Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekarang Bisa Jual Produk UMKM Lewat Lelang.go.id, Begini Prospeknya

Dalam situs lelang.go.id terdapat menu kategori khusus bagi produk-produk UMKM. Berdasarkan penelusuran Bisnis, produk yang tersedia di kategori itu cukup beragam, mulai dari makanan hingga hasil kerajinan.
Pelaku usaha UMKM menyiapkan pesanan pembeli yang bertransaksi secara online. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan
Pelaku usaha UMKM menyiapkan pesanan pembeli yang bertransaksi secara online. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dapat menjual barang atau produknya secara lelang, di antaranya melalui situs lelang.go.id. Apakah penjualan produk UMKM secara lelang prospektif dibandingkan dengan metode penjualan lainnya?

Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Joko Prihanto menjelaskan bahwa terdapat berbagai media pemasaran bagi UMKM, mulai dari pasar konvensional hingga platform digital seperti dagang-el (e-commerce). Lalu, terdapat alternatif metode penjualan produknya melalui lelang, baik secara langsung maupun daring.

Joko menjelaskan bahwa dalam situs lelang.go.id terdapat menu kategori khusus bagi produk-produk UMKM. Berdasarkan penelusuran Bisnis, produk yang tersedia di kategori itu cukup beragam, mulai dari makanan hingga hasil kerajinan.

Menurut Joko, terdapat potensi yang baik dari penjualan produk UMKM secara lelang. Penjualan dengan harga tertinggi membuat para pelaku UMKM berkesempatan memperoleh pendapatan lebih dengan mengikuti lelang.

"Terkadang ada masyarakat yang punya kepuasan tertentu kalau menang melalui lelang. Kami yakinkan kepada pelaku UMKM kalau dijual lelang itu harganya pasti lebih tinggi, apalagi kalau lelang benda seni," ujar Joko pada Jumat (18/2/2022).

Dia mencontohkan bahwa dalam gelaran pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu terdapat pelaksanaan lelang produk-produk UMKM. Salah satu cinderamata yang dibuat khusus untuk gelaran MotoGP dilelang dengan harga penawaran Rp320.000 dan terjual Rp2 juta.

Menurut Joko, pihaknya akan menggelar Gebyar Lelang Produk UMKM pada 24 Maret 2022 dengan melibatkan berbagai mitra pembina. Dia menargetkan terdapat 600 pelaku UMKM dengan penawaran minimal 6.000 produk secara lelang.

Dia menjabarkan bahwa terdapat berbagai kemudahan dari penjualan produk UMKM secara lelang di acara tersebut, di antaranya adalah pelaksanaan lelang tanpa uang jaminan dan adanya extended auction. Lalu, penawaran pun berlangsung secara tertutup (close bidding).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper