Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Untung

Mengelola akun media sosial dapat berarti berbagai hal. Anda dapat bertanggung jawab untuk sesuatu yang sederhana seperti mengunggah posting harian di Instagram
Ilustrasi/Thenewspaperworks
Ilustrasi/Thenewspaperworks

Mengelola Akun Media Sosial hingga Menjadi Penulis Freelance

6. Mengelola Akun Media Sosial

Mengelola akun media sosial dapat berarti berbagai hal. Anda dapat bertanggung jawab untuk sesuatu yang sederhana seperti mengunggah posting harian di Instagram untuk seorang individu hingga mengelola seluruh portofolio media sosial perusahaan.

Namun hal yang harus dimiliki oleh setiap pengelola media sosial adalah pengetahuan tentang cara kerja algoritma media sosial dan analisis strategi yang baik sesuai dengan perkembangan tren yang ada dan yang menjadi tantangan di usaha sampingan ini, di mana hasil dari konten yang dibuat harus menghasilkan pengikut/followers ataupun transaksi. Itulah sebabnya Anda dibayar.

7. Jual Hasil Fotografi

Ada banyak situs seperti Shutterstock dan iStock Photo yang selalu mencari untuk membeli gambar yang dapat digunakan di situs web dan kampanye iklan. Dan selama web tersebut ada, mereka akan selalu membutuhkan foto baru, karena situs web akan selalu perlu memperbarui dan menyegarkan kontennya.

Anda pun dapat menjual hasil fotografi Anda untuk diprint atau dicetak dan meletakkannya di mug atau kaus. Sehingga, gambar yang Anda miliki dapat terjual secara fisik sebagai seni yang dapat digantung dan dikenakan. Anda juga dapat menjual fotografi Anda sebagai layanan. Menyediakan jasa fotogafi pernikahan bisa menjadi pekerjaan penuh waktu.

Tak hanya itu, bahkan keahlian Anda dalam memotret, bisa digunakan untuk berbagai keperluan event, seperti konser, wisuda, foto keluarga tahunan, kelahiran anak dan lain-lain. Hal ini akan makin berharga, apabila Anda tahu cara mengambil foto yang bagus dan cara mengeditnya, maka usaha sampingan ini bisa sangat menjanjikan keuntungan.

8. Menjadi Dropshipper

Dropship adalah contoh usaha sampingan yang menguntungkan. Dropship sendiri adalah upaya menjualkan produk milik orang lain. Namun, berbeda dengan reseller, Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Di mana, sistem kerjanya adalah Anda menjalin kerja sama dengan produsen atau supplier. Lalu, memasarkan produk mereka. Bisa melalui sosial media, website hingga marketplace.

Lalu, apabila ada yang membeli produk, Anda bisa menghubungi supplier. Nantinya, mereka-lah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. Bagaimana dengan keuntungannya? Dari selisih penjualan yang dilakukan. Anda bebas menentukannya. Misalkan harga produk dari produsen atau supplier Rp50ribu, Anda bisa menjualnya lagi Rp 60ribu.

9. Menjadi Penguji Game dan Aplikasi

Banyak perusahaan yang membuat aplikasi ataupun game. Sehingga, untuk menghindari situs web ataupun aplikasi yang tidak berfungsi, maka para developer (pengembang) akan meminta penguji untuk masuk dan mencoba semua tautan dan bermain dengan semua tombol untuk memastikan semuanya berfungsi sebelum ditayangkan.

Sebagian besar situs dan aplikasi membutuhkan waktu sekitar lima hingga 30 menit untuk menguji, dan rata-rata Anda akan dibayar sekitar US$10 per pengujian atau sekitar Rp148.000. Tapi itu juga akan sangat bergantung pada situs dan seberapa luas pengembang ingin Anda mengujinya.

Ada banyak situs perjodohan yang dapat menghubungkan Anda ke berbagai jenis situs web dan Anda diwajibkan untuk menguji aplikasi tersebut. Beberapa pertunjukan kompetitif bahkan menawarkan US$100 untuk tes 60 menit atau sekitar Rp1 juta.

Pastikan untuk membaca parameter pengujian klien Anda secara menyeluruh. Beberapa hanya ingin Anda mengisi survei sesudahnya, sementara yang lain menginginkan rekaman audio dan video Anda melalui situs web atau aplikasi mereka yang dilengkapi dengan laporan tertulis. Tetapi selama Anda memiliki komputer dan koneksi internet yang stabil, Anda bisa memilih opsi ini.

10. Menjadi Penulis Freelance

Menulis itu bukan sekedar hobi. Saat ini, Anda bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai peluang usaha sampingan online. Banyak kesempatan yang bisa Anda dapatkan, dari pekerjaan menulis artikel blog, menulis buku, caption di Instagram dan lainnya.

Tentunya, agar bisa menarik klien, Anda perlu menunjukkan keahlian Anda terlebih dahulu. Misalnya, dengan memanfaatkan blog Anda. Tampilkanlah portofolio terbaik Anda di blog tersebut. Cara lainnya, Anda bisa mendaftar di berbagai situs kerja. Saat ini telah banyak penyedia lapangan kerja online yang mencari penulis lepas seperti di Freelancer.co.id. Atau, Anda bisa bergabung menjadi kontributor di situs berita online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper