Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Pelajaran Bisnis yang Bisa Dipelajari di 2021, Catat Untuk 2022!

Berikut beberapa hal yang dapat dipelajari dari tahun 2021
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  18:47 WIB
Tips bisnis pengusaha - istimewa
Tips bisnis pengusaha - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi mempengaruhi berbagai negara, termasuk menjatuhkan ekonomi internasional. Terdapat beberapa bisnis yang jatuh sehingga bergantung pada dana pinjaman.

Namun, cukup banyak pembelajaran yang dapat dipelajari oleh pengusaha bisnis. Terdapat praktik bisnis yang akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Dilansir dari Modern Diplomacy, berikut beberapa hal yang dapat dipelajari dari tahun 2021

1. Penerapan pekerjaan jarak jauh

Pandemi memunculkan kegunaan, kemudahan, dan kenyamanan kerja dalam jarak jauh. Beberapa perusahaan dan organisasi pemerintah menerapkan kerja jarak jauh sehingga menjadi norma baru.

Sebagian besar pekerja menyebutkan bahwa mereka lebih suka bekerja jarak jauh dibandingkan datang ke kantor fisik. Model hibrida yang menggabungkan pekerjaan jarak jauh dan fisik juga muncul.

Untuk itu, maka Anda dapat mempekerjakan orang dari mana saja di seluruh dunia untuk bisnis Anda. Anda juga akan menghemat uang untuk ruang kantor. Staf Anda akan menghemat uang untuk waktu perjalanan dan biaya transportasi.

2. Rapat kerja tidak harus selalu fisik

Pandemi secara besar-besaran meningkatkan popularitas pertemuan online. Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Microsoft Teams, Skype, dan platform lainnya menjadi saluran pertemuan resmi beberapa perusahaan. Zoom masih menjadi dominan.

3. Diversifikasi jika memungkinkan

Beberapa bisnis menderita selama pandemi. Perusahaan yang paling mampu menahan dampak adalah perusahaan yang terdiversifikasi. Jika diversifikasi tidak menyebabkan beban pada sumber daya Anda atau kehilangan fokus, maka Anda dapat melakukannya.

Sebelum memperoleh dukungan keuangan untuk bisnis kecil Anda, rencanakan cara menggunakan uang dengan sempurna untuk memperluas operasi Anda atau lakukan diversifikasi sesuai dengan kebutuhan.

4. Memiliki cadangan usaha dan tabungan

Banyak bisnis terpaksa beralih ke cadangan uang tunai mereka setelah penjualan terkena pandemi. Sektor penerbangan, perhotelan, dan transportasi adalah yang paling terpukul dari semuanya. Banyak pekerja diberhentikan, dengan perusahaan kehilangan staf berbakat sehingga mereka menghabiskan sumber daya untuk perekrutan, pelatihan, dan orientasi.

Untuk itu, maka penting bagi perusahaan untuk memiliki cadangan kas dan tabungan cadangan darurat.

5. Memiliki rencana dalam menghadapi bencana

Perusahaan tercepat yang pulih dari dampak pandemi adalah perusahaan yang memiliki rencana bantuan bencana. Perusahaan-perusahaan ini lebih siap untuk menghadapi dampak bencana dari pandemi.

6. Ruang kerja virtual

Perusahaan teknologi kini mengembangkan teknologi untuk ruang kerja virtual. Ruang kerja ini akan mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang akan mendorong konektivitas yang lebih dekat diantara karyawan di lokasi terpencil. Teknologi-teknologi tersebut adalah 5G, IoT, asisten bertenaga AI dan teknologi lain yang akan mewujudkannya.

Selama masa pandemi, perusahaan seperti Duolingo mengadakan virtual office hangouts, cooking class, movie night, dan banyak lagi kegiatan ekstrakurikuler menggunakan teknologi virtual.

7. Bisnis masa depan harus memiliki budaya tangkas

2020 mengajarkan kita bahwa pekerjaan harus memiliki budaya yang gesit, fleksibel, dan mereka harus mau beradaptasi dengan perubahan secepat mungkin. Perusahaan dengan budaya gesit adalah yang paling cepat beradaptasi dengan pandemi. Fleksibilitas memungkinkan organisasi untuk lebih siap menghadapi krisis dan keadaan tak terduga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top