Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Langkah Sukses Bangun Kafe Minimalis Kekinian

Mau berbisnis kafe pemula? Ini sejumlah tips yang bisa Anda jadikan acuan agar menghasilkan cuan.
Kafe. /Rotaryana
Kafe. /Rotaryana

Bisnis.com, JAKARTA — Kini kafe atau toko kopi kekinian telah menjamur di Indonesia.

Bahkan, kedai kopi minimalis seolah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan untuk dicoba.

Dengan konsep kedai kopi kecil namun menarik, kini tempat tersebut seolah mampu membius kaula muda.

Tentunya jika kedai kopi tersebut sukses bisa menjadi pengalaman yang berharga.

Karena ada banyak konsep kafe yang seperti ini, tentunya harus punya strategi yang mantap agar usaha yang dirintis bisa bersaing sehat dan sukses.

Dilansir dari sevenmiles.com, Rabu (14/7/2021) berikut 10 langkah sukses membuka kafe minimalis yang kekinian:

1. Riset Bisnis Kopi

Membuka kafe membutuhkan investasi besar dalam waktu dan uang. Sangat penting dari sekarang untuk memahami apa yang diperlukan untuk menjalankan kafe yang sukses.

Dekatilah pemilik bisnis kopi dan belajar dari pengalaman mereka. Lalu cari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dan inilah bagian yang menyenangkan, mengunjungi banyak kafe untuk mendapatkan wawasan tentang bisnis yang Anda inginkan. Pertimbangkan apa yang akan Anda ambil dari bisnis lain dan apa yang akan membuat berbeda.

Pelajari tentang basis pelanggan. Siapa mereka? Apa kebutuhan mereka? Jam berapa hari akan tersibuk? Mengenal pelanggan dengan baik akan membantu perencanaan, pembuatan menu, poin harga dan segalanya dengan benar.

2. Tentukan Visi

Tuliskan apa yang ingin Anda capai dengan kafe dan suasana seperti apa yang ingin diciptakan. Mulailah mengumpulkan foto, menu, dan ide desain untuk memberikan inspirasi tentang tampilan kafe, jenis makanan apa yang akan disajikan, dan bagaimana Anda akan membuat pelanggan merasa nyaman saat mereka masuk.

Memiliki visi yang jelas akan membantu konsisten dalam memilih nama, memutuskan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir, dan menentukan cara akan berinteraksi dengan pelanggan.

3. Buat Rencana Bisnis Rinci

Proses penulisan rencana bisnis membantu Anda benar-benar memahami pasar lokal dan melihat dari dekat angka-angka yang dibutuhkan untuk membuat bisnis sukses.

Rencana bisnis akan memandu Anda melalui setiap tahap pengembangan dan pengelolaan kedai kopi. Itu juga akan berfungsi sebagai peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis.

4. Pilih Lokasi

Sebelum membuat keputusan, luangkan waktu untuk menentukan area yang Anda pertimbangkan. Perhatikan baik-baik berapa banyak orang yang berjalan kaki, dan berapa banyak tempat parkir yang tersedia. Apakah lokasinya cukup terlihat?

Apakah ada cukup lalu lintas pejalan kaki di sekitar untuk menopang kafe ? Hal-hal seperti apa yang disukai masyarakat setempat? Apakah Anda dekat dengan banyak kafe lain atau di gang kecil Anda sendiri? Ingat Anda akan menghabiskan banyak waktu di sini, jadi harus memastikan bahwa benar-benar memahami apa yang membuat penduduk setempat tertarik.

Penting juga untuk memahami detail sewa ritel, dengan begitu akan memengaruhi profitabilitas dan nilai jual kembali bisnis di masa mendatang.

5. Temukan Pemasok Terbaik

Menemukan pemasok yang baik dan andal adalah komponen kunci dari kesuksesan bisnis apa pun. Tergantung pada jenis kafe yang Anda buka, pemasok utama biasanya kopi, susu, roti, produk segar, dan bahan makanan.

Mulailah dengan membuat daftar semua persediaan yang Anda butuhkan, sedetail mungkin.

Dari sana, Anda dapat mulai meneliti pemasok sampai menemukan pemasok yang di sukai dan yang sesuai dengan filosofi bisnis Anda.

6. Sumber Peralatan

Anda memiliki beberapa pilihan, beli peralatan langsung menggunakan keuangan sendiri atau sewa peralatan melalui penyedia jasa.

Dalam bisnis kopi, banyak juga kafe yang meminjam pemanggang kopi mereka.

Namun, jika dengan uang sediri Anda bisa berinvestasi dalam barang tersebut. Misalnya blender, lemari es, mesin pencuci piring, mesin kasir dan sebagainya.

7. Desain Kafe

Desain kafe Anda sangat penting untuk menarik pelanggan dan menarik mereka untuk kembali. Konsepnya akan sangat bergantung pada audiens target Anda. Pahami selera basis pelanggan dengan rancangan kafe. Sekali lagi, jangan mencoba menyenangkan semua orang, memilih satu tema dan berpegang teguh pada itu akan membuat identitas yang lebih kuat.

Pertimbangkan desain etalase, papan nama, furnitur, dan pencahayaan. Mengevaluasi efisiensi tata letak dari perspektif karyawan dan pelanggan.

8. Buat Menu Kafe

Menu harus mengekspresikan visi dan tema kafe. Semuanya perlu dipertimbangkan, mulai dari pilihan makanan, desain, warna dan font, hingga deskripsi, gambar, dan harga yang menarik.

Pikirkan tentang hidangan khas dan bagaimana hal itu dapat membentuk gaya menu kafe Anda.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik kafe adalah mencoba menyenangkan semua orang.

Menu juga harus menguntungkan. Hitung biaya bahan dan margin setiap item. Sebagai aturan praktis untuk memulai, biaya bahan tidak boleh lebih dari 35 persen dari harga eceran.

9. Pekerjakan Orang yang Tepat

Kebanyakan orang mulai dengan mencari staf yang berpengalaman. Tapi ada satu hal yang mengalahkan pengalaman, yaitu sikap. Keterampilan dapat dipelajari, sikap yang baik tidak begitu banyak yang memiliki.

Anda akan memerlukan beberapa pengalaman, terutama pada tahap awal. Namun, mengembangkan budaya tim yang hebat hanya terjadi jika mempekerjakan orang yang tepat.

Jadi pastikan untuk menemukan orang yang paling cocok untuk bisnis Anda.

10. Promosikan Kafe

Menjelang pembukaan kafe adalah kesempatan untuk mulai membangun jaringan. Media sosial akan menjadi berita dari mulut ke mulut, jadi gunakan itu untuk membangun reputasi Anda. Bukan rahasia lagi bahwa kafe kekinian menyukai Instagram. Ini telah menjadi platform untuk menyebarkan berita, tetapi tidak berhenti di situ. Pastikan Anda cantuman kafe di Google Maps agar muncul di penelusuran lokal.


Dan pertimbangkan untuk gunakan situs ulasan lain seperti Tripadvisor agar dapat merespons umpan balik dengan cepat. Pastikan untuk membuat promosi online pribadi, interaktif, dan menarik.

Gunakan gambar dan video untuk mendorong promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper