Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jejak Bisnis Gautam Adani, Miliarder Asal India Terkaya Se-Asia

Andani sendiri adalah pendiri dan ketua dari Andani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 13 April 2022  |  10:37 WIB
Jejak Bisnis Gautam Adani, Miliarder Asal India Terkaya Se-Asia
Gautam Adani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gautam Adani, merupakan taipan infrastruktur India yang kekayaan bersihnya meroket selama dua tahun terakhir.

Dirinya kemudian menjadi miliarder yang bergabung dengan kelompok elitnya termasuk Elon Musk, Jeff Bezos dan Bill Gates-untuk membanggakan kekayaan lebih dari $100 miliar.

Menurut perkiraan Forbes, Andani merupakan miliarder Asia terkaya yang pernah ada pada penutupan pasar hari Senin, tidak menyesuaikan dengan inflasi.

Profil Andani

Andani sendiri adalah pendiri dan ketua dari Andani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India.

Sebelumnya, Andani memulai perjalanan kewirausahaannya pada tahun 1988 ketika ia memulai perusahaan ekspor komoditas setelah putus kuliah dan menolak toko tekstil ayahnya.

Diketahui kekayaannya naik setelah diumumkan pada hari Jumat bahwa International Holding Co. di Abu Dhabi menginvestasikan sebesar US$2 miliar dalam tiga bisnisnya.

Tiga bisnis yang diinvestasikan tersebut berfokus pada energi hijau yakni Adani Green Energy, Adani Transmission, dan Adani Enterprises.

Dilansir dari Forbes, Andani memiliki 60 persen dari saham Adani Green Energy dan melonjak sebesar 25 persen sejak pengumuman hari jumat.

Kemudian, Adani Transmission dan Adani Enterprises juga baik dengan masing-masing sebesar 11 persen dan tiga persen.

Adani bernilai sekitar US$122 miliar atau setara Rp1.752 triliun pada Senin sore, menurut pelacak miliarder real-time Forbes, menjadikannya orang terkaya di Asia dan orang terkaya No. 6 di dunia.

Perlu diketahui bahwa Andani pertama kali bergabung dengan jajaran miliarder pada 2008 dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$9,3 miliar atau Rp133 triliun.

Namun dilansir dari Forbes, Andani benar-benar mulai mendapatkan momentum pada awal pandemi Covid-19, setelah periode ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara dan banyak lagi.

Adani mengatakan dirinya ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia, dengan tujuan menginvestasikan hingga US$70 miliar ke dalam proyek energi terbarukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top