ini adalah pengguna awal teknologi. Mereka mungkin sudah memiliki situs e-niaga yang mapan di mana pelanggan dapat berbelanja secara daring.

Selain itu, mereka memasarkan diri mereka sendiri, dan fitur belanja mereka, melalui media sosial, Google Places, serta pemasaran email dan aplikasi pengiriman.

2. Kembangkan Cara Kreatif untuk Menarik Pelanggan Baru.

Restoran yang tetap menjalankan bisnis selama pandemi menawarkan opsi pemesanan online, take away dan drive thru serta menu dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak toko ritel sudah dilengkapi dengan situs web e-niaga, ditambah akun Shopify dan eBay. Mereka mungkin juga menambahkan perlengkapan seluler untuk penjualan dengan kios kecil, janji belanja pribadi, dan daftar item hadiah yang dikurasi.

3. Mempersiapkan Risiko Gangguan Rantai Pasokan dan Inventaris.

Salah satu masalah yang paling umum dihadapi bisnis dan konsumen selama pandemi adalah kelangkaan produk. Berinvestasi dalam sistem pelacakan inventaris terbaru dapat membantu bisnis memantau ketersediaan produk dan menyiapkan alternatif. Tidak ada yang lebih buruk daripada bisnis yang kehilangan pelanggan karena kehabisan produk.

4. Lindungi Kesehatan dan Keselamatan Karyawan dan Pelanggan.

Bisnis kecil harus menawarkan lingkungan kerja yang aman bagi karyawan dan pelanggan yang kondusif untuk kelangsungan hidup jangka pendek dan pertumbuhan jangka panjang. Ini termasuk menawarkan opsi pembayaran nirsentuh, memperluas etalase toko, menyediakan masker, stasiun sanitasi, memantau lalu lintas pejalan kaki, dan pembatas pelindung di kasir.

Melatih karyawan tentang sanitasi properti serta mempersiapkan kekurangan tenaga kerja juga harus dilakukan jika ada yang sakit.

5. Berkomunikasi Tentang Tindakan Pencegahan Baru yang Anda Terapkan.

Tidak selalu cukup hanya mengikuti pedoman keamanan CDC. Pemilik bisnis perlu memberi tahu karyawan dan pelanggan bagaimana mereka melakukan segala upaya untuk menjaga keamanan mereka.

Ini dapat dilakukan melalui papan nama toko, komunikasi email, konten situs web, dan posting media sosial. Menjaga komunikasi rutin dengan pelanggan membantu Anda tetap terhubung dan selalu diingat sebagai tempat pilihan untuk berbelanja saat keamanan menjadi pertimbangan.

Secara keseluruhan, usaha kecil harus melihat ke depan bagaimana pivot mereka dapat memperluas kapabilitas mereka, meningkatkan arus kas dan profitabilitas.

Pandemi suatu hari nanti akan berlalu, tetapi banyak cara yang dapat kita lakukan agar bisnis tetap ada hingga saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper