Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pentingnya Bisnis Kecil Berjualan di Multi-Saluran

Berikut lima manfaat dalam mengapa Anda harus memulai penjualan multi-saluran
Ilustrasi UKM
Ilustrasi UKM

Bisnis.com, JAKARTA - Strategi multi-saluran adalah menggunakan banyak saluran untuk berkomunikasi, memasarkan, dan menjual kepada pelanggan Anda.

Strategi ini membuat produk Anda dapat diakses oleh calon pelanggan di berbagai platform dan perangkat.

Selain itu, penjualan multi-saluran juga menawarkan sejumlah manfaat penting bagi pengecer.

Untuk lebih lengkapnya, berikut lima manfaat dalam mengapa Anda harus memulai penjualan multi-saluran, yang dilansir dari Thestreet.

1. Tingkatkan Penjualan Anda

Ketika produk Anda tersedia untuk dibeli di lebih dari satu platform, Anda memperluas jangkauan dan memiliki kesempatan untuk tampil di depan lebih banyak pelanggan, menjual lebih banyak produk, dan meningkatkan pendapatan Anda.

2. Perkuat Kesadaran Merek Anda

Peningkatan pengenalan merek adalah dorongan lain dalam penjualan dan manfaat lain dari penjualan multi-saluran. Kehadiran di beberapa platform berbeda memungkinkan Anda menjangkau pembeli yang membutuhkan produk Anda, tetapi mungkin tidak berpikir untuk mencari merek spesifik Anda.

Untuk itu, pastikan Anda mempertahankan branding yang konsisten di seluruh platform tempat Anda menjual. Meskipun Anda dapat menggunakan berbagai saluran untuk menargetkan pelanggan yang berbeda, pengalaman dengan merek Anda sendiri harus kohesif.

3. Memanfaatkan Tren Perdagangan Seluler

Diketahui bahwa sebanyak 82 persen pelanggan mengatakan bahwa mereka telah memeriksa produk di ponsel mereka saat berada di toko fisik, sebelum memutuskan apakah akan melakukan pembelian atau tidak.

Selain itu, perdagangan seluler mencapai 51 persen dari total transaksi online di Amerika Utara pada kuartal keempat tahun 2019.

4. Targetkan Segmen Pelanggan

Satu pelanggan menggunakan banyak saluran untuk mempelajari bisnis atau menyelesaikan satu pembelian. Selain itu, dengan menargetkan segmen pelanggan maka akan membantu Anda untuk menarik pelanggan dengan cara yang disesuaikan.

Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan menjadi lebih efektif. Anda juga akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

5. Merampingkan Bisnis Anda

Walaupun Anda menjual dalam berbagai multi-saluran, Anda juga perlu merampingkan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan platform yang dapat mengelola inventaris, melacak pesanan, menambahkan produk baru dalam satu dasbor.

Anda dapat mencari satu platform yang membantu Anda untuk mengelola secara terpusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper