Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara dan Keuntungan Memulai Bisnis Dropshipper Bagi Pemula

Salah satu bentuk usaha online yang tengah naik daun dan bertumbuh pesat pada masa pandemi ini adalah dropship. Bisnis dropship merupakan bisnis yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa modal besar, bahkan bisa tanpa modal sama sekali.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  14:59 WIB
Ilustrasi dropshipper
Ilustrasi dropshipper

Bisnis.com, JAKARTA - Selalu ada berkah di setiap situasi sulit. Pun di masa pandemi COVID-19 yang berkepanjangan saat ini.

Di tengah krisis berkepanjangan terbukti justru mampu menjadi berkah bagi pedagang online. Hal tersebut terlihat dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat sepanjang tahun 2020 terdapat 90,18 persen penduduk Indonesia bertransaksi online melalui e-commerce.

Perinciannya, 25,72 persen diantaranya bertransaksi melalui marketplace. Sedangkan 65,14 persen lainnya melalui media sosial.

Salah satu bentuk usaha online yang tengah naik daun dan bertumbuh pesat pada masa pandemi ini adalah dropship. Bisnis dropship merupakan bisnis yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa modal besar, bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Pengusaha dropship atau yang biasa disebut dropshipper cukup mencari pembeli dengan produk-produk dari penjual lain.

Jika transaksi berhasil, dropshipper menerima persentase komisi penjualan. Praktiknya pun sederhana, dropshipper hanya perlu mengirimkan data pembeli kepada supplier untuk kemudian memproses pembelian barang yang akan dikirimkan atas nama toko dropshipper sebagai pihak kedua.

Kemudahan melakukan usaha dengan sistem dropship ini diakui oleh Permatasuri, salah satu pengusaha tas asal Depok, Jawa Barat. Kini, toko onlinenya yang bernama “etnikcantikunik” telah menjadi supplier untuk beragam produk dan memiliki banyak mitra dropshipper di berbagai kota di Indonesia. Sejak tahun 2005, ia fokus pada bisnis ke para dropshipper.

Bahkan, ia kini telah memiliki komunitas dropship sendiri, dimana ia mengelola kinerja setiap mitranya, agar mampu berkembang. “Banyak orang mulai menjadi dropshipper karena penasaran dengan cara kerjanya, atau ingin tahu dulu peluangnya seperti apa. Saya ingin mereka ini ada yang mengarahkan, agar mereka bisa naik kelas dengan cepat,” katanya.

Menurut Permatasuri, keuntungan lain yang ditawarkan oleh praktik bisnis dropship ini adalah supplier bisa menjadi mentor bisnis pertama para dropshipper. “Di “etnikcantikunik”, para dropshipper tidak hanya kami berikan foto produk saja, tetapi juga pengetahuan bagaimana seharusnya mereka memasarkan barang dan mengelola bisnis mereka. Selain itu, ada reward tersendiri bagi para dropshipper yang performanya bagus. Ini bisa melatih jiwa entrepreneur dan memberikan motivasi lebih bagi mereka,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Urie ini menyebut keunggulan lain dropshipper, ialah mempunyai banyak keuntungan dari sisi opsi pilihan barang dagangan. “Satu orang bisa jadi dropshipper untuk banyak produk, tergantung sekuat apa kemampuan mengelolanya. Makin banyak, tentu makin kompleks. Tapi untuk sebagian orang, banyak pilihan jadi membuka banyak peluang rezeki,” tuturnya.

CEO Qasir, Michael Williem amat mendukung para usahawan terutama usahawan muda untuk memiliki jiwa kreativitas dalam hal berbisnis. Menurut Michael, jenis usaha dropship ini terbukti sangat potensial, namun, tetap ada faktor-faktor yang harus diperhatikan, agar usaha Anda berkualitas dan dipercaya oleh supplier dan buyer.

Michael mengatakan bahwa kompetisi di dalam bisnis dropshipterbilang tinggi dengan unique selling proposition relatif rendah, tetapi dia tetap percaya bahwa dropship adalah bisnis yang menjanjikan bagi pemula.

“Jika ingin survive, naikkan unique selling proposition dengan tips di atas. Ketika merasa modal sudah cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk jadi reseller, atau bahkan distributor, dengan pengalaman menjadi dropshipper tadi. Untuk modal usaha pun, kini opsinya sudah banyak, misalnya lewat P2P lending,” tuturnya.

Qasir baru-baru ini telah bekerja sama dengan beberapa platform peer to peer (P2P) lending yang bisa membantu para merchant untuk mendapat modal usaha. “Saat ini sudah bergabung Koinworks, menyusul platform besar dan terpercaya lainnya. Metodenya, Qasir akan susun skema data modeling atas transaksi merchant yang tercatat selama kurun waktu tertentu kepada platform financing, untuk jadi pertimbangan mereka memberi plafon pinjaman kepada merchant kami,” tambah Mike.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Online tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top