Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Pensiun, Ini 9 Ide Bisnis yang Bisa Anda Jalankan

Bagi Anda yang sudah pensiun, ini 9 ide bisnis yang bisa Anda jalankan agar tetap produktif dan menghasilkan cuan.
Ilustrasi/Thenewspaperworks
Ilustrasi/Thenewspaperworks

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak pensiunan beralih ke kepemilikan bisnis sebagai cara untuk tetap sibuk dan aktif, serta menambah penghasilan pensiun mereka.

Memulai bisnis pensiun adalah cara yang semakin populer untuk menghasilkan uang ekstra dan tetap aktif di tahun-tahun senior Anda.

Selain itu, Anda juga akan tetap sibuk, mengingat beberapa alasan untuk membangun bisnis di masa pensiun adalah untuk tetap menjalankan aktivitas dan tetap produktif di masa tua. Keuntungan lainnya tentu adalah mendapatkan penghasilan pensiun.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 9 ide bisnis yang dapat Anda jalankan di masa pensiun, yang dilansir dari Zenbusiness (20/01/21).

1. Pajak dan Pembukuan

Jika pekerjaan harian Anda melibatkan akutansi atau persiapan pajak, maka Anda dapat menyediakan layanan konsultasi keuangan di masa pensiun. Anda tidak hanya dapat memulai bisnis kecil ini dengan sedikit atau tanpa modal, tetapi Anda dapat melakukan layanan Anda dari rumah atau di mana pun dengan koneksi Wi-Fi.

2. Bimbingan Belajar

Pensiunan guru dan pustakawan secara unik cocok untuk memulai bisnis bimbingan belajar. Dengan persaingan yang semakin ketat di perguruan tinggi terkemuka, maka semakin banyak orang tua yang mau untuk membayar lebih untuk les secara privat.

3. Menulis dan Mengedit

Jika Anda memiliki keahilan komunikasi yang baik, maka Anda dapat menghasilkan uang ekstra untuk membantu bisnis terutama pada bisnis kecil. Hal ini meliputi Salinan untuk situs web atau blog perusahaan, rilis publisitas, materi penjualan atau lain-lainnya. Anda juga dapat menemukan ini melalui situs bagi para freelancer.

4. Kursus online

Jika Anda memiliki keahlian dan Anda pandai dalam menjelaskan, Anda dapat mencoba kursus online. Anda menjual kursus Anda melalui Udemy, situs Anda sendiri, atau platform lainnya. Setelah kursus dibuat, Anda dapat memasarkannya.

5. Perawatan hewan peliharaan

Banyak lansia yang sudah menyediakan penitipan anak untuk keluarga dan tetangga. Namun, mungkin tidak terpikir oleh mereka untuk menawarkan layanan ini kepada hewan yang membutuhkan. Anda dapat mengajak anjing berjalan-jalan di sore hari, atau Anda dapat memberikan layanan perawatan atau pelatihan anjing.

6. Konsultasi

Jika Anda ingin mendapatkan uang ekstra di masa pensiun, Anda dapat menyediakan layanan konsultasi berdasarkan karir Anda sebelumnya. Contohnya jika Anda sebelumnya bekerja mengenai keahlian komputer, Anda dapat memberikan dukungan teknis untuk bisnis lokal. Namun, jika Anda pernah bekerja di bidang keuangan, maka Anda dapat memberikan bimbingan investasi.

7. Waralaba

Jika Anda memiliki sejumlah modal dan melihat adanya peluang di lingkungan Anda, maka Anda dapat mencoba opsi waralaba. Pilihlah waralaba dalam industri yang membuat Anda nyaman dan teliti pilihan waralaba Anda. Pastikan Anda juga telah melakukan riset agar mendapatkan keuntungan yang optimal.

8. Produk Kreatif

Apakah Anda memiliki bakat untuk membuat kerajinan? Jika demikian, Anda mungkin bisa mendapatkan uang ekstra dengan menjual barang-barang kreatif Anda. Anda dapat menjual melalui situs online, dari hasil Anda memeroleh dari suatu lokasi atau hasil kreasi Anda sendiri.

9. Gunakan imajinasi Anda

Masih banyak bisnis lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Tentukanlah bisnis terbaik bagi Anda, da apakah bisnis tersebut mampu untuk Anda jalankan. Anda juga dapat mempertimbangkan berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya untuk memecahkan berbagai permasalahan dari orang lain, untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper