Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stan Kroenke, Miliarder Pemilik The Gunners dan Denver Nuggets yang Tajir Melintir

Stan Kroenke lahir dari pasangan Alvin dan Evelyn Kroenke yang memiliki toko perangkat keras di Mora, Missouri. Dia meraih gelar master jurusan administrasi bisnis pada 1973.
Stan Kroeke
Stan Kroeke

Bisnis.com, JAKARTA - Stan Kroenke menjadi salah satu pengusaha yang membangun kekayaan dari bisnis manajemen olahraga tersukses di dunia. Perusahaan holding Kroenke Sports & Entertainment telah menaungi lima klub olahraga profesional, termasuk tim sepak bola Inggris Arsenal.

Kroenke lahir dari pasangan Alvin dan Evelyn Kroenke yang memiliki toko perangkat keras di Mora, Missouri. Dia meraih gelar master jurusan administrasi bisnis pada 1973.

Dia merupakan suami dari pewaris grup Walmart, Ann Walton yang ditemui pada saat liburan di Aspen, Colorado pada 1973. Mereka menikah setahun setelahnya. Ann adalah anak dari James Walton yang merupakan co-founder kerajaan bisnis ritel terbesar di dunia itu.

Stan menolak beasiswa untuk program doktor di University of Missouri. Dia lebih memilih bekerja dengan pengembang ritel Raul Walters yang juga mengembangkan sejumlah gerai Walmart.

Kemitraan dengan Walter berlanjut hingga 1979. Mereka membangun lebih dari 20 mal ritel di penjuru Midwest. Sejumlah gerai Walmart juga ikut dibangun di area tersebut.

Walmart masih menjadi klien paling penting bagi Kroenke yang akhirnya memulai mengembangkan perusahaan real estatnya sendiri pada 1985. Dia bergabung dengan dewan direksi Walmart pada 1995 - 2000.

Setelah sukses membangun bisnis propertinya, Kroenke mulai melirik pasar manajemen olahraga pada 1994. Langkah itu dimulai dengan mengakuisisi tim football Los Angeles Rams dan memidahkannya ke St. Louis.

Dia juga membeli tim hoki Colorado Avalanche dan tim basket Denver Nuggets pada 2000, klub lacrosse Colorado Mammoth pada 2002, klub sepak bola Colorado Rapids pada 2004. Pada 2011, dia menguasai saham mayoritas di tim sepak bola Arsenal dan klub wanita Arsenal (Arsenal W.F.C).

Perusahaan Kroenke juga membeli pusat pertandingan olahraga Pepsi Center atau sekarang disebut dengan Ball Arena yang terletak di Denver pada 2000.

Analis menyebut terdapat catatan liabilitas senilai US$ 1,5 miliar yang kemungkinan besar menjadi besaran biaya pada saat perolehan aset ini.

Dari kerajaan bisnis olahraga dan real estatnya, Kroenke masuk dalam jajaran orang terkaya versi Bloomberg Billionaire Index ke-173 dengan total kekayaan senilai US$12,5 miliar.

Kroenke diyakini menjadi pemilik tunggal salah satu waralaba Liga Football Nasional AS (NFL) Los Angeles Rams dari laporan konsultan Sportico. Begitupula dengan klub lainnya seperti Arsenal dan Nuggets.

Kroenke memiliki peternakan sekitar 2 juta hektare di AS dan Kanada, data dari USDA dan Farm Canada Credit menyebutkan.

Dari bisnis real estatnya, Kroenke Group dan THF Realty memiliki lebih dari 200 properti. Oleh karena miliarder tersebut membangun THF Realty bersama Michael Staenberg, Kroenke juga membukukan setengah dari kepemilikan properti THF.

Kroenke juga mengembangkan ke sayap ke bisnis media. Pada 2004 dia meluncurkan Altitude yang menjadi media penyiar resmi pertandingan yang dilaksanakan tim olahraga di bawah Kroenke Sports & Entertainment (KSE).

Melalui Altitude Sports and Entertainment, Kroenke mengakuisisi 50 persen jaringan televisi memancing Amerika, World Fishing Network pada 2011.

Tiga tahun setelahnya, KSE mengambil alih InterMedia Outdoor Holdings yang menaungi Sportsman Channel, 15 majalah gaya hidup terlaris, 17 website, dan juga produksi acara televisi. Perusahaan ini berubah nama menjadi Outdoor Sportsman Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper