Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trik Jitu Meningkatkan Penjualan Bisnis Grosir Anda

Selain menghadapi situasi yang ada, para pelaku bisnis ini dituntut untuk terus beradaptasi serta menyesuaikan strategi bisnis mereka sejalan dengan peraturan pemerintah terus berkembang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  11:46 WIB
Ilustrasi pemasaran bisnis ritel
Ilustrasi pemasaran bisnis ritel

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi yang telah melanda dunia selama lebih dari satu tahun belakangan ini telah memberikan dampak terhadap banyak industri, termasuk industri grosir B2B (business-to-business) di tanah air.

Selain menghadapi situasi yang ada, para pelaku bisnis ini dituntut untuk terus beradaptasi serta menyesuaikan strategi bisnis mereka sejalan dengan peraturan pemerintah terus berkembang.

Tren dan ekspektasi pelanggan dalam industri grosir B2B juga terus berubah karena pelanggan mengharapkan kualitas pelayananan yang sama seperti yang disediakan oleh pasar B2C (business-to-customer). 

Patrick Vaz, Country Manager, Zilingo Indonesia menjelaskan, perjalanan konsumen B2B telah berkembang secara signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Tren akan terus berkembang pesat, dan semakin lama perusahaan menunggu untuk mendigitalisasikan usahanya, lebih sering daripada tidak, mereka tidak akan dapat bersaing dengan perusahaan yang telah bertransformasi secara digital.

Patrick juga membagikan empat tips utama bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan bisnis grosir mereka di era digital sebagai berikut:

1. Integrasikan e-commerce ke dalam bisnis Anda

Saat ini, memiliki kehadiran online yang kuat merupakan suatu keharusan bagi semua jenis bisnis - termasuk grosir. Dengan mendaftarkan bisnis grosir Anda ke platform e-commerce juga memungkinkan para pelaku bisnis untuk memperluas pangsa pasarnya.

2. Dapatkan calon pelanggan yang lebih berkualitas

Anda dapat meningkatkan upaya retensi pelanggan sekaligus menarik pelanggan baru bagi bisnis Anda. Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan grosir baru adalah dengan menawarkan promosi dan kampanye khusus.

3. Pertimbangkan program rujukan serta izinkan pengecer Anda melakukan dropship

Cara efektif lainnya untuk meningkatkan penjualan grosir adalah memberikan insentif bagi para pelanggan Anda yang secara aktif menawarkan produk Anda ke pelanggan baru. Selain program referral (rujukan), para pelaku bisnis juga bisa mengizinkan pengecer online lainnya untuk membantu menjual produk Anda.

4. Berikan layanan pelanggan yang terbaik

Pelaku bisnis harus memahami kebutuhan, tuntutan, dan prioritas unik mereka untuk melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Dorong tim Anda untuk berkomunikasi dengan baik dan profesional dengan pelanggan Anda sambil memotivasi tim untuk membuat keputusan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis bisnis ritel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top