Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kolaborasi dan Digitalisasi Faktor Penting di Sektor UMKM

Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Henny Susanto menjelaskan kolaborasi dan digitalisasi merupakan dua tema penting dalam pengembangan UMKM.
Festival SRC
Festival SRC

Bisnis.com, JAKARTA - SRC Indo menekankan pentingnya kolaborasi dan digitalisasi dalam pengembangan UMKM di tanah air.

Hal itu diungkapkan dalam Festival SRC Indonesia 2020 yang digelar secara virtual Sabtu (19/12/2020).

Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Henny Susanto menjelaskan kolaborasi dan digitalisasi merupakan dua tema penting dalam pengembangan UMKM.

Selain itu, diharapkan masyarakat luas dapat lebih mengenal SRC, serta menyadari pentingnya berbelanja di toko kelontong di dekat rumah karena secara langsung dapat mendukung para UMKM dalam menjaga stabilitas ekonomi keluarga mereka, membawa dampak positif bagi lingkungan, dan dalam cakupan yang lebih luas, bagi ekonomi nasional.

"Langkah berkelanjutan kami ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional, di mana UMKM merupakan salah satu sektor penting yang mampu menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.” ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan tahun 2020 memang merupakan tahun yang penuh tantangan, namun dengan mengasah kreativitas tanpa batas, maka UMKM Indonesia khususnya toko kelontong SRC dapat memberikan manfaat lebih besar lagi bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Henny menyampaikan, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ratusan pemilik toko kelontong SRC pada awal tahun 2020 dimana SRC turut memberi kontribusi bagi perputaran perekonomian sebesar Rp69,3 triliun per tahun.

Selain itu SRC juga telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Sebanyak 57% pemilik SRC adalah wanita, di mana 52% di antaranya adalah tulang punggung keluarga dan 97% dari mereka yakin dapat menyejahterakan keluarganya setelah bergabung dengan komunitas SRC.

Saat ini SRC telah menjangkau lebih dari 130 ribu toko kelontong di Indonesia. Selain meningkatkan keterampilan dan daya saing para pedagang kelontong, SRC juga menyiapkan pelaku UMKM untuk senantiasa mengikuti perkembangan zaman melalui literasi digital dengan meluncurkan aplikasi AYO SRC sejak 2018, untuk memudahkan pemilik toko kelontong SRC dalam mengelola toko kelontongnya, serta memberi akses kepada masyarakat untuk menjangkau SRC dengan lebih mudah, sehingga otomatis akan lebih menggerakkan ekonomi.

Festival SRC Indonesia 2020 secara virtual menggambarkan dukungan SRC untuk UMKM di sekitarnya melalui Pojok Lokal, sebuah rak khusus yang didedikasikan bagi pelaku UMKM di sekitar toko kelontong SRC untuk menjual produk hasil usaha mereka. Beragam produk UMKM dapat ditemukan di Pojok Lokal, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan, dan berbagai macam produk khas lokal lainnya.

SRC bersama Yayasan Benih Baik Indonesia, juga mewujudkan dukungan kepada pelaku UMKM lainnya yakni petani gula aren dengan mengajak masyarakat Indonesia secara luas untuk melakukan donasi secara online. Hasil dari donasi tersebut rencananya akan diwujudkan menjadi alat produksi yang layak untuk petani gula aren di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper