Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas! Ini 4 Kesalahan Fatal dalam Merawat Tanaman Hias

Setiap tanaman hias memiliki jenis yang berbeda, maka berbeda pula perawatannya. Merawatnya tanaman dengan cara yang sama pada semua jenis, itu adalah hal kesalahan yang sering terjadi.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  14:16 WIB
Tanaman bunga hias terlihat indah di Lezatta Green House yang membuat setiap pengunjung datang tiada hentinya untuk berswafoto untuk disebarluaskan di media sosial. - Bisnis/Noli Hendra
Tanaman bunga hias terlihat indah di Lezatta Green House yang membuat setiap pengunjung datang tiada hentinya untuk berswafoto untuk disebarluaskan di media sosial. - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, JAKARTA—Tanaman hias kini banyak di gemari banyak orang untuk relaksasi menjalani hidup di tengah pandemi. Agar tanaman hias tumbuh indah dan cantik, haruslah dilakukan perawatan yang tepat.

Pengusaha tanaman hias Asoka Remadja mengatakan, meskipun sudah rajin dalam merawat tanaman, namun jika cara tidak tepat justru akan membuat tanaman tidak bertahan lama.

“Setiap tanaman memiliki jenis yang berbeda, maka berbeda pula perawatannya. Merawatnya tanaman dengan cara yang sama pada semua jenis, itu adalah hal kesalahan yang sering terjadi, “ ujarnya secara virtual pada acara Bisnis Muda Day: Hobimu Ladang Cuanmu, Senin (31/5/2021).

Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat tanaman :

1. Air

Air adalam sumber terpenting dalam menutrisi tanaman. Namun, bila terlalu banyak jusutru tidak baik.
Air yang terlalu banyak akan membuat akan tanaman cepat busuk. Maka dari itu, jangan terlalu banyak dalam memberikannya.

Manfaat setiap jenis air juga berbeda, air hujan dan air sumur adalah air paling baik untuk mengairi tanaman. Air yang sudah di filter justru tidak memilki kandungan yang begitu baik untuk diserap tanaman.

2. Pupuk

Pupuk memiliki jenis yang bervarisi. Setiap jenis pupuk memiliki maafaat dan tujuan yang berbeda bagi setiap jenis tanaman. Oleh karenanya, cari tahu terlebih dahulu pupuk jenis apa yang tepat. Dan perlu diingat, jangan terlalu sering diberikan pupul. Cukup berikan satu kali dalam seminggu.

3. Media tanaman

Saat menempatkan tanaman hias pada pot pilihlah media yang mengikuti seperti media dimana tanaman itu berasal. Misalnya tanaman tersebut berasal dari hutan yang membutuhkan tanah yang lembab, maka pilihlah media atau tanah yang menyerupai asal tanaman tersebut.

4. Cahaya Matahari

Cahaya matahari penting sekali untuk berfotosintesis. Namun, bagi beberapa tanaman tidak terlalu tahan cahaya matahari. Maka, jangan terlalu lama dalam membiarkan tanaman di bawah matahari langsung. Baiknya, berikan cahaya matahari pada tanaman pada jam 07.00-09.00 pagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanaman hias florikultura
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top