Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Pembagian Harta Gono Gini, Bill Gates Bukan Lagi Orang Terkaya ke 4 di Dunia

Bill dan Melinda telah berjanji untuk tetap mejadi ketua Gates Foundation. Yayasan mengumumkan pada bulan lalu, bahwa Melinda akan mengundurkan diri dalam dua tahun, jika Bill dan dirinya tidak dapat bekerja sama.
Bill Gates kini posisi kelima orang terkaya di dunia
Bill Gates kini posisi kelima orang terkaya di dunia

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Bill Gates mentransfer saham ke mantan istrinya yakni Melinda French Gates, dirinya bukan lagi orang terkaya keempat di dunia.

Data itu berdasarkan daftar real-time Forbes. Kini kekayaan Melinda bernilai sekitar US$5,6 miliar atau setara dengan Rp80 triliun.

Sedangkan Bill kini memiliki kekayaan di bawah Mark Zuckerberg, CEO Facebook, minus 0,5 persen. Menurut Forbes, Bill menjadi orang terkaya kelima di dunia.

Dilansir dari Forbes, Cascade Investment LLC, yakni kendaraan investasi Bill telah mentransfer hampir senilai US$2,4 miliar atau Rp34,5 triliun saham ke Melinda. Selain itu beberapa hari setelah pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka pada bulan Mei, Bill mentransfer saham kepada Melinda senilai US$3,2 miliar atau setara dengan Rp46 triliun.

Selain itu, Melinda menerima 3,3 juta saham AutoNation yang memiliki nilai sekitar US$392 juta atau Rp5,6 triliun Cascade juga mentransfer 2,8 juta saham yang kini bernilai $1 miliar dan 9,5 juta saham Canadian National Railway Co. yang juga bernilai sekitar $1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun.

Tidak jelas berapa banyak yang akan didapat Melinda. Kemungkinan Melinda juga menerima aset tambahan dari Bill seperti saham di perusahaan swasta dan real estat yang tidak memerlukan pengungkapan publik. Investasi Kaskade Bill juga tidak perlu mengungkapkan transfer saham, jika Bill memiliki kurang dari 5 persen dari perusahaan yang terdaftar.

Persyaratan pembagian kekayaan pasangan tersebut akan dibagi sesuai dengan kontrak pemisahan non-publik, yang telah ditandatangani sebelum pernyataan perceraian mereka. Dari petisi perceraian, mereka mengatakan bahwa hubungan mereka rusak dan tidak dapat diperbaiki kembali.

Melinda dilaporkan telah berkonsultasi dengan pengacara perceraian sejak 2019 dan tertekan oleh pertemuan Bill dengan almarhum predator seksual Jeffrey Epstein. Seorang juru bicara Bill juga mengakui bahwa ia berselingkuh dengan karyawan Microsoft pada tahun 2000. yang diselidiki oleh dewan perusahaan pada tahun 2019.

Minggu lalu, Bill juga membahas hubungannya dengan Epstein untuk pertama kalinya dalam wawancara dengan CNN Anderson Cooper dan mengatakan bahwa hal tersebut adalah kesalahan besar untuk menghabiskan waktu bersamanya, dan kini dirinya mengatakan bahwa akan melakukan refleksi dan terus bergerak maju.

Selain itu, Bill dan Melinda telah berjanji untuk tetap mejadi ketua Gates Foundation. Yayasan mengumumkan pada bulan lalu, bahwa Melinda akan mengundurkan diri dalam dua tahun, jika Bill dan dirinya tidak dapat bekerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper