Modal Unik dan Berani, Simak Tiga Tips Wani Kopi Sukses Miliki 6 Gerai di Balikpapan

Perkembangan zaman membuat para pegiat usaha harus cerdas berinovasi dan mencari peluang agar dapat menghadirkan produk atau layanan yang dapat berbeda dari yang lainnya dan diminati banyak orang.
Dok. Wani Kopi
Dok. Wani Kopi

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Perkembangan zaman kerap membawa berbagai tren baru dalam kehidupan masyarakat. Mulai dari tren berpakaian, gaya bahasa, hingga bisnis. Menghadapi perubahan zaman, para pegiat usaha pun harus cerdas berinovasi dan mencari peluang agar dapat menghadirkan produk atau layanan yang dapat berbeda dari yang lainnya dan diminati banyak orang. Salah satu bisnis yang menjadi pionir dalam bidangnya dan telah berhasil meraup sukses adalah Wani Kopi. Bisnis kopi asli Balikpapan yang didirikan pada tahun 2018 ini adalah pionir dalam menggagas konsep coffee on the go, atau kopi cepat saji, yang berhasil memikat hati para konsumen di Balikpapan berkat kualitas kopi yang dihadirkannya. 

“Wani Kopi lahir dari sebuah gagasan keberanian yang terkandung dalam kata ‘wani’, yang dalam bahasa Jawa memiliki arti ‘berani’. Kata tersebut memiliki makna positif yang juga melambangkan keberanian yang dibutuhkan dalam memulai sebuah bisnis,” jelas Jo Ade, pendiri Wani Kopi yang mendirikan bisnisnya bersama rekannya William Wijaya

Berawal hanya dengan dua pegawai sejak didirikan pada 2018, kini Wani Kopi telah sukses berkembang dan hadir di enam lokasi strategis yang tersebar di Balikpapan dan berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi dua puluh lima pegawai. Dengan konsep unik, yaitu konsep coffee on the go yang dijual di sebuah kontainer besi kecil nan modern yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang, serta berbagai lini produk minuman untuk segala kalangan, baik itu pecinta kopi maupun penikmat minuman non kopi, membuat Kopi Wani dapat diterima di hati masyarakat Balikpapan.

“Menu utama kami yang paling laris, yaitu Kopi Origin, dilahirkan dari proses riset mendalam yang kami lakukan sebelum memulai bisnis ini. Kami mendapatkan respon yang positif setelah mengirimkan kopi tersebut ke keluarga dan para kerabat terdekat, dan dari situ lah kami memberanikan diri untuk membuka Wani Kopi,” tambah Jo Ade.

Seperti bisnis pada umumnya, untuk mencapai kesuksesan Wani Kopi saat ini, banyak tantangan yang telah dilalui dan berbagai macam pelajaran yang didapatkan. Untuk terus berhasil melalui tantangan yang ada, Wani Kopi membagikan tiga tips sukses dalam berbisnis:

  1. Berani untuk berbeda

Terkadang perasaan takut akan perbedaan sering muncul di benak seseorang yang ingin memulai suatu bisnis. Ada rasa takut bahwa produknya tidak akan terjual karena masyarakat sudah senang dengan produk-produk yang sudah ada. Jika tidak memperhatikan perasaan ini dan bertindak dengan keberanian, bisnis yang diciptakan beresiko menjadi mirip dengan bisnis yang sudah lebih dulu hadir di pasaran. Padahal, keunikan suatu produk bisa menjadi key selling point dan membawa kesuksesan jika kualitas tetap diprioritaskan. Walaupun tidak mudah untuk mendorong masyarakat untuk mencoba suatu hal baru, jika perbedaan itu baik, pasti produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh masyarakat dan mulai terbentuk pasarnya.

  1. Matangkan perencanaan dari awal

Sebelum memikirkan keuntungan yang didapatkan, untuk sukses menerjang tantangan yang selalu berdatangan dalam berbisnis, pemilik bisnis atau calon pemilik bisnis harus mematangkan perencanaan bisnisnya sehingga bisnis dapat tetap berjalan dan bahkan tetap berkembang di tengah situasi sulit seperti masa pandemi sekalipun. Perlu dipikirkan siapa pelanggan yang ingin dicapai, lokasi yang cocok untuk produk yang ditawarkan, inovasi menu berdasarkan kegemaran masyarakat, dan kisaran harga yang cocok. Dengan perencanaan yang matang, proses mencari solusi untuk berkembang atau menghadapi suatu tantangan akan menjadi lebih efisien. 

  1. Terbuka terhadap perkembangan zaman

Untuk mempertahankan eksistensi suatu bisnis, diperlukan sikap terbuka terhadap hal baru seperti kemajuan teknologi. Salah satu strategi yang diimplementasikan oleh Wani Kopi adalah menyediakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay yang lebih aman digunakan di masa pandemi karena metode pembayaran contactless dan lebih menarik bagi pelanggan berkat berbagai promo menarik yang dihadirkan. Selain itu, keterbukaan untuk beradaptasi dengan permintaan pelanggan juga dapat menjadi kunci untuk pertumbuhan suatu bisnis. Setelah mendapatkan masukkan dari pelanggan, Wani Kopi pun akhirnya membuka cabang dengan konsep yang berbeda dengan kedai yang pertama dibuka, di mana pelanggan dapat menikmati kopi di gerai-gerai baru tersebut. 

Wani Kopi turut berpartisipasi dalam berbagai kampanye ShopeePay, salah satunya kampanye Cashback Terus yang berlangsung dari tanggal 14-27 Februari. Pelanggan Wani Kopi dapat menikmati berbagai menu yang ditawarkan dengan promo Cashback 80% jika membayar dengan metode pembayaran ShopeePay

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Wani Kopi, silakan kunjungi akun Instagram @kedaiwanikopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper