Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Franchise Kopi Lain Hati ? Berikut Biaya dan Persyaratannya

Perlu diketahui bahwa Anda perlu membayar royality fee sebesar Rp1,5 juta setiap bulannya. Paket tersebut juga tidak termasuk dengan perangkat kasir, bahan baku, freezer, chiller, dan sistem SOP selama 3 tahun.
Kopi Lain Hati
Kopi Lain Hati

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis Kopi di Indonesia dapat menjadi pilihan yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan popularitasnnya dan dekatnya masyarakat dengan mengonsumsi kopi.

Salah satu opsi yang dapat Anda pilih dan menawarkan franchise adalah Kopi Lain Hati. Kopi Lain Hati adalah kopi ternama di Indonesia dan sudah familiar di masyarakat, dengan mematok harga yang terjangkau bagi kamu millenial.

Kopi Lain Hati kini sudah memiliki 500 lebih cabang di lebih dari 95 kota. Kopi Lain Hati juga pernah berkolaborasi dengan artis ternama. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memikirkan untuk membangun atau memasarkan brand dikarenakan sudah cukup dikenal.

Untuk paket waralaba Kopi Lain Hati, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp75 juta. Biaya ini termasuk dengan lisensi penggunaan merk Lain Hati selama 3 tahun, berbagai alat untuk memproduksi kopi, seragam karyawan sebanyak 3 buah, media promosi dalam bentuk file desain (menu, banner, flyer), training dan buku SOP, standar desain dari Kopi Lain Hati, dan sistem POS kasir selama 1 tahun.

Namun perlu diketahui bahwa Anda perlu membayar royality fee sebesar Rp1,5 juta setiap bulannya. Paket tersebut juga tidak termasuk dengan perangkat kasir, bahan baku, freezer, chiller, dan sistem SOP selama 3 tahun.

Untuk tahapan proses franchise Kopi Lain Hati, secara rincinya yakni sebagai berikut.

1. Tahapan enquiry dan pencarian lokasi oleh waralaba
2. Kontran dan faktur
3. Pembayaran
4. Persiapan selama dua minggu
5. Pengiriman selama satu minggu
6. Pelatihan
7. Pembukaan gerai

Untuk biaya keuntungan dan break even point (BEP), hal ini tergantung dengan penjualan cup setiap harinya. Kopi Lain Hati sendiri menghitung berdasarkan kategori rendah, sedang, dan tinggi dalam waktu 30 hari. Jika dirincikan yakni sebagai berikut.

1. Kategori rendah
Rata-rata penjualan per hari (cup): 70
Rata-rata nominal per transaksi per hari: Rp20.000
Profit bersih: Rp9,31 juta
BEP : 9 bulan

1. Kategori sedang
Rata-rata penjualan per hari (cup): 100
Rata-rata nominal per transaksi per hari: Rp20.000
Profit bersih: Rp20,65 juta
BEP : 5 bulan

1. Kategori tinggi
Rata-rata penjualan per hari (cup): 150
Rata-rata nominal per transaksi per hari: Rp20.000
Profit bersih: Rp39,55 juta
BEP : 3 bulan

Untuk lokasinya, Kopi Lain Hati bisa Anda buka baik di tempat keramaian ataupun di pinggir jalan. Untuk di keramaian, lokasi yang bisa Anda gunakan adalah di mall, bandara dan di statiun.

Setiap lokasi juga tentunya memiliki kelemahan. Jika Anda memilih di lokasi tempat keramaian, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sewa secara langsung. Namun untuk di pinggir jalan raya, Anda akan kurang mendapatkan pelanggan dari pejalan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper