Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Untung

Blogging adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling populer karena dapat dilakukan dari mana saja. Hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet.
1

Layanan Jasa Transkrip hingga Menjadi Pengisi Survey Berbayar

Ilustrasi - Thenewspaperworks
Ilustrasi - Thenewspaperworks

1. Layanan Jasa Transkrip

Dokter, pengacara, dan bahkan polisi menggunakan layanan transkripsi secara teratur. Dimana, seorang transcriptionist menerima file audio dari klien mereka dan mengetik apa yang mereka dengar. File-file ini biasanya berupa catatan audio medis atau rekaman proses hukum.

Jadi, Anda perlu memiliki kemampuan mendengar yang baik dan dapat menguraikan gumaman atau menyaring suara-suara dari kebisingan latar belakang, serta kesediaan untuk mencari istilah hukum atau medis apa pun yang mungkin jarang Anda ketahui. Tetapi jika Anda memiliki telinga yang baik dan jari yang cepat, ini adalah pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan di rumah.

Untuk memulai usaha sampingan ini, Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet. Tetapi jika Anda benar-benar ingin mengoptimalkan waktu Anda, ada baiknya untuk meningkatkan kecepatan mengetik Anda menjadi setidaknya 75 kata per menit dan berinvestasi dalam terhadap beberapa aset. Sebagian besar perusahaan transkripsi menyarankan tiga hal, yakni sepasang headphone yang bagus, pedal kaki transkripsi guna mengatur audio mulai, berhenti, maju/mundur cepat dan software transkripsi yang kompatibel dengan pedal Anda.

Setelah Anda merasa siap, mulailah melamar di situs seperti TranscribeMe! atau Sinkronisasi. Ada banyak situs yang dirancang untuk mencocokkan transcriptionist dengan pekerjaan.

Saat pertama kali memulai, Anda akan menemukan bahwa tarif pembayaran berkisar antara US$0,50 hingga US$0,60 per menit audio yang ditranskripsi atau sekitar Rp7.000 hingga Rp8.000. Tetapi jangan berkecil hati, ketika Anda telah ahli dalam melakukan transkripsi, maka penghasilan pun akan makin tinggi.

2. Blogger

Blogging adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling populer karena dapat dilakukan dari mana saja. Hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet. Apalagi, bagi yang hobi menulis dan ditambah punya kemampuan menguasai kemampuan SEO (Search Engine Optimization).

Karena, saat ini banyak kebutuhan perusahaan dan start-up yang membutuhkan artikel dengan ketentuan SEO. Terkait gaji dan fee bagi seseorang yang menguasai SEO dan pandai menulis terbilang sangat lumayan. Namun, satu tantangan dari usaha sampingan ini adalah mempelajari cara memulai blog yang menghasilkan uang. Dan apabila Anda masih menjadi blogger pemula, maka penting bagi Anda untuk melakukan personal branding melalui portofolio guna memajukan karir Anda

3. Mengajar Kursus Online

Pekerjaan ini sangat cocok untuk guru atau dosen, terutama bagi Anda yang mengajar pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia. Setiap guru dan dosen bisa mengajar di hari libur dan ini menjadi sebuah usaha sampingan Sabtu Minggu yang patut dipertimbangkan.

Sebagaimana yang diketahui, mata pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia merupakan mata pelajaran yang sulit dicerna. Butuh pengulangan berkali-kali agar setiap murid memahaminya. Sementara waktu belajar di sekolah sangat terbatas. Jasa mengajar les dan kursus sangat dibutuhkan oleh setiap orang tua bagi anaknya yang memiliki kesulitan, terutama dalam mata pelajaran eksakta.

Tak terbatas sampai situ saja, bahkan, jika Anda memiliki keahlian bahasa asing, Anda pun bisa membuka kursus online kemahiran bahasa asing yang digemari.

4. Menjadi Affiliate Marketer

Program affiliate marketer ini sudah banyak dijalankan oleh perusahaan besar di seluruh dunia. Anda hanya perlu mendaftar dan bantu perusahaan untuk memasarkan produk digital yang dimiliki. Untuk setiap produk yang laku terjual dan Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berasal dari rujukan Anda (biasanya melalui tautan atau kode unik). Ini adalah cara yang bagus untuk sebuah pilihan usaha sampingan.

Bahkan, akan sangat bagus apabila Anda memiliki podcast dan berperan sebagai influencer atau memiliki toko sendiri, maka pemasaran afiliasi ini layak untuk dipertimbangkan, sebab dengan cara ini Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif saat Anda yang sesuai dengan passion Anda.

5. Menjadi Pengisi Survey Berbayar

Saat ini cukup banyak platform survey online yang bisa menjadi usaha sampingan di rumah. Ada banyak sekali perusahaan dan peneliti pasar yang ingin mengetahui pendapat orang tentang produk dan layanan mereka. Salah satu cara mereka mengetahuinya adalah dengan meminta konsumen mengisi survei untuk mereka. Mengisi survei mungkin tidak akan mempu membayar keseluruhan tagihan Anda, tetapi ini bisa menjadi penghasilan jajan tambahan yang digunakan untuk berakhir pekan

Menariknya, untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Anda tidak perlu menjadi ahli dalam apa pun, dan Anda tidak perlu memiliki sertifikasi atau gelar apa pun. Jika diterima, Anda akan mendapatkan email berupa survey yang harus Anda lengkapi. Jika sudah selesai, akan ada perhitungan poin yang akan menjadi penghasilan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top