Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pentingnya Koneksi Bisnis untuk Seorang Pengusaha

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak bertemu dengan orang yang hanya membuang-buang waktu. Anda dapat menemukan orang yang tepat dan Anda dapat melihat hasil yang tepat. Untuk itu, berikut beberapa tips yang dilansir dari Entrepreneur.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  17:07 WIB
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki koneksi seringkali menjadi hal yang penting dalam berwirausaha. Hal ini mengingat dari data Biro Statistik Tenaga Kerja menemukan sekitar 20 persen dari semua usaha kecil gagal dalam tahun pertama mereka.

Untuk itu, enting untuk melakukan sebanyak yang Anda bisa untuk menjaga bisnis Anda berkembang dan relevan. Salah satunya adalah dengan koneksi.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak bertemu dengan orang yang hanya membuang-buang waktu. Anda dapat menemukan orang yang tepat dan Anda dapat melihat hasil yang tepat. Untuk itu, berikut beberapa tips yang dilansir dari Entrepreneur.

1. Memperluas bisnis Anda

Sebelum bisnis Anda lepas landas, jaringan dapat membantu Anda mencapai terget Anda dan memiliki tim yang tepat untuk pekerjaan yang Anda tawarkan.

Sangat penting untuk Anda menemukan tim yang cocok untuk Anda pribadi dan sesuai dengan budaya perusahaan. Dengan memperkerjakan dari jaringan orang yang Anda kenal, secara tidak langsung Anda membangun serta membina kemitraan dengan orang-orang yang sudah memiliki hubungan baik dengan Anda, yang akan berharga bagi keberhasilan bisnis Anda.

2. Menemukan mitra baru

Jaringan dapat membantu Anda menemukan tim yang tepat untuk pekerjaan, sumber daya dan dana.

Dengan jaringan orang yang lebih luas baik dalam bisnis yang sama atau bisnis serupa, Anda memiliki lebih banyak akses ke hal-hal yang dapat membantu Anda tumbuh dan berkembang.

Seseorang yang Anda temui di perkuliahan, bisa menjadi investor baru Anda atau teman yang memiliki karir di profesional dapat bergabung dengan Anda. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi bagian dari jaringan Anda.

Oleh karena itu, janganlah takut dan manfaatkan koneksi dari awal.

3. Menjadi lebih terlihat

Dengan jaringan orang-orang yang secara teratur berhubungan dengan Anda, maka Anda dapat menjadi wirausahawan pilihan untuk usaha baru dan membuka prospek baru dan menarik untuk karier Anda.

Pastikan Anda memiliki jaringan yang efektif dan mulailah dengan melakukan percakapan yang ringan. Anda dapat membicarakan mengenai hal apa yang akan Anda lakukan, spesialisasi Anda dan bertukar kontak dan tetaplah berhubungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis koneksi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top