Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Ide Bisnis di Bidang Pertanian dan Tanaman

Bagi Anda yang senang tanaman, berikut ide bisnis di bidang pertanian dan tanaman yang bisa Anda geluti
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 06 Oktober 2021  |  20:49 WIB
Petani merawat tanaman selada (Lactuca sativa) dengan sistem hidroponik. ANTARA
Petani merawat tanaman selada (Lactuca sativa) dengan sistem hidroponik. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda sedang mencari ide bisnis, Anda dapat mencoba untuk memulai bisnis di bidang pertanian mengingat potensinya yang masih cukup besar.

Tren budidaya tanaman saat ini sering diperbincangkan dan sedang bergerak ke arah yang positif. Selain itu, Anda juga dapat mencoba bisnis pertanian yang berhubungan dengan kebutuhan primer masyarakat.

Untuk mengetahui ide bisnis pertanian yang dapat menjadi pertimbangan Anda, berikut 10 ide yang dilansir dari Tomps (02/02/21) yakni sebagai berikut.

1. Budidaya tanaman hias

Tanaman hias menjadi tren dalam beberapa bulan terakhir. Peluang ini dapat menjadi ide bisnis pertanian yang menguntungkan. Selain itu, tanaman hias juga bisa menjadi peluang pasar untuk pernikahan, wisuda, ulang tahun dan lainnya.

2. Tanaman hidroponik

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa memulai untuk mencoba usaha tanaman hidroponik. Dengan metode bercocok tanam hidroponik, maka Anda juga tidak memerlukan media tanam dari tanah. Hal ini dapat menjadi peluang Anda dengan melihat gaya hidup warga perkotaan yang mulai beralih ke gaya hidup yang sehat.

3. Budidaya rempah

Indonesia menjadi negara yang dikenal yang kaya akan rempah. Selain itu, rempah juga dibutuhkan untuk kebutuhan dapur, kesehatan, kecantikan dan gaya hidup. Jika Anda dapat menekuni bisnis ini, maka akan menjadi peluang yang menarik.

4. Buah dan sayuran organik

Jika Anda ingin memulai bisnis buah dan sayuran organik, maka Anda dapat menargetkan kepada pasar menengah ke atas. Dengan banyaknya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semenjak pandemi dan peluang bisnis ini terbuka lebar, maka bisnis ini cukup berpotensi.

5. Jamur tiram

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu usaha pertanian atau peluang usaha di bidang pertanian yang menguntungkan. Dengan modal di bawah Rp20 juta, maka Anda dapat memulai bisnis ini secara profesional. Bahkan pengeluarannya bisa lebih kecil jika Anda memiliki tanah dan bangunan pribadi.

6. Bertani padi

Bisnis ini sepertinya akan terus menguntungkan, dikarenakan masuk ke dalam kebutuhan primer dari masyarakat. Meski membutuhkan modal yang relatif besar, bisnis ini tetap bisa menjanjikan keuntungan besar bagi Anda.

7. Tanaman obat

Dikarenakan efek dari pandemi mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mewaspadai penyakit, tanaman obat herbal menjadi pilihan. Tanaman obat yang banyak diminati adalah jahe, kunyit, dan tanaman herbal lainnya. Permintaan ini meningkat pesat di beberapa startup pertanian di Indonesia bahkan hingga 300 kali lipat.

8. Bibit tanaman

Peluang bisnis tanaman juga berpotensi mengingat banyaknya masyarakat yang berada di rumah dan tren budidaya yang meningkat. Namun, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni atau bisa memilih alternatif menjadi reseller.

9. Pupuk tanaman

Selain bibit, Anda juga bisa mencoba peluang bisnis mengenai pupuk tanaman. Banyak jenis pupuk yang bisa Anda olah, dan kompos dapat menjadi pilihan karena permintaannya yang tinggi di pasaran.

10. Alat usaha pertanian

Siklus kegiatan pertanian di Indonesia masih tinggi dikarenakan kebutuhan produk pertanian sebagai bahan makanan pokok masyarakat. Dengan itu maka Anda dapat menjual bisnis alat pertanian dikarenakan pasar yang cukup besar. Jika tidak ada pemasok alat pertanian, maka kegiatan pertanian tidak akan berjalan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis hidroponik organik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top