Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 20 Orang Terkaya di Dunia Bidang Teknologi, Kekayaannya Bikin Melongo

Facebook menjadi platform utama yang digunakan untuk berkomunikasi selama pandemi. Namun dalam sepanjang jalan, Facebook mendapat kritik yang signifikan seperti pelanggaran antimonopoli, menyebarkan disinformasi dan ekstremisme dan memungkinkan perencanaan kerusuhan Capitol Hill pada 6 Januari.
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos/Bloomberg
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -Tahun ini, bidang teknologi mengalami kenaikan dan keuntungan bersihnya melebihi sektor lainnya.

Dalam tahun ini Forbes menemukan 365 miliarder dengan kekayaan di bidang teknologi yang meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 241. Industri di dalam bidang teknologi juga menjadi industri dengan jumlah miliarder terbanyak kedua setelah keuangan dan investasi yang sebanyak 371.

Kekayaan bersih kolektif dalam bidang teknologi juga melebihi sektor lain dengan senilai US$2,5 triliun atau sekitar Rp36 kuadriliun. Selain itu 8 dari 20 konglomerat di bidang teknologi menjadi orang terkaya di dunia.

Amerika serikat masih menjadi dominasi dari sebagian besar miliarder terkaya di bidang teknologi, dan sektor internet China mendorong generasi baru untuk ke puncak dikarenakan perkembangannya yang pesat.

Dilansir dari Fobes, berikut 20 orang terkaya di bidang teknologi yang diawali dari Jeff Bezos hingga Pierre Omidyar, dengan hasil pendapatannya dan sumber kekayaannya.

1. Jeff Bezos

Asal : Amerika Serikat
Kekayaan bersih : US$177 miliar
Sumber kekayaan: Amazon
Bezos pada bulan Februari mengumumkan bahwa dirinya akan mundur dari posisinya di kuartal ketiga tahun 2021 untuk fokus pada proyek lain. Pada tahun 2020, Bezos juga memberikan US$791 juta kepada 16 organisasi nirlaba perubahan iklim.

2. Bill Gates

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: US$124 miliar
Sumber kekayaan: Microsoft
Pada tahun ini, pertama kalinya Gates melewati angka US$100 miliar. Kekayaan pendiri Microsoft ini tumbuh sebesar US$26 miliar yang diuntungkan sebagian dari saham perusahaan dan melonjaknya saham pembuat traktor Deere & Co. Gates juga telah memberikan US$2 miliar kepada organisasi yang bekerja untuk nol emisi.

3. Mark Zuckerberg

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: US$97 miliar
Sumber kekayaan: Facebook
Facebook menjadi platform utama yang digunakan untuk berkomunikasi selama pandemi. Namun dalam sepanjang jalan, Facebook mendapat kritik yang signifikan seperti pelanggaran antimonopoli, menyebarkan disinformasi dan ekstremisme dan memungkinkan perencanaan kerusuhan Capitol Hill pada 6 Januari. Organisasi filantropis dan advokasinya, Inisiatif Chan Zuckerberg, juga mengumumkan janji US$500 juta pada bulan Desember untuk upaya mencapai kesetaraan rasial.

4. Larry Ellison

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: uS$93 miliar
Sumber kekayaan: Perangkat Lunak
Ellison adalah tokoh terkemuka dalam teknologi dan pada tahun 2012 dirinya membayar US$ 300 juta untuk membeli pulau Lanai di Hawaii. Ellison juga merupakan tokoh sentral di balik kesepakatan Oracle untuk mengakuisisi operasi aplikasi jejaring sosial TikTok di AS, meskipun sejauh ini kesepakatan itu belum terjadi.

5. Larry Page

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: US$91,5 miliar
Sumber kekayaan: Google
Larry Page yakni CEO perusahaan induk baru Google yaitu Alphabet. Dirinya adalah investor pendiri perusahaan eksplorasi ruang angkasa Planetary Resources dan juga mendanai startup "mobil terbang" Kitty Hawk dan Opener.

6. Sergey Brin

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih:US $89 miliar
Sumber kekayaan: Google
Brin merupakan CEO dan board member dari Alphabet, yang merupakan penemu Google bersama Larry Page. CEO Alphabet Sundar Pichai muncul bersama Zuckerberg masih memegang lebih dari 50% hak suara Alphabet, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan kendali atas keputusan perusahaan.

7. Steve Ballmer

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: US$68,7 miliar
Sumber kekayaan: Microsoft
Ballmer adalah pemilik tim olahraga terkaya di Amerika, dan tim bola basket Los Angeles Clippers-nya diperkirakan akan memulai arena baru senilai $ 1 miliar tahun ini, setelah Ballmer membeli The Forum in Inglewood seharga $400 juta pada tahun 2020. Sebuah organisasi filantropi yang ia dirikan bersama istrinya, Ballmer Group, telah memberikan $54 juta untuk berbagai proyek bantuan Covid-19 pada tahun lalu.

8. Ma Huateng

Asal: China
Kekayaan bersih: US$65,8 miliar
Sumber kekayaan: Media internet
Pony Ma, raja internet China menghadapi tekanan ketika negara asalnya berusaha mengekang kekuatan perusahaan teknologi besar. Saham Tencent yang diketuai Ma, turun terus setelah mencapai puncaknya. Namun dikarenakan kinerja Tencent yang diketuai Ma cukup kuat sehingga memperkuat posisinya sebagai Maestro teknologi terkaya di China dan terkaya kedua secara keseluruhan.

9. Colin Zheng Huang

Asal: China
Kekayaan bersih: US$55,3 miliar
Sumber kekayaan: E-commerce
Merupakan salah satu pendiri Pinduoduo yang meningkat selama setahun terakhir dikarenakan menjadi platform e-commerce terbesar di China. Juli lalu Huang mengundurkan diri sebagai CEO dan pada bulan Maret, dirinya tiba-tiba keluar sebagai ketua dan mempercayakan hak suaranya kepada dewan. Huang mengatakan kepada para pemegang saham bahwa dia akan mengalihkan perhatiannya ke penelitian dalam ilmu makanan dan kehidupan.

10. MacKenzie Scott

Asal: Amerika Serikat
Kekayaan bersih: US$53 miliar
Sumber kekayaan: Amazon
Sejak menerima seperempat saham Amazon mantan suaminya Jeff Bezos sebagai bagian dari penyelesaian perceraian 2019 mereka, Scott memberikan berbagai sumbangan dengan skala dan kecepatan yang melebihi lainnya. Pada tahun lalu, sumbangan amalnya mencapai US$5,8 miliar, termasuk rentang empat bulan ketika dia menyumbangkan US$4,1 miliar ke hampir 400 organisasi yang memberikan bantuan bagi orang Amerika selama pandemi. Pada bulan Maret, terungkap bahwa Scott telah menikah kembali.

Berikut untuk daftar orang terkaya lainnya di bidang teknologi, yang dilansir dari Forbes.

11. Jack Ma, China, e-commerce (US$48,4 miliar)
12. Michael Dell, Amerika Serikat. Dell (US$ 45,1 miliar)
13. Zhang Yiming, China, Bytedance (US$25,6 miliar)
14. William Lei Ding, China, game online (US$33 miliar)
15. Wang Xing, China, e-commerce(US$26,1 miliar)
16. Shiv Nadar, India, layanan perangkat lunak (US$23,5 miliar)
17. Zhang Zhidong, China, media internet (US$ 23,4 miliar)
18. Lei Jun, China, smartphone (US$23 miliar)
19. Richard Qiangdong Liu, China, e-commerce (US$22,4 miliar)
20. Pierre Omidyar, Amerika Serikat, Ebay (US$21,4 miliar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper