Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Jenis Marketing Campaign yang Perlu Anda Ketahui Saat Terjun ke Dunia Bisnis

Dalam marketing, salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah marketing campaign atau kampanye pemasaran. Terdapat banyak jenis kampanye pemasaran yang dapat Anda ketahui, untuk ditetapkan dalam bisnis Anda.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  12:16 WIB
ilustrasi marketing
ilustrasi marketing

Bisnis.com, JAKARTA - Pemasaran menjadi strategi yang penting terutama untuk membangun pertumbuhan dan meningkatkan kesadaran dari suatu merek.

Dalam marketing, salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah marketing campaign atau kampanye pemasaran. Terdapat banyak jenis kampanye pemasaran yang dapat Anda ketahui, untuk ditetapkan dalam bisnis Anda.

Kampanye pemasaran merupakan upaya pemasaran yang ditujukan untuk mempromosikan usaha atau untuk kepentingan tertentu dengan cara menarik perhatian dari konsumen.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tipe dari kampanye pemasaran yang dirangkum oleh Bisnis yang dapat menjadi inspirasi atau ide Anda.

1. Kampanye media secara tradisional

Kampanye ini memanfaatkan media seperti TV, iklan cetak, radio ataupun ikan surat langsung. Contohnya, Anda dapat memasang iklan di media lokal, untuk memberi informasi kepada para masyarakat mengenai bisnis Anda.

2. Kampanye musiman

Kampanye ini sering digunakan jika sebuah bisnis atau perusahaan sedang mengalami gelombang bisnis musiman. Contohnya seperti memberikan diskon atau promo di masa lebaran atau seperti koleksi di musim panas.

3. Kampanye kesadaran merek

Kampanye ini digunakan untuk membangun atau memperkuat kesadaran merek sebuah bisnis atau perusahaan. Hal ini dapat dilakukan untuk mempertahankan popularitas.

4. Kampanye peluncuran produk

Kampanye ini bertujuan untuk menyebarkan kesadaran para pelanggan mengenai produk yang akan diluncurkan. Biasanya kampanye ini menargetkan market tertentu secara spesifik, dengan memanfaatkan berbagai iklan contohnya melalui media sosial dan email pelanggan.

5. Kampanye peluncuran merek

Kampanye ini sama dengan peluncuran produk dimana ingin meningkatkan kesadaran terhadap merek tersebut. Contohnya untuk mengembangkan pasar dan mengiklankan melalui media sosial, diskon, mengirimkan email, dan lain-lainnya.

6. Kampanye rebranding

Kampanye ini digunakan untuk mempromosikan perubahan pada perusahaan, baik untuk logo, merger dan lain-lainnya. Strategi ini dapat dilakukan untuk menarik hati target audiens yang sudah tidak menyukai bisnis tersebut, atau ingin kembali ke industri mereka.

7. Kampanye pemasaran email

Kampanye ini dilakukan untuk mempertahankan hubungan dengan para pelanggan, seperti untuk memberikan penjualan, diskon, kupon, produk dan lain-lainnya.

8. Kampanye turnaround

Jika citra bisnis Anda sedang menurun, terutama dikarenakan kepuasan dari para pelanggan yang menurun, Anda dapat mencoba melakukan strategi ini. Selain itu, kampanye ini juga dapat membantu meningkatkan reputasi brand Anda dikarenakan kampanye ini berfokus untuk meningkatkan customer experience.

9. Kampanye kerjasama

Kampanye kerjasama adalah strategi marketing ketika Anda ingin mengenalkan kerjasama dengan brand lainnya. Hal ini membantu untuk meningkatkan atau memperluas pasar dan dapat membangun kredibilitas atau image perusahaan. Anda dapat melakukannya dengan webinar, produk kolaborasi, dan lainnya.

10. Kampanye kontes (lomba, challenge, give away, dan lainnya)

Konsep pemasaran ini sering digunakan, terutama di masa media sosial. Jenis kampanye ini dapat meningkatkan lalu lintas atau traffic secara organik, sekaligus dapat menyebarkan kesadaran mengenai bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand marketing media
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top