Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Menguji dan Memilih Nama Terbaik untuk Bisnis Anda

Dalam bukunya "The Naming Book", founder Bullhorn Creative, Brad Flowers, menggarisbawahi bahwa Anda harus yakin dan percaya diri ketika melakukan beta testing pada nama bisnis yang dipilih.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 April 2021  |  14:34 WIB
Membangun brand perusahaan.
Membangun brand perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Memilih nama terbaik untuk bisnis mungkin jadi hal yang paling sulit bahkan dapat menghabiskan waktu lebih lama daripada saat menggali ide bisnis berikutnya.

Dalam bukunya "The Naming Book", founder Bullhorn Creative, Brad Flowers, menggarisbawahi bahwa Anda harus yakin dan percaya diri ketika melakukan beta testing pada nama bisnis yang dipilih.

Anda kemungkinan besar belum pernah memberi nama untuk sebuah bisnis sebelmunya dan menginginkan jaminan bahwa pilihan ini adalah yang terbaik.

Dilansir melalui Entrepreneur, Flowers menjabarkan beberapa cara untuk mendapatkan umpan balik sebelum Anda benar-benar yakin untuk menggunakan nama tersebut.

1. Buat Papan Ide

Dengan menggunakan perangkat lunak presentasi, temukan foto yang relevan dengan industri Anda. Orang-orang harus bisa membayangkan nama sebagai sesuatu yang mewakili sebuah perusahaan, bukan sekedar kata di atas kertas.

Flowers menggunakan gambar yang sama di setiap slide untuk memastikan target audiens merespons kata dan bukan gambarnya. Kemudian buat dua slide untuk setiap nama menggunakan dua font berbeda. Untuk slide pertama, gunakan Helvetica. Untuk yang kedua, gunakan Times New Roman.

2. Kumpulkan Kelompok Fokus

Kumpulkan kelompok fokus kecil. Kelompok terbaik akan memiliki banyak anggota dan idealnya Anda dapat mengajak serta calon pelanggan, tetapi itu mungkin sulit secara logistik. Hal utama adalah memastikan Anda memiliki banyak orang, dari mereka yang tahu tentang bisnis ANda.

Beri kelompok fokus Anda 30 detik untuk setiap slide, atau total 60 detik untuk setiap nama. Minta mereka menilai setiap nama dari 1 sampai 10. Juga minta mereka untuk menuliskan beberapa kesan awal.

Hitung hasilnya. Informasi ini bukan penentu keputusan untuk Anda, tetapi ini akan memberi tahu Anda bagaimana beberapa orang mungkin merespon kandidat nama bisnis.

Setelah mengeliminasi beberapa nama dengan kriteria di atas dan menguji nama yang tersisa dengan grup fokus, Anda sekarang memiliki kurang dari lima nama di daftar calon nama bisnis.

Untuk lebih mempersempit daftar tersebut dan menentukan nama mana yang merupakan pilihan terbaik untuk Anda ada beberapa cara konkret yang dapat dilakukan.

Penting untuk memastikan tidak ada bisnis lain yang memiliki nama persis seperti bisnis Anda; namun, Anda mungkin akan menemukan nama yang mirip atau menggunakan beberapa bagian dari nama yang Anda usulkan.

Misalnya, Anda mungkin menemukan Acme Business Solutions, Anda tetap dapat mendaftarkan Acme Pools sebagai nama bisnis.

Selanjutnya, lakukan beberapa pencarian Google untuk memeriksa pesaing langsung dengan nama yang sama atau mirip.

Anda dapat melakukan pencarian serupa di platform media sosial. Terkadang perusahaan internasional yang mungkin Anda lewatkan di tempat lain akan muncul di sana. Sekali lagi, ini bukanlah pendekatan pasti untuk memilih satu nama.

Langkah-langkah sederhana ini akan menghilangkan masalah mencolok, seperti perusahaan lain dengan nama yang sama atau mirip di industri yang sama atau terkait.

Langkah selanjutnya adalah menguji nama bisnis pilihan Anda melalui penelusuran merek dagang. Anda perlu tahu apakah ada seseorang di luar sana yang sudah memiliki dan akan mempertahankan nama yang ingin Anda gunakan.

Pada akhirnya, memilih nama bisnis adalah keputusan yang sulit.

Dengan semua kriteria, perhatian, dan teknik yang ada di dunia, Anda masih belum bisa memprediksi apakah pelanggan Anda akan menyukainya atau mengabaikannya.

Anda bisa mengedepankan pilihan yang terbaik. Dan proses ini berorientasi pada tujuan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis branding
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top