Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Tips Jadi Jutawan dengan Cara Lambat tapi Aman

Cardone memberi tahu Anda mengapa menabung saja tidak cukup untuk menjadi jutawan.
Ilustrasi jutawan
Ilustrasi jutawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jutawan Grant Cardone memulai hidup tanpa uang sepeser pun tetapi dia diberkati dengan fokus, disiplin, dan komitmen yang cukup untuk memiliki kehidupan yang sangat baik hari ini.

Dilansir melalui Entrepreneur, Cardone memberi tahu Anda mengapa menabung saja tidak cukup untuk menjadi jutawan.

Berikut adalah 12 tips yang meskipun tidak instan tapi aman jika Anda bercita-cita untuk menjadi jutawan.

1. Jadi jutawan tidak pernah mudah

Saat ini ada banyak alat untuk menjadi jutawan, jadi jangan mempersulit diri sendiri. Ada banyak uang di dunia dan ribuan cara untuk mengaksesnya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa modal ada di luar sana dan tidak sulit ditemukan.

2. Menabung saja tidak cukup

Ide lama untuk menabung setiap sen tidaklah cukup di dunia sekarang ini. Secara sederhana dan sederhana, Anda tidak dapat mengumpulkan satu juta peso dengan cara ini tanpa terlebih dahulu menjadi tua, ketika uang itu tidak lagi memiliki banyak nilai bagi Anda.

3. Hidup di bawah anggaran

Jangan menghabiskan lebih dari uang yang Anda hasilkan. Ini bukan tentang merampas dasar-dasar kehidupan, tetapi tentang menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Cardone mengungkapkan bahwa dia tidak pernah mencapai kesepakatan hanya karena setelan yang dia pakai, jam tangan yang dia miliki, atau mobil yang dia kendarai. Hiduplah di bawah kemampuan Anda sampai Anda tidak perlu lagi.

4. Pelajari cara mengajukan pajak

Berhentilah mengeluh tentang pajak dan pelajari manfaatnya bagi Anda. Ingatlah bahwa ada cara yang sah untuk mengurangi apa yang Anda bayarkan kepada pemerintah.

5. Jadi investor

Cara paling langsung untuk menjadi kaya adalah melalui investasi, tapi ini tidak dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki modal. Satu-satunya alasan menabung adalah untuk berinvestasi. Perlu diingat, suntikkan modal Anda hanya ke dalam proyek yang benar-benar Anda yakini.

6. Mulailah bersikap seperti bos

Berhentilah bertingkah seperti penonton yang buruk dan mulailah menjadi bos. Saat tagihan restoran datang, bayarlah. Ketika Anda harus menginvestasikan uang untuk mendapatkan informasi, membeli daftar, mengembangkan merek Anda atau belajar menjual, Anda harus menandatangani cek dengan percaya diri.

7. Otomatisasi tabungan

Buka rekening bank yang menarik sebagian dari gaji Anda setiap dua pekan. Dengan cara ini, Anda harus menyesuaikan dengan modal yang lebih rendah dan berhenti membelanjakan untuk apa yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Dan Anda akan selalu memiliki simpanan uang.

8. Bergerak cepat

Jadilah kelinci, kura-kura, dan jutawan. Satu-satunya hal yang tersisa bagi orang yang bergerak lambat adalah remah-remah yang ditinggalkan oleh mereka yang begerak lebih cepat.

9. Lakukan "matematika jutaan dolar"

Lakukan perhitungan yang diperlukan untuk mengetahui berapa lama Anda akan mengumpulkan satu juta rupiah pertama. Jika Anda berpenghasilan Rp50 juta setahun, Anda harus mempertimbangkan bahwa jika Anda menabung 40% dari gaji Anda, Anda perlu 50 tahun menabung Rp20 juta per tahun. Jika Anda tidak melakukan perhitungan seperti ini, Anda tidak akan bisa menjadi jutawan karena Anda tidak akan memiliki pemikiran yang benar. Matematika adalah bahasa universal.

10. Diversifikasi, tetapi fokus

Seperti kata pepatah, "Anda tidak harus meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang." Selalu disarankan untuk memiliki portofolio investasi yang terdiri dari berbagai opsi. Namun, penting juga untuk memilih opsi yang benar-benar Anda yakini dan bertaruh lebih banyak padanya.

11. Carilah berbagai sumber pendapatan

Ini adalah cara terbaik untuk mencapai kemandirian finansial. Carilah peluang untuk memperoleh aset yang membutuhkan sedikit usaha - seperti investasi tetap - untuk memperkuat portofolio Anda.

12. Jangan jatuh pada jebakan

Abaikan semua tawaran yang menjanjikan akan membuat Anda kaya dalam waktu kurang dari setahun. Menjadi seorang jutawan membutuhkan waktu, dedikasi, disiplin, dan usaha. Tidak ada jalan pintas.

Anda berhak mendapatkan kebebasan finansial, tetapi untuk mencapai ini Anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan realistis yang membantu Anda merencanakan untuk mencapainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper