Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Bisnis Kecil yang Berpeluang Cuan di Tahun 2022

Berikut lima ide bisnis kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis tahun 2022 ini
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  12:03 WIB
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika hendak memulai bisnis, kerap kali kita dibayangi oleh perasaan takut.

Karena rasa takut itu, akhirnya, bukan melakukan riset dan action, justru Anda menjadi bimbang dalam dalam memilih produk dan pasar.

Hingga mempertanyakan apakah bisnis saya akan laku dipasaran? Akankah kiranya balik modal?

Jika terus begitu, ide-ide bisnis yang berkumpul kepala tak lebih hanya menjadi buah pikir atau ide saja, dan tak akan menjadi kenyataan.

Jadi sebenarnya tidak ada waktu yang lebih tepat daripada sekarang untuk menjalankan bisnis Anda sendiri. Hal ini dikarenakan, kenyamanan dan kemampuan beradaptasi dalam ber-bisnis hanya akan ditemui ketika Anda memulai bisnis.

Hadirnya Pandemi memang berdampak dalam dunia ekonomi dan bisnis. Namun, pada kenyataannya, pandemic juga membuka sektor-sektor bisnis baru. Yang memiliki keuntungan luar biasa daripada yang kita perkirakan.

Apakah itu? Berikut lima ide bisnis kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis tahun 2022 ini

1. Pembuat Rencana Bisnis

Menjadi seorang wirausahawan, mengharuskan Anda untuk mengetahui tantangan yang dihadapi di pasaran. Rencana bisnis adalah perangkat vital dan kunci bagi para pebisnis. Pembuat rencana bisnis yang baik tidak hanya membantu pebisnis dengan memusatkan perhatian pada kemajuan spesifik yang penting bagi mereka untuk membuat ide bisnis berhasil, tetapi juga membantu mereka mencapai tujuan saat ini dan jangka panjang.

Orang-orang selalu mencari ide untuk membuat bisnis mereka laku, karenanya terdapat peluang besar pada sektor jasa memberikan ide-ide tersebut. Ini praktis dapat dijadikan sebagai alternatif termudah bagi Anda untuk menghasilkan uang. Jika Anda menguasai pengetahuan hukum dan manajemen keuangan serta Anda telah berhasil mendirikan bisnis, Anda bisa dengan piawai memberikan saran dengan beberapa bootstrap. Ini adalah industri multi-miliar, dan Anda bisa menjadi besar dalam beberapa tahun. 

2. Menjadi Tutor Belajar Online!

Para ahli berharap tahun 2022 akan menjadi tahun kita mengakhiri pandemi, peluang yang hadir pada praktik sekolah online telah mengakar kuat. Oleh karena itu kesempatan untuk menjelajah sebagai instruktor belajar berbasis online tidak boleh diabaikan.

Para visioner bisnis dapat mengembara ke dalam bisnis dengan subjek apa pun yang mereka kuasai, salah satunya menjadi pembimbing belajar online. Membuka jasa les online memiliki banyak keunggulan jika dibanding dengan para penyelenggara les biasa. Penyaji bimbingan online biasanya jauh lebih murah dan proses latihan instruksional dapat diberikan kapan saja. Pelatihan berbasis web memberikan pembelajaran yang cepat, langsung, dan tepat bagaimana cara belajar.

3. Membuka Layanan Penitipan Hewan Peliharaan

Siapa yang tidak suka binatang? Buka rahasia lagi, hewan peliharaan telah menjadi sahabat kita dimasa pandemi. Mereka menemani kita melewati masa-masa sulit itu, penghargaan besar patut diberikan kepada anabul kami. Ide bisnis ini mungkin bukan jenis usaha yang bertengger di urutan teratas daftar prioritas. Namun, bisnis ini memiliki peluang bisnis yang besar. Kebutuhan utama dalam bisnis ini adalah Anda harus hebat dengan hewan peliharaan dan makhluk cinta. Menjadi penyayang sebenarnya merupakan prasyarat utama.

4. Menjual Makanan secara Online

Makanan adalah kehidupan dan kita semua tahu itu. Bisnis makanan selalu sukses terutama setelah pandemi melanda orang-orang datang dengan ide yang berbeda. Dengan pembatasan makan di tempat, memiliki bisnis yang dapat menyediakan makanan saat bepergian sepertinya ide yang fantastis saat ini. Lebih baik berinvestasi dalam sesuatu yang Anda yakin tidak akan terpengaruh oleh larangan baru yang diberlakukan setiap beberapa hari sesuai pedoman Covid. Bisnis makanan selalu memiliki pasarnya sendiri, anda bisa memanfaatkan peluang itu!

5. Sektor Penginapan

Industri perhotelan mendapat pukulan yang signifikan karena pandemi dan larangan bepergian, tetapi ketika awan gelap menjauh dari kita, orang-orang akan bepergian untuk mencari angin segar. Semua orang sudah terlalu lama berada di rumah, dan kita sudah menyaksikan peningkatan perjalanan dibandingkan tahun lalu.

2022 akan menjadi tahun bagi industri perhotelan. Anda tidak harus memiliki jaringan hotel mewah untuk memulai bisnis.  Anda bisa memulai bisnis ini dnegan ruang kecil yang nyaman. Anda bis memanfaatkan fitur-fitur yang dihadirkan seperti pada Airbnb yang telah meningkatkan fasilitas begitu besar untuk industri ini. Anda dapat memasang rumah Anda sendiri untuk disewa dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top