Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Buka Toko Kelontong, Ini yang Harus Anda Persiapkan

Jika Anda tertarik dalam membuka toko kelontong, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.
Toko Kelontong/rumah123
Toko Kelontong/rumah123

Bisnis.com, JAKARTA - Toko kelontong dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan dengan profit yang cukup menjanjikan.

Toko kelontong masih menjadi pilihan bagi masyarakat, terutama untuk berbelanja secara offline. Dalam membangun toko kelontong sendiri tidak memerlukan modal yang besar.

Jika Anda tertarik dalam membuka toko kelontong, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Melakukan riset

Riset menjadi hal pertama yang penting dan perlu Anda lakukan. Anda dapat melakukan riset mengenai hal apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggan, pelayanan yang diberikan oleh kompetitor, melakukan riset terhadap lokasi, dan lain-lainnya.

Dengan melakukan riset yang matang, maka modal Anda juga akan menjadi lebih efektif.

2. Mempersiapkan modal

Dari hasil riset, Anda dapat menggunakan modal Anda untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen, beserta dengan pelayanan apa yang akan Anda berikan.

3. Tempat toko yang baik dan strategis

Jika Anda memiliki toko yang nyaman, bersih dan lokasinya strategis, maka Anda dapat selangkah lebih baik dibandingkan toko lainnya. Dengan toko yang menarik, maka orang-orang yang lewat akan melirik toko Anda. Kemudian jika toko Anda bersih, maka juga menunjukan kualitas barang yang Anda berikan.

Dengan lokasi yang strategis, maka orang-orang akan lebih mudah ke lokasi Anda. Hal ini terutama jika toko Anda memiliki tempat parkir, akses yang luas, dan mudah untuk dijangkau.

4. Memiliki gudang

Jika Anda memiliki toko kelontong, maka stok barang menjadi hal yang penting untuk Anda pikirkan. Anda dapat mempersiapkan gudang untuk menyimpan stock barang tersebut. Pastikan Anda dapat melakukan pengecekan secara rutin dan memeriksan kondisi stock barang Anda.

5. Mendapatkan distributor

Harga menjadi salah satu pertimbangan yang paling besar oleh para pembeli. Para pembeli cenderung akan membeli jika toko Anda menawarkan harga yang murah dengan produk yang baik atau original. Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan distributor, hal ini dapat menjadi keuntungan untuk Anda. Pastikan Anda juga memiliki hubungan yang baik dengan distributor.

6. Memberikan layanan ekstra

Jika Anda dapat menawarkan layanan yang berbeda dengan toko lainnya, maka toko Anda akan sering dicari oleh para pelanggan. Anda dapat menawarkan pelayanan ekstra terutama di saat pandemi.

Anda dapat menawarkan pelayanan, pengiriman tiap mingguan atas dasar perjanjian, memberikan pelayanan dan pembayaran secara online, dan lain-lainnya. Anda dapat memberikan layanan secara gratis ataupun dengan berbayar, dengan memperhatikan finansial toko Anda.

7. Memanajemen uang Anda

Pastikan Anda juga menghitung uang Anda dengan baik. Hal ini penting untuk mengetahui keuntungan yang Anda peroleh, yang kemudian untuk memenuhi biaya secara personal, untuk membeli stock barang, ataupun untuk mengembangkan bisnis Anda lagi. Pertimbangkan berbagai aspek agar Anda tidak merugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper