Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Jualan via Internet? Kuasai 4 Strategi SEO Berikut Ini

Jika situs atau platform Anda tidak dioptimalkan untuk penelusuran internet, pelanggan tidak akan menemukan Anda, apalagi membeli produk Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  16:21 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat ini, hidup dan mati startup ditentukan oleh jumlah klik yang mereka dapatkan.

Jika situs atau platform Anda tidak dioptimalkan untuk penelusuran internet, pelanggan tidak akan menemukan Anda, apalagi membeli produk Anda.

Di samping itu, optimalisasi search engine optimization (SEO), layaknya internet terus berkembang.

Mungkin tidak mudah bagi sebagian pengusaha untuk mengikuti semua aturan baru, menerapkan strategi dan praktik terbaik yang bisa menjadi pekerjaan tersendiri

Jika Anda tidak dalam posisi untuk menyewa ahli SEO, berikut beberapa strategi yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan eksposure platform Anda di internet, seperti dilansir melalui Entrepreneur.

1. SEO lebih dari sekedar kata kunci.

SEO adalah tentang membuat corong layanan pelanggan yang efektif, berbagi konten berkualitas tinggi, dan menonjol di antara pesaing.

Tanpa strategi SEO yang kuat, situs web Anda kemungkinan besar akan berada di bagian bawah hasil pencarian. Tidak peduli seberapa lokal basis pelanggan Anda, atau seberapa tinggi kualitas produk Anda, tidak akan relevan jika platform Anda tersembunyi.

Untuk menerapkan strategi SEO yang baik, mulailah dengan konten situs Anda. Apakah mudah dibaca, dan apakah itu menjawab pertanyaan yang diajukan audiens Anda?

Seberapa cepat situs Anda dapat diakses ? Apakah itu berisi tautan yang relevan dan menawarkan dukungan pelanggan?

Pengunjung menghabiskan sesi yang lebih lama dan peningkatan pada klik dapat mendorong situs Anda ke posisi atas dalam hasil pencarian. Peringkat yang lebih tinggi menghasilkan lebih banyak traffic, yang berarti lebih banyak potensi penjualan - dan siklus terus berlanjut.

2. Selalui bereksperimen dengan SEO.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, jangan ragu untuk bertanya kepada audiens Anda. Di luar metrik yang dapat Anda temukan di SEMrush atau Google Analytics, kirim survei ke pelanggan eksisting. Anda bahkan dapat meminta karyawan menguji user experience pada situs Anda dan membuat catatan.

Dengan algoritme yang diperbarui secara teratur, menjaga situs web Anda tetap up to date akan mencegah peringkat situs Anda tertahan, Ini tidak hanya akan menghasilkan kinerja SEO yang lebih tinggi, tetapi Anda juga akan menikmati lebih banyak penjualan dan eksposur.

3. Berinvestasilah pada konten yang kaya dan bermanfaat

Semakin banyak orang melihat situs Anda, semakin penting untuk menunjukkan konten yang kuat. Tidak hanya citra merek Anda yang dipertaruhkan, tetapi Google memberi peringkat pada situs berdasarkan seberapa baik situs tersebut memuaskan pengalaman penelusuran situs.

Salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna di jalurnya adalah dengan menggunakan video. Halaman dengan video mempertahankan pengunjung rata-rata 2,6 kali lebih lama daripada yang tidak.

Meskipun dengan video yang sangat bagus, terlalu banyak hal yang bagus dapat menjadi bumerang. Jika Anda menambahkan video berlebihan ke satu halaman, Anda dapat membingungkan pelanggan atau bahkan memperlambat situs web Anda.

Ingat, bersikap baiklah kepada pengunjung Anda. Buat apa yang mereka cari mudah ditemukan, dan ciptakan kesan pertama yang baik dengan pengalaman pengguna yang luar biasa. SEO akan menyusul.

4. Sasar titik atau 'sweet spot' situs Anda.

Gunakan alat seperti Keyword Planner Google yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat dan mengidentifikasi peluang SEO yang terlewatkan. Membandingkan kinerja setiap bulan atau kuartal dapat memberi Anda wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan yang tidak.

Sekali lagi, eksperimen itu penting.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top