Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Alasan Menjadi Pengusaha Setelah Pensiun

Menjadi wirausahawan setelah pensiun mungkin program pensiun terbaik karena secara langsung hal ini membuat Anda tetap memiliki kendali atas hidup dan masa depan Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  12:50 WIB
Dana pensiun yang sudah dikumpulkan bisa digunakan untuk menjadi modal dalam menjalankan bisnis. - Ilustrasi pensiun
Dana pensiun yang sudah dikumpulkan bisa digunakan untuk menjadi modal dalam menjalankan bisnis. - Ilustrasi pensiun

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda seseorang yang tidak betah berdiam diri tanpa mengerjakan sesuatu, masa pensiuan adalah waktu yang tepat utnuk mewujudkan mimpi yang mungkin Anda simpan selama ini.

Mengisi waktu senggang dengan kegiatan rekreasi saja mungkin terasa seperti kebalikan dari kebebasan bagi banyak dari 72 juta baby boomer yang telah bekerja sepanjang hidup mereka.

Menurut Entrepreneur, Senin (25/1/2021) memulai bisnis Anda sendiri mungkin merupakan gaya hidup pensiunan yang ideal.

Setidaknya ada enam alasan bagi pensiunan untuk memulai bisnis setelah resmi keluar dari angkatan kerja.

1. Tetap aktif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa rata-rata pensiunan akan mengalami masalah kesehatan yang signifikan dalam enam tahun setelah pensiun, umumnya termasuk penyakit jantung, stroke, artritis, dan depresi. Tetap termotivasi, aktif, dan terhubung adalah cara terbaik untuk memerangi penurunan kesehatan akibat penuaan.

Selain berolahraga secara rutin setiap hari, cara terbaik untuk tetap aktif adalah dengan memulai bisnis, yang melibatkan banyak kegiatan dan membuat Anda tetap aktif.

2. Tetap waspada secara mental.

Otak juga membutuhkan rutinitas. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup Anda adalah dengan menjaga otak tetap aktif melalui pembelajaran yang berkelanjutan.

Tetap aktif secara mental dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Mempelajari cara menjalankan bisnis dan merencanakan kampanye pemasaran akan membuat otak Anda tetap aktif.

3. Kejar mimpi Anda.

Anda tidak berhenti bermimpi pada usia 50. Temukan hal yang benar-benar Anda sukai. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki tujuan hidup dapat memperpanjang umur seseorang.

Jika Anda menyukai kerajinan kayu atau kerajinan sulaman, pertimbangkan untuk menjual barang buatan tangan Anda secara online atau di pameran lokal. Ketika punya waktu luang, Anda dapat mengubah hobi menjadi bisnis.

4. Tambah sumber pendapatan.

Anda mungkin mengandalkan pendapatan yang berkurang setelah pensiun. Sebuah bisnis kecil dapat memberikan dukungan finansial untuk tetap membayar tagihan, membayar hutang atau sebagai tabungan dana darurat.

Anda dapat meneruskan karir sebelumnya sebagai pilihan. Misalnya, jika Anda seorang akademisi, Anda dapat menggunakan keterampilan itu untuk membimbing orang dalam meniti karir yang sama.

5. Tetap bersosialisasi.

Mempertahankan ikatan sosial yang kuat sangat penting bagi orang dewasa yang menua untuk merasakan tujuan hidup dan menghindari perasaan kesepian atau depresi. Meninggalkan pekerjaan mungkin berarti melepaskan sebagian besar interaksi sosial harian Anda.

Dengan memulai bisnis, Anda dapat mengisi kembali beberapa interaksi itu - dengan pelanggan, pemasok, operator kurir dan profesional lainnya.

6. Ambil peran untuk lingkungan sekitar.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk komunitas di sekitar Anda seperti menjadi relawan di sekolah negeri, rumah sakit, terjun ke dunia politik, menjadi donatur untuk tempat penampungan hewan, dan lain lain.

Untuk menjadi seorang pengusaha, Anda harus terlebih dahulu mengubah pola pikir Anda.

Jika Anda merasa Anda terlalu kaku dan tidak mungkin melakukan sesuatu yang begitu berani pada saat ini dalam hidup Anda, kami di sini untuk memberi tahu Anda bahwa Anda bisa - jika Anda mau.

Menjadi wirausahawan setelah pensiun mungkin merupakan program pensiun terbaik Anda karena secara langsung hal ini membuat Anda tetap memiliki kendali atas hidup dan masa depan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun pengusaha pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top