Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Buka Bisnis Warung Kopi? Segini Perkiraan Biayanya

Umumnya, dana yang dikeluarkan untuk membuka bisnis warung kopi jika Anda sudah ingin memiliki fasilitas yang cukup memadai, Anda dapat mengeluarkan modal sebesar Rp20-30 juta.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  09:57 WIB
Minuman kopi dan lemon yang diklaim bisa menurunkan berat badan - Freepik.com
Minuman kopi dan lemon yang diklaim bisa menurunkan berat badan - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bangun bisnis warung kopi dapat menjadi pilihan ketika Anda berniat memulai usaha, mengingat dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Selain itu dengan tawaran makanan dan minuman kopi dan mie yang terjangkau, bisnis ini dapat dijangkau oleh berbagai target lebih cepat bagi Anda untuk memutarkan uang Anda.

Dalam membangun warung kopi, setidaknya terdapat beberapa modal yang perlu Anda persiapkan. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Pertama, pastikan Anda memiliki gerobak dan kursi. Anda dapat mencari gerobak yang sesuai dengan kenyamanan Anda dan modal Anda. Contohnya, Anda dapat memulai dengan modal sebesar Rp3 juta, yakni sudah biaya dengan kursinya.

Jika Anda sudah mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat menghiasi gerobak Anda dengan lampu. Hal ini dapat mengundang lebih banyak pelanggan.

Peralatan yang Anda butuhkan berikutnya adalah alat masak. Hal ini meliputi dengan kompor gas dan set alat masak seperti wajan, panci, spatula dan lain-lainnya. Dalam peralatan ini, Anda dapat menyiapkan modal sebesar Rp1 juta.

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan set alat makan seperti mangkok, piring, gelas, sendok dan garpu. Anda dapat menyiapkan dana sekitar Rp500-700 ribu.

Kemudian untuk biaya sewa sendiri, Anda dapat menyiapkan dana sekitar Rp2-2,5 juta.

Tentunya dalam menentukan modal, hal ini bergantung dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin menjual kopi yang dijual secara sachet, atau Anda akan membeli mesin kopi sendiri?

Kemudian, apakah Anda hanya menjual satu menu kopi saja atau ada menggunakan bahan lainnya? Dan apakah Anda dapat langsung mempekerjakan karyawan?

Umumnya, dana yang dikeluarkan jika Anda sudah ingin memiliki fasilitas yang cukup memadai, Anda dapat mengeluarkan modal sebesar Rp20-30 juta.

Dana tersebut sudah meliputi adanya kulkas kecil, alat kopi seperti V60, grinder dan lain-lainnya, mesin di kasir, dan berbagai peralatan lainnya.

Namun, jika Anda belum memiliki modal tersebut, Anda dapat memulainya secara sederhana.

Yang paling inti sendiri adalah adanya gerobak dan kursi, set alat masak, alat makan, lampu, tempat sewa, dan yang opsional adalah wifi. Anda juga dapat berjualan tanpa dengan karyawan.

Jangan lupa untuk memasarkan bisnis Anda lewat sosial media. Tawarkan juga pelayanan yang baik, agar para pelanggan merasa betah dan puas di tempat Anda.

Pastikan juga Anda selalu memperhatikan kebersihan dan awasilah keuangan Anda, agar Anda mengetahui perkembangan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda kian berkembang, jangan lupa untuk selalu mengembangkan bisnsi Anda. Hal ini baik untuk menu, kenyamanan, dan fasilitas lainnya, agar semakin banyak masyarakat yang tertarik.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak terjadi dalam semalam. Untuk itu, pastikan Anda terus fokus dan konsisten dalam mengembangkan bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top