Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Cara Pelaku Usaha untuk Menang Melawan Pandemi

Selam pandemi, maka pelaku usaha bisa dengan mudah mendapatkan berbagai akses dan jaringan, dengan berkolaborasi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 28 Februari 2021  |  17:16 WIB
Selama pandemi, kolaborasi bisnis menjadi penting - Youtube
Selama pandemi, kolaborasi bisnis menjadi penting - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada masa ini, para pelaku usaha tidak lagi bisa saling berkompetisi tetapi harus saling berkolaborasi untuk dapat bertahan dan menang melawan terpaan pandemi. Sebab kompetisi hanya akan mematikan usaha tersebut kecuali mereka yang memiliki modal besar.

“Kalau mau sukses ke depannya maka sudah harus masuk ke ranah kolaborasi. Terlebih di masa pandemi ini, pelaku usaha harus saling support satu dan lainnya,” ujar Juanda Rovelim, Founder iCommunity & Kavlink Solusi Digital dalam Indonesia Retail dan FNB outlook 2021, Sabtu (28/2/2021).

Untuk bisa dapat saling mendukung dan berkolaborasi, pelaku usaha dapat bergabung di dalam komunitas, tidak lagi bisa bergerak sendiri-sendiri. Sebab ke depannya, sambung Juanda, bukan lagi pebisnis besar mengalahkan yang kecil tetapi pebisnis yang cepat dan bergerak di dalam komunitaslah yang akan mengalahkan pebisnis lambat yang berjalan sendiri.

Juanda juga mengatakan bahwa dengan bergabung di dalam sebuah komunitas, pelaku usaha bisa dengan mudah mendapatkan berbagai akses dan jaringan. Di sana pun mereka bisa menemukan rekan sesama pelaku usaha yang bisa diajak untuk berkolaborasi.

“Di dalam komunitas itu kita bisa mendapatkan akses learning atau pembelajaran, kedua adanya connecting yang membuat kita bisa saling terhubung dengan sesama pelaku usaha, dan ketiga adanya akses opportunity karena di dalam komunitas pasti akan tercipta kesempatan yang bisa menjadi benefit bagi para membernya,” tutur Juanda.

Selain itu, dia juga menyarankan para pebisnis untuk segera melakukan proses digitalisasi terhadap usaha yang dijalankannya, tidak lagi bisa bergerak secara konvensional. Sebab, saat ini gaya hidup masyarakat sudah mulai berubah dan bergerak ke arah digital.

“Pebisnis yang tidak mau mengikuti zaman dan tidak mau mendigitalisasi bisnisnya, maka dia akan mati,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis Virus Corona pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top