Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kategori Startup di E-Commerce yang Paling Untung di 2021

Berikut lima peringkat teratas oleh Oberlo dalam kategori belanja dan pendapatan di seluruh dunia
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 19 November 2021  |  16:48 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pembelanjaan online semakin meningkat dikarenakan masa pandemi.

Jika sebelumnya Nasdaq di tahun 2017 memprediksi bahwa e-commerce akan mencapai 95 persen dari pembelian dari tahun 2040, kurang dari lima tahun prediksi tersebut semakin dipercepat oleh pandemi.

Untuk itu, jika Anda masih bingung dan ingin memulai bisnis di dunia e-commerce, berikut lima peringkat teratas oleh Oberlo dalam kategori belanja dan pendapatan di seluruh dunia yang dilansir dari Entrepreneur (18/11/21). Lima teratas tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fashion

Penggerak terbesar dalam e-commerce adalah fashion, dimana konsumen diperkirakan menghabiskan hampir US$760 miliar untuk pembelian tahun ini.

Penutupan toko ritel selama pandemi tidak hanya memindahkan pembelian secara online, namun juga berbelanja lebih banyak. Survei Experian baru-baru ini menemukan bahwa 11 persen orang melaporkan menghabiskan lebih banyak uang untuk pakaian daripada sebelum pandemi, dimana meningkat lima persen dari tahun sebelumnya.

2. Mainan, hobi, dan kerajinan tangan (DIY)

Lonjakan pemutusan kerja, pembelajaran di rumah dan isolasi mendorong banyak orang ke mainan atau hobi untuk mengisi waktu. Diketahui lebih dari US$590,70 miliar pengeluaran online pada tahun 2021 diharapkan di sektor ini.

Bahkan ketika kondisi pandemi mulai mereda, karena semakin banyak orang mempelajari nilai diversifikasi kemampuan dan aktivitas mereka, tren ini juga tidak menurun.

3. Elektronik dan media

Elektronik dan media diperkirakan mendapatkan penjualan sebesar US$542,2 miliar tahun ini.

Pada bulan Mei, pengeluaran konsumen kuartal pertama untuk hiburan rumah naik 10 persen, dengan keuntungan terbesar berasal dari streaming berlangganan. Hal ini mengingat bioskop yang mulai ditutup.

4. Makanan dan perawatan pribadi

Diperkirakan pada sektor ini mencapai penjualan sebesar US$468,5 miliar tahun ini. Banyak dari produknya adalah barang pokok yang perlu diganti secara teratur dan bahkan sebelum pandemi orang-orang menunjukkan minat untuk membayar produk kecantikan berkualitas.

Analisis pertumbuhan CNBC 2017 di antara kategori produk Amazon, menunjukkan bahwa barang-barang kecantikan mewah berkinerja terbaik yakni sebesar 47 persen dari tahun ke tahun.

Selain kecantikan, Dalam survei konsumen Maret 2021, 43 persen responden mengindikasikan mereka berencana untuk memasak lebih banyak di rumah, dan 42 persen responden dalam survei Experian pada bulan yang sama mengatakan mereka menghabiskan lebih banyak uang untuk belanjaan daripada sebelum pandemi.

5. Furnitur dan peralatan

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah berarti berinvestasi lebih banyak di ruangnya. Mintel melaporkan bahwa peralatan mengalami kenaikan 5,5 persen pada tahun 2020 sebagai akibat dari pandemi.

Selain itu, kini, dengan orang-orang yang berinvestasi di kantor pusat, pasar ini diperkirakan akan mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 5 persen antara tahun 2021 dan 2026.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top