Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kebiasaan yang Bikin Pengusaha Miliarder Sukses

Lima kebiasaan ini yang dilakukan para pengusaha sukses hingga bisa menjadi miliarder
5 Kebiasaan yang Bikin Pengusaha Miliarder Sukses
5 Kebiasaan yang Bikin Pengusaha Miliarder Sukses

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi seorang jutawan atau bahkan miliarder adalah impian banyak orang. Namun hanya sedikit yang berhasil mencapainya.  

Salah satu kelompok orang yang memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi miliarder adalah pengusaha. Pengusaha dikenal memiliki kans tersebut karena kemampuannya mengambil risiko, menciptakan kekayaan, dan mengumpulkan kekayaan.

Bagi yang ingin membangun kekayaan dari nol, memiliki bisnis mungkin adalah jawabannya. Meskipun ini bukan jalan yang mudah, berbisnis menawarkan potensi pertumbuhan dan keuntungan finansial tanpa batas.  

Dengan memulai bisnis, Anda dapat memiliki kendali lebih besar atas masa depan keuangan Anda dan mengejar kesuksesan dari hal yang Anda minati.

Peluang untuk menciptakan sesuatu yang bermakna dan bertahan lama juga merupakan faktor utama bagi banyak calon pemilik bisnis. 

Tak dapat dipungkiri, berbisnis pasti ada risikonya, dan jalan menuju kesuksesan seringkali penuh dengan rintangan.  Namun, mereka yang bersedia melakukan kerja keras dan dedikasi yang dibutuhkan dalam kepemilikan bisnis mungkin akan menyadari bahwa berbisnis adalah jalan yang paling bermanfaat untuk membangun kekayaan jangka panjang.

Lalu, kebiasaan apa yang dimiliki pengusaha miliarder yang memungkinkan mereka mengumpulkan banyak kekayaan?

Melansir Forbes, berikut lima kebiasaan utama yang dipraktikkan para pengusaha yang sukses jadi miliarder:

1. Rajin memantau dan mengelola keuangan

Para pengusaha miliarder umumnya memantau keuangan mereka dengan cermat. Mereka tahu dari mana uang mereka berasal dan ke mana perginya. Mereka menyimpan catatan keuangan yang terpelihara dengan baik yang membantu mereka menjaga gambaran keuangan mereka dengan jelas.  

Dengan melacak keuangan mereka, para pengusaha dapat mengidentifikasi area-area di mana mereka mengeluarkan uang berlebihan dan mengambil tindakan sebelum hal tersebut menjadi masalah.

2. Hidup di bawah kemampuan mereka

Pengusaha miliarder umumnya hidup di bawah kemampuan mereka. Mereka tidak menghabiskan uangnya untuk pengeluaran yang tidak perlu. Mereka berinvestasi dalam bisnis, pengembangan pribadi, dan tabungan mereka.  

Mereka menghindari membeli mobil mahal, rumah, dan kemewahan mahal lainnya kecuali mereka benar-benar mampu membelinya. Mereka tidak perlu memamerkan kekayaannya kepada orang lain, namun mereka lebih tertarik untuk menciptakan stabilitas keuangan jangka panjang.

3. Memiliki berbagai aliran pendapatan

Tahukah bahwa rata-rata miliarder memiliki setidaknya tujuh sumber pendapatan? Kunci untuk membangun kekayaan terletak pada diversifikasi sumber pendapatan. Artinya, dibandingkan hanya mengandalkan satu gaji atau sumber pendapatan saja, orang kaya justru mahir dalam menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber berbeda.  

Sumber pendapatan tambahan bisa dihasilkan baik melalui investasi, usaha sampingan, atau berbagai bisnis, para miliarder memprioritaskan membangun portofolio aliran pendapatan untuk memastikan kesuksesan finansial mereka dalam jangka panjang.

4. Berinvestasi pada diri mereka sendiri

Pengusaha-pengusaha paling sukses di dunia memiliki satu kesamaan: mereka memprioritaskan pengembangan pribadi dan profesional di atas segalanya. 

Mereka memahami bahwa pertumbuhan adalah proses seumur hidup, dan penting untuk menginvestasikan waktu, uang, dan energi dalam pendidikan, pelatihan, dan pembinaan untuk menjadi wirausahawan yang lebih baik dan, yang lebih penting, menjadi manusia yang lebih baik.  

Mereka tahu bahwa kunci sukses bukan hanya memiliki strategi yang tepat namun memiliki pola pikir yang benar.  Dengan menumbuhkan pola pikir berkembang dan berinvestasi dalam pengembangan pribadi mereka, wirausahawan sukses dapat membawa bisnis mereka ke tingkat kesuksesan yang lebih tinggi.

5. Ambil risiko yang diperhitungkan

Pengusaha miliarder terbuka untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan. Mereka memahami bahwa setiap risiko mempunyai potensi imbalan, dan mereka mempertimbangkan risiko dibandingkan potensi imbalannya.  

Mereka memitigasi risiko dengan melakukan penelitian menyeluruh, berkonsultasi dengan para ahli, dan mengikuti tren di industri mereka. Hal ini memungkinkan mereka membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan peluang keberhasilan mereka.

Intinya adalah, menjadi pengusaha yang bisa mencapai penghasilan miliaran bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan mempraktikkan lima kebiasaan ini, pengusaha dapat meningkatkan peluang kesuksesan mereka.  

Jika Anda cukup ambisius untuk membangun kisah sukses dalam berbisnis, mulailah dengan memupuk kebiasaan-kebiasaan ini hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper