Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Modal Kecil, Siapa Bilang tidak Bisa Berinvestasi? Ini Caranya

investasi apa yang dapat Anda lakukan terutama jika ingin memulai dengan modal yang kecil
Tips bisnis pengusaha/istimewa
Tips bisnis pengusaha/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda ingin berinvestasi baik untuk jangka pendek ataupun untuk masa depan, Anda dapat berinvestasi pada hal yang lebih aman.

Hal ini dikarenakan terdapat beberapa pasar yang tidak stabil ataupun tidak dapat diprediksi. Untuk itu dalam beberapa kasus, hal ini dapat mengakibatkan kerugian.

Lalu, investasi apa yang dapat Anda lakukan terutama jika ingin memulai dengan modal yang kecil?

1. Menabung

Anda dapat menyimpan uang untuk menginvestasikan uang Anda. Hal ini memang dapat memakan waktu dan lakukanlah dengan langkah-langkah yang sangat kecil. Anda dapat memulai dengan menyisihkan uang ada setiap minggunya.

2. Berinvestasi pada saham

Jika Anda merasa yakin pada saham, Anda juga dapat berinvestasi dengan sejumlah kecil uang namun melakukannya secara teratur. Bahkan, dengan menginvestasikan sejumlah kecil uang, Anda juga kurang rentan terhadap fluktuasi pasar.

3. Menggunakan robo-advisor

Robo-advisor bekerja dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk menentukan tujuan dan toleransi risiko Anda, dan kemudian menginvestasikan uang Anda dalam portofolio saham dan obligasi berbiaya rendah yang sangat beragam. Penasihat Robo kemudian menggunakan algoritme untuk terus menyeimbangkan kembali portofolio Anda dan mengoptimalkannya.

4. Mencoba pasar real-estat

Sebuah kategori baru dari investasi yang dikenal dengan istilah “real estate crowdfunding” memungkinkan untuk memiliki sebagian kecil dari properti komersial besar tanpa repot menjadi tuan tanah.

Crowdfunding real estat dapat menjadi cara menarik untuk Anda, jika ingin belajar tentang investasi di bidang ini ataupun untuk mendiversifikasi aset Anda.

5. Masukkan uang Anda ke reksa dana investasi awal rendah

Reksa dana adalah sekuritas investasi yang memungkinkan Anda berinvestasi dalam portofolio saham dan obligasi dengan satu transaksi. Anda dapat menggunakan investasi otomatis yang akan cocok bagi investasi pemula.

6. Pinjamkan Uang Anda pada pinjaman P2P

Platform pinjaman peer-to-peer adalah platform dimana Anda dapat meminjamkan uang Anda. Tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan jika mendapat pengembalian yang tinggi.

Namun, perlu diketahui bahwa pengembalian tinggi pinjaman P2P datang dengan risiko yang lebih besar, baik dari potensi upaya peretasan atau ketidakdewasaan perusahaan.

7. Investasikan pada bisnis Anda sendiri

Anda dapat berinvestasi pada hal yang Anda sukai dan Anda ingin rubah untuk menjadi bisnis. Meskipun hanya sedikit, uang tersebut akan semakin banyak dari pendapatan yang peroleh. Saat Anda memperoleh pendapatan, setorkan sebagian dari keuntungan itu kembali ke bisnis untuk terus mengembangkannya dan mendapatkan pelanggan atau klien.

Anda tidak perlu memperhatikan sejumlah modal Anda. Hal yang paling penting dapat Anda lakukan adalah rencanakan strategi Anda yang cermat, sesuai dengan gaya hidup dan tujuan jangka panjang Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper