Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Modal dan Tips Memulai Bisnis Angkringan, Murah Meriah dan Menjanjikan

Berapa sih modal memulai bisnis angkringan dan tips yang harus Anda lakukan agar jualan laris?
Ilustrasi angkringan
Ilustrasi angkringan

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis angkringan cocok bagi Anda yang baru memulai di dalam bisnis namun memiliki potensi yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan usaha bisnis makanan dan minuman menjadi kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu bisnis angkringan juga menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau, dan menjadi tempat orang-orang saling berkumpul dengan keluarga dan temannya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis dan juga memiliki modal yang terbatas, usaha angkringan dapat menjadi ide bisnis Anda.

Untuk tipsnya, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan yang perlu Anda perhatikan, yang telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Pilihlah lokasi yang strategis

Pilihlah lokasi yang sesuai dengan target market Anda. Anda dapat membuka angkringan di pasar, dekat dengan lingkungan kampus atau mahasiswa, dekat tempat wisata, pemukiman, mudah terlihat dan memiliki parkiran.

2. Buatlah konsep yang unik

Anda dapat membuat konsep baik dari segi tempat dan makanan, sebagai ciri khas dari angkringan Anda. Hal ini meliputi konsep angkringan dengan desain yang modern ataupun menu unik dan mengkombinasikan menu tradisional dan modern.

3. Maksimalkan pelayanan

Dengan memberikan pelayan yang terbaik, maka para konsumen dapat Kembali lagi kepada angkringan Anda dan akan mengajak para keluarganya atau temannya, atau merekomendasikan angkringan Anda.

4. Promosi lewat media sosial

Selain promosi dari mulut ke mulut, Anda juga perlu mempromosikan angkringan Anda lewat media sosial. Anda juga perlu mengikuti perkembangan zaman agar dapat lebih banyak menarik konsumen.

5. Tambahkan layanan order online

Dengan menambahkan layanan order online di angkirngan Anda, maka dapat membantu Anda untuk memasarkan angkringan Anda dan menambah konsumen.

6. Menjaga kenyamanan

Pastikan angkringan Anda memiliki tempat dan nyaman dan menjaga kebersihan dengan baik. Dengan ini maka angkringan Anda akan lebih dinikmati oleh pelanggan, dan membuat mereka ingin kembali lagi pada angkringan Anda.

Dilansir dari Investasiuntung, untuk modalnya sendiri Anda perlu menyipakan gerobak angkringan, tikar, kursi, meja, peralatan makan, nampan dan lain-lainnya. Diperkirakan Anda membutuhkan model sebesar Rp1,62 juta.

Kemudian, untuk biaya operasional dan bumbu-bumbu makanan, Anda diperkiraan mengeluarkan biaya sebesar Rp251.400 setiap harinya atau sebesar Rp8.442.000 untuk setiap bulannya.

Dalam perhitungan omzet, jika Anda memiliki pelanggan sebanyak 100 orang setiap harinya dengan membeli makanan rata-rata Rp1.500 dan minuman RP2.000, maka Anda dalam satu bulan memiliki omzet sebesar Rp10,5 juta.

Maka jika dihitung, dengan omzet yang dikurangi dengan biaya operasional dan bumbu makanan, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp2 jutaan.

Jika para pelanggan membeli makanan lebih dari satu, maka tentu keuntungan yang Anda peroleh cenderung akan lebih banyak. Oleh karena itu, opsi berbisnis dalam angkringan cukup menjanjikan bagi Anda.

Namun, pastikan Anda terus meningkatkan layanan Anda dan melakukan riset secara terus menerus. Dengan ini, maka bisnis Anda akan terus mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper