Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kalahkan Warren Buffett, Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Ke-5 di Dunia

Forbes memperkirakan bahwa Adani yang berusia 59 tahun memiliki kekayaan bersih $123,7 miliar, pada penutupan pasar hari Jumat, mengalahkan kekayaan Buffett senilai $121,7 miliar, yang berusia 91 tahun.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 April 2022  |  14:59 WIB
Kalahkan Warren Buffett, Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Ke-5 di Dunia
Gautam Adani, miliarder energi asal India, yang memiliki Adani Group - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kekayaan mogul infrastruktur asal India Gautam Adani terus melesat.

Kini dia menjadi miliarder Asia terkaya dalam sejarah awal bulan ini dan telah melewati posisi Warren Buffett menjadi orang terkaya ke-5 di dunia.

Forbes memperkirakan bahwa Adani yang berusia 59 tahun memiliki kekayaan bersih $123,7 miliar, pada penutupan pasar hari Jumat, mengalahkan kekayaan Buffett senilai $121,7 miliar, yang berusia 91 tahun.

Adani adalah pendiri dan ketua Adani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India. Saham masing-masing bisnis tersebut naik antara 19% dan 195% tahun ini, karena Adani telah memimpin ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara, dan banyak lagi.

Awal bulan ini, International Holding Co. di Abu Dhabi, yang dijalankan oleh saudara laki-laki putra mahkota Uni Emirat Arab, menginvestasikan $2 miliar di tiga perusahaan Adani yang berfokus pada energi hijau. Dia mengatakan ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia, dengan tujuan menginvestasikan hingga $70 miliar ke dalam proyek energi terbarukan.

Putra seorang pedagang tekstil, Adani putus kuliah dan, pada 1988, memulai perusahaan ekspor komoditas. Pada tahun 2008, ia telah menjadi miliarder, bergabung dengan jajaran Forbes untuk pertama kalinya, dengan kekayaan sekitar $9,3 miliar.

Kekayaannya benar-benar mulai meningkat pada awal pandemi Covid-19, setelah memperluas kerajaannya dengan akuisisi besar-besaran seperti pembelian 74% saham di Bandara Internasional Mumbai pada tahun 2020, bandara tersibuk kedua di India, dan pembelian Softbank yang terbarukan senilai $3,5 miliar. unit energi di India. Pada hari Jumat, Adani setuju untuk membeli Ocean Sparkle, perusahaan jasa kelautan terbesar di India, dalam kesepakatan $220 juta.

Bernilai $8,9 miliar hanya dua tahun lalu, kekayaan Adani kemudian melonjak menjadi sekitar $50,5 miliar pada Maret 2021 berkat harga sahamnya yang meroket—kemudian hampir dua kali lipat pada Maret 2022, menjadi sekitar $90 miliar, karena saham Grup Adani naik lebih jauh.

Perkiraan kekayaan bersih Adani sebesar $123,7 miliar menjadikannya orang terkaya di India, $19 miliar lebih kaya daripada orang nomor 2 di negara itu, Mukesh Ambani (yang diperkirakan bernilai $104,7 miliar). Dia melampaui Buffett karena saham investor terkenal Berkshire Hathaway turun 2% pada hari Jumat di tengah penurunan luas di pasar saham AS.

Sekarang hanya ada empat orang di planet ini yang lebih kaya dari Adani, menurut pelacak miliarder real-time Forbes: salah satu pendiri Microsoft Bill Gates (bernilai sekitar $ 130,2 miliar), raja barang mewah Prancis Bernard Arnault ($ 167,9 miliar), pendiri Amazon Jeff Bezos ($170,2 miliar) dan kepala Tesla dan SpaceX Elon Musk ($269,7 miliar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya warren buffett daftar miliarder
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top