Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Sukses Tahun 2021? Ikuti Tips Ini

Langkah ini akan sangat berguna bagi wirausahawan yang perlu mengembangkan bisnis mereka, sambil mencoba keseimbangan dalam kehidupan pribadi mereka.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  12:25 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahun baru hidup baru.

Meskipun ungkapan populer ini tidak sepenuhnya benar, akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk merenungkan apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga kita dapat menetapkan tujuan agar tahun berikutnya lebih baik.

Langkah ini akan sangat berguna bagi wirausahawan yang perlu mengembangkan bisnis mereka, sambil mencoba keseimbangan dalam kehidupan pribadi mereka.

Jika Anda masih belum menetapkan tujuan untuk tahun 2021, di bawah ini adalah 10 hal perlu Anda pertimbangkan dan yang jika dipenuhi akan membuat Anda menjadi pengusaha dan orang yang lebih baik, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Kembangkan bisnis Anda

Jika Anda sudah berani mengambil langkah pertama (memulai bisnis), selanjutnya adalah melakukan segala kemungkinan untuk membuatnya berkembang. Jika Anda masih belum memiliki toko online atau jika Anda tidak mencurahkan upaya yang cukup, inilah saatnya Anda melakukannya. Buat strategi digital yang memungkinkan Anda memposisikan diri dan perusahaan Anda di pasar. Ini termasuk membuat situs web, media sosial, SEO, dan e-commerce.

2. Temukan kolaborator yang baik

Pengusaha sukses tahu bahwa kunci kesuksesannya terletak pada sumber daya manusia, dan bahwa ia harus mengelilingi dirinya dengan orang-orang berbakat yang dapat menyumbangkan sesuatu yang berbeda dan bernilai bagi perusahaannya. Jika Anda masih belum mengintegrasikan karyawan atau mitra ke tim Anda, mungkin pada 2021 Anda perlu melakukannya. Dalam proses pencariannya, pastikan Anda menemukan yang terbaik dan filosofi mereka sejalan dengan filosofi perusahaan Anda.

3. Berinovasi di satu atau lebih area bisnis

Inovasi sangat penting untuk organisasi mana pun. Tinjau proses, produk, atau layanan Anda dan identifikasi area utama untuk peningkatan dan jadikan tujuan Anda untuk menemukan solusi inovatif bagi mereka. Ini adalah satu-satunya cara untuk tetap relevan di pasar. Jangan takut mengambil resiko dan melakukan hal baru.

4. Lakukan pendekatan dengan mentor

Semua wirausahawan perlu memiliki mentor yang membimbing mereka dan memberi mereka alat untuk menjadi lebih baik. Jika Anda belum memiliki orang seperti ini, mulailah pencarian Anda tahun depan; Jika Anda sudah memilikinya, paksakan diri Anda untuk memiliki kontak yang konstan dan berharga dengan mereka. Ingatlah bahwa mentor dapat berubah dari memberi Anda nasihat yang bagus hingga menghubungkan Anda dengan pemain kunci di industri.

5. Jaga kesehatan Anda

Jika perusahaan Anda masih baru, kemungkinan besar selama tahun 2020 Anda telah banyak mengabaikan kesehatan Anda. Anda tidur sedikit, kurang makan, dan tidak berolahraga. Untuk tahun depan, coba perbaiki kebiasaan makan dan tidur Anda, serta olahraga dan praktikkan meditasi setiap hari. Ingatlah bahwa kesehatan Anda memengaruhi kinerja Anda dan mengabaikannya dapat menyebabkan kerusakan fisik dan mental dalam jangka panjang.

6. Manfaatkan peluang jaringan

Jaringan sangat penting bagi seorang wirausahawan, terutama pada tahap awal. Buat agenda acara utama yang ingin Anda hadiri tahun ini, dan cobalah untuk tidak melewatkannya. Pertimbangkan juga untuk membina hubungan dari masa lalu dan berhubungan dengan mantan kolega, teman, dan teman sebaya.

7. Lebih produktif

Ini bukan tentang bekerja lebih banyak, tetapi tentang bekerja lebih baik. Jadikan itu tujuan Anda untuk menyingkirkan gangguan utama (seperti ponsel, email, panggilan atau jejaring sosial) dan lebih fokus pada tugas Anda. Buatlah jadwal kerja yang membantu Anda menjadi lebih efektif dan mengurangi tingkat stres Anda.

8. Kembangkan pertumbuhan profesional dan pribadi Anda

Seorang pengusaha seharusnya tidak pernah berhenti belajar. Pastikan untuk mempelajari keterampilan baru, melanjutkan pendidikan, dan melakukan aktivitas yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda. Misalnya, mempelajari bahasa baru akan membantu Anda meningkatkan koneksi otak dan memfasilitasi pengambilan keputusan. Jadi carilah aktivitas atau subjek yang Anda minati, tetapi juga berfungsi untuk menciptakan kontak dan meningkatkan kepemimpinan Anda.

9. Bersikaplah murah hati

Jadikan tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai bagian dari Anda dan bisnis Anda. Terapkan praktik ramah lingkungan di perusahaan Anda, bergabunglah dengan yayasan sebagai sukarelawan dan, jika mungkin, dukung secara finansial tujuan yang penting bagi Anda. Selain meningkatkan citra perusahaan Anda dan membantu komunitas dan planet Anda, Anda akan memiliki kepuasan yang memungkinkan Anda mencapai kehidupan pribadi yang lebih utuh.

10. Jangan mengabaikan keluarga dan teman Anda

Meskipun jadwal Anda selalu penuh, cobalah untuk mendedikasikan hari atau jam hanya untuk untuk orang yang Anda cintai. Saat Anda minum kopi dengan seorang teman, makan malam dengan pasangan Anda atau bermain dengan anak-anak Anda, putuskan hubungan dari teknologi dan upayakan untuk memberi mereka waktu berkualitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top