Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Anda Cocok Menjadi Pengusaha? Cek di SIni

Seperti dilansir melalui Entrepreneur, Anda harus tahu bahwa untuk memulai sebuah bisnis tidak hanya cukup dengan keinginan dan kebutuhan; Anda juga harus memenuhi karakteristik tertentu dalam karakter dan persiapan Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  13:12 WIB
Ilustrasi pengusaha
Ilustrasi pengusaha

Bisnis.com, JAKARTA -- Di dunia ini banyak sekali yang ingin memulai bisnis atau mendirikan perusahaan, kebutuhan untuk menghasilkan wirausaha dan sumber pendapatan mandiri tumbuh secara eksponensial.

Namun, tidak semua orang memiliki ekapasitas ideal untuk menjadi pengusaha sukses.

Seperti dilansir melalui Entrepreneur, Anda harus tahu bahwa untuk memulai sebuah bisnis tidak hanya cukup dengan keinginan dan kebutuhan; Anda juga harus memenuhi karakteristik tertentu dalam karakter dan persiapan Anda.

Apa yang juga harus Anda lengkapi adalah ide bisnis yang baik dan rencana bisnis terbaik, terperinci, dan mendukung ide bisnis.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebutuhan atau keinginan untuk memulai usaha dan bergabung dengan dunia wirausaha, maka perlu dilakukan analisis diri untuk melihat apakah Anda memenuhi persyaratan tersebut.

Di sini kami memberi Anda daftar dengan enam pertanyaan yang akan menjadi kunci. Bacalah, analisis diri Anda, dan jika Anda gagal pada salah satunya, mulailah mencari cara untuk meningkatkan kapasitas diri Anda.

1. Apakah Anda memiliki segalanya untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Pertanyaan ini mengacu pada keterampilan seperti finansila, jejaring, dan pengetahuan untuk memulai perusahaan atau bisnis sendiri. Sama pentingnya dengan ide bisnis, penting juga untuk melakukan studi kelayakan untuk menentukan apakah bisnis tersebut akan berkelanjutan dan menguntungkan dari waktu ke waktu. Anda akan mencapai semua ini dengan menjalankan rencana bisnis.

2. Apakah Anda mampu mempertaruhkan waktu dan uang orang lain?

Sering kali, bukan hanya uang Anda yang dipertaruhkan, tetapi uang orang lain. Mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami bisnis Anda, tetapi mereka mempercayai Anda.

3. Apakah Anda siap menghadapi kesulitan yang menghadang?

Poin ini sangat penting. Karena, orang yang mengalah pada stress atau suasana hati yang pesimis dapat 'menular' ke semua karyawan perusahaan Anda. Sebaliknya, ketika pengusaha tersenyum, seluruh perusahaan ikut tersenyum.

4. Apakah Anda seorang penemu atau pengusaha?

Kedua peran tersebut penting dalam proses yang tidak terpisahkan, tetapi untuk memulai sebuah perusahaan atau bisnis itu adalah karakteristik wirausahawan yang akan membuat perbedaan. Penemu menghabiskan lebih banyak waktu untuk paten dan prototipe produk, dan mungkin mengabaikan apa yang sebenarnya penting untuk mempromosikan produk dan mengembangkan bisnis.

5. Apakah Anda akan menerima bahwa perusahaan dapat bekerja tanpa Anda?

Meskipun pada awalnya benar, perusahaan hampir sepenuhnya bergantung pada wirausahawan, seiring pertumbuhannya, orang-orang baru digabungkan dengan ide-ide baru dan fungsi yang lebih terspesialisasi; oleh karena itu mungkin saja seiring waktu perusahaan semakin kurang membutuhkan Anda. Situasi ini ideal untuk perusahaan yang sukses.

6. Apakah Anda melihat diri Anda sebagai seorang pemimpin?

Pengusaha adalah pemimpin dan motivator hebat yang membutuhkan karakteristik khusus seperti ketekunan, kreativitas, dan toleransi terhadap risiko. Jika Anda ingin memulai perusahaan dan sukses dalam bisnis, Anda harus mulai melihat diri Anda sebagai pengusaha yang hebat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis pebisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top