Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Bisnis Jualan Bakso? Berikut Tips Agar Laris dan Sukses

Walaupun hampir dari keseluruhan masyarakat menyukai makanan bakso hingga memiliki potensi yang besar, bukan berarti Anda tidak menggunakan strategi untuk membuka bisnis bakso Anda.
Bakso Gunung Krakatau/Antara
Bakso Gunung Krakatau/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka bisnis bakso dapat menjadi salah satu pilihan dan menjadi potensi yang menjanjikan di Indonesia.

Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai makanan bakso dan tidak terbatas dengan usia tertentu. Hampir seluruh usia dan kalangan menyukai makanan bakso.

Walaupun hampir dari keseluruhan masyarakat menyukai makanan bakso hingga memiliki potensi yang besar, bukan berarti Anda tidak menggunakan strategi untuk membuka bisnis bakso Anda.

Berikut beberapa tips dalam membuka bisnis bakso agar menjadi sukses, yang telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Lakukan riset pasar

Hal yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah melakukan riset pasar. Anda dapat mengetahui seperti lokasi para kompetitor, melihat kalangan yang paling ramai di lokasi Anda, melihat berbagai menu dalam pelayanan yang ditawarkan oleh kompetitor, dan lain-lainnya.

Dengan melakukan riset pasar, maka Anda akan memiliki strategi yang lebih matang dan dapat menentukan hal-hal yang perlu Anda butuhkan dan yang tidak butuhkan.

2. Tentukan lokasi yang strategis

Setelah melakukan riset, hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah menemukan lokasi yang strategis.

Anda dapat menentukan lokasi berdasarkan hasil riset yang telah anda lakukan. Hal ini seperti di pemukiman, perkantoran, lingkungan mahasiswa, dekat dengan tempat rekreasi, dekat dengan mall, stasiun dan lain-lainnya. Pastikan bahwa Anda berada di lokasi yang ramai.

3. Memasang harga yang kompetitif

Setelah Anda melakukan riset dan menentukan lokasi, pastikan Anda memasang harga yang kompetitif di lingkungan Anda.

Anda dapat menyesuaikan dengan melihat target market Anda, atau berdasarkan kalangan yang paling di lingkungan Anda. Dengan ini, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan harga.

Namun perlu diingat, pastikan Anda juga mendapatkan keuntungan dengan harga yang telah Anda pasang. Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya kita tidak ingin merugi.

4. Memiliki tawaran yang unik dan berkualitas

Berikutnya adalah buatlah menu yang berkualitas terutama dari bahan yang Anda gunakan. Setelahnya, Anda dapat membuat menu yang unik dibandingkan dengan kompetitor.

Anda dapat berfokus dengan jenis bakso yang Anda jual, membuat menu-menu modern seperti dengan menggunakan mozarella, bakso pedas, ukuran yang bervariasi, dan lain-lainnya.

Setelah itu, pastikan Anda juga unggul dari sisi kebersihan. Kebersihan sendiri seringkali menjadi faktor utama bagi para customer sebelum membeli makanan Anda.

Pastikan Anda memberikan tawaran yang berbeda dibandingkan kompetitor lainnya, berdasarkan dengan riset pasar yang telah Anda lakukan. Hal ini menjadi penting agar tawaran yang Anda berikan menjadi lebih efektif.

5. Gunakan strategi untuk menarik perhatian pelanggan

Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah menarik perhatian pelanggan. Anda dapat membuat spanduk besar ataupun menghiasi gerobak atau lokasi usaha Anda sehingga dapat ditangkap oleh masyarakat yang sedang lewat.

Anda juga dapat melakukan pemasaran dengan menawarkan cara masak Anda yang unik dan menarik untuk selalu dilihat. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis bakso Anda.

Anda juga bisa memasang strategi promo, diskon di hari-hari tertentu. Anda juga dapat melakukan strategi dengan memberikan diskon kepada customer yang memotret makanan Anda dan mengunggah foto tersebut di media sosial sambil mencantumkan nama bisnis Anda di media sosial.

Lakukanlah berbagai strategi kreatif, agar bisnis Anda semakin dikenal terutama di lingkungan Anda.

6. Pelayanan terbaik kepada pelanggan

Dengan memiliki strategi dan menawarkan menu yang menarik, pastikan Anda selalu konsisten untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Anda dapat mendengar saran atau keluh kesah para pelanggan, dan gunakan saran tersebut sebagai referensi ataupun untuk pertimbangan Anda.

Dengan menghargai para pelanggan, maka para pelanggan juga akan menghargai Anda dan akan senang dengan pelayanan Anda.

Pastikan Anda terus menerapkan strategi agar bisnis bakso Anda dapat terus berkembang. Selalu kelola keuangan Anda sebelum memutuskan sesuatu dan pastikan langkah Anda bisa tepat atau cukup baik.

Jika sudah melakukan pembesaran skala, Anda juga perlu mempekerjakan karyawan yang baik. Anda dapat dapat mempekerjakan karyawan yang cepat, ramah kepada konsumen, dan selalu menghargai dan mendengarkan Anda. Namun pastikan bahwa Anda juga mendengarkan dan menghargai karyawan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper