Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Keterampilan yang Harus Dipelajari untuk Mengembangkan Bisnis

Di tahun 2011, Anda masih harus menelepon restoran untuk membuat pesan antar. Pada tahun 2021, banyak orang bahkan tidak akan mau pergi ke kantor untuk bekerja karena semuanya dapat dilakukan dari jarak jauh.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Dunia berubah dengan cepat.

Jika kita kembali ke tahun 2001, sebagian besar bisnis kecil bahkan tidak memiliki situs web.

Di tahun 2011, Anda masih harus menelepon restoran untuk membuat pesan antar. Pada tahun 2021, banyak orang bahkan tidak akan mau pergi ke kantor untuk bekerja karena semuanya dapat dilakukan dari jarak jauh.

Karena pandemi, tetapi lebih karena keinginan yang berkembang dari generasi baru pekerja dan kemajuan inovasi teknologi yang hampir konstan, pekerjaan tidak berjalan dengan metode lama.

Dan permintaan tenaga kerja telah berubah seiring dengan itu.

Dahulu, Anda bisa mendapatkan gelar bisnis, mendapatkan pekerjaan di bidang penjualan yang nyaman, dan mendapatkan gaji enam digit selama sisa hidup Anda.

Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat dan cepat beradaptasi saat ini, penting untuk tetap menjadi yang terdepan.

Itu artinya kita harus proaktif mempelajari keterampilan baru untuk menjaga riwayat hidup tetap mutakhir dan memberi kesempatan lebih besar untuk berkembang di organisasi atau lingkungan kerja.

Keterampilan apa saja yang perlu Anda pelajari? Simak tips berikut seperti dilansir melalui Entrepreneur.

1. Analisis

Ini adalah segmen yang luas, tetapi tidak semua orang akan menjadi insinyur perangkat lunak. Teknologi mendorong bisnis saat ini untuk memiliki kinerja lebih tinggi dari sebelumnya. Pikirkan beberapa program yang Anda gunakan dalam pekerjaan sehari-hari: G Suite, Microsoft Office, Salesforce, Slack, Omniture, Google Analytics - daftarnya bisa jadi hampir tidak terbatas.

Mempelajari cara bekerja dengan berbagai teknologi populer sangat berharga bagi siapa pun yang mencoba mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, Anda tidak harus menjadi jurusan ilmu komputer untuk mendapatkan peluang dalam kode rendah, membantu bisnis melibatkan komunitas yang lebih luas.

2. Pemasaran digital

Pemasaran telah ada sejak awal kapitalisme. Tapi hari ini, segalanya berbeda. Orang berusia 20-an menjadi kaya dengan mengambil foto dengan produk dan mempostingnya di internet. Era baru pemasaran membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai platform media sosial, iklan digital, iklan terprogram, dan banyak lagi.

Ini rumit, tetapi dengan kemampuan yang lebih besar untuk terhubung dengan jutaan orang, ada baiknya berinvestasi dalam pendidikan pemasaran.

3. Manajemen proyek

Pandemi telah menghadirkan banyak tantangan bagi bisnis kecil, yang secara signifikan meningkatkan permintaan akan manajemen proyek. Bisnis harus hemat biaya dan efisien.

Mempelajari keterampilan manajemen - baik teknis maupun soft skill - dapat membantu Anda menjalankan proyek dengan lebih efektif dari sebelumnya, menghemat waktu dan uang perusahaan Anda. Dan, ini juga dapat membantu menyelamatkan beberapa pekerjaan.

4. Ilmu Dasar Coding

Terakhir, belajar kode harus menjadi kewajiban bagi semua orang. Anda tidak perlu tahu cara membangun situs web lengkap dari awal, tetapi pengetahuan pengkodean dasar dapat membuat Anda menjadi pekerja yang lebih banyak permintaan. Bahkan copywriter harus mengetahui beberapa HTML untuk ditulis di web.

Mempelajari beberapa pengembangan web dasar, pengembangan aplikasi, atau kode analisis data dapat membantu Anda melangkah lebih jauh dalam karier Anda. Ada alasan mengapa anak sekolah dasar diajari kode hari ini. Terakhir, celupkan jari-jari Anda ke dalam pengkodean dengan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper