Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Syarat dan Biaya Franchise Foodpedia, Omzet Bisa Capai Ratusan Juta Rupiah

Foodpedia didirikan oleh Venjii Hernando di sebuah komunitas bisnis kuliner yang ada di Kaskus.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  22:42 WIB
Syarat dan Biaya Franchise Foodpedia, Omzet Bisa Capai Ratusan Juta Rupiah
Foodpedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cafe dan resto selalu menjadi unit bisnis yang selalu dilirik bagi para pebisnis. Salah satunya adalah Foodpedia, sebuah franchise café resto yang menyajikan banyak sajian berkualitas dan beragam, mulai dari makanan utama, camilan, minuman, hingga dessert.

Adapun, brand franchise ini sudah memiliki ratusan cabang di sekitaran perkantoran dan area kampus. Hal ini kian membuktikan, bahwa franchise seperti Foodpedia, memang memiliki pasarnya yang luas, serta punya peluang tinggi untuk bertahan dan selalu berinovasi.

Lantas apa saja syarat, biaya hingga prosedur untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan franchise Foodpedia? Simak ulasan Bisnis berikut ini.

Profil Foodpedia by Pasta Kangen

Foodpedia didirikan oleh Venjii Hernando di sebuah komunitas bisnis kuliner yang ada di Kaskus. Semula, komunitas ini bertujuan untuk membantu dan membimbing para pengusaha dalam membangun bisnis cafe & bisnis kuliner.

Tak hanya membimbing, lalu pada tahun 2015, Foodpedia & Pasta Kangen pun tercipta akibat ketidakpuasan dengan sistem franchise yang sudah ada, yang umumnya lebih banyak menguntungkan pihak Franchisor daripada mitranya dan maraknya investasi bodong.

Sehingga, Foodpedia pun lahir sebagai usaha kuliner berbasis komunitas yang hadir pertama kali di Indonesia, di mana seluruh anggota dari Foodpedia dan semua mitra yang bergabung melebur menjadi satu dan saling bersinegri dalam mengembangkan Foodpedia ini. Mereka saling membantu dalam hal berbisnis, misalnya saja seperti modal dan lain halnya.

Adanya kerjasama yang baik tersebut tentunya tak lagi mengherankan jika akhirnya Foodpedia semakin berkembang dan dapat terus bertahan di tengah Pandemi ataupun persaingan pasar yang ada. Bahkan, hanya dalam waktu 37 bulan sejak dijalankan. Kini, per Agustus 2022, Foodpedia sudah memiliki 500 lebih cabang yang tersebar hingga ke 64 kota di Indonesia.

Syarat Franchise Foodpedia by Pasta Kangen

Apabila melansir dari laman resmi Foodpedia Corp, tidak ada syarat khusus mengenai kriteria calon mitra. Bahkan, bisnis ini terbilang sangat terbuka bagi calon mitra yang belum memiliki pengalaman sama sekali di bidang Food and Beverage.

Namun, ada beberapa standar operasional yang ditetapkan oleh pihak manajemen Foodpedia ketika mitra sudah melakukan kontrak kerja sama, yakni untuk menjaga keseragaman outlet, kualitas dan hasil. Maka, segala renovasi outlet mitra wajib menggunakan kontraktor yang ditunjuk oleh pusat. Selain itu, mitra pun diwajibkan untuk menyeragamkan interior khas Foodpedia hingga 90%.

Sementara, terkait penentuan lokasi, pihak Foodpedia pusat akan turut membantu mitra dalam melakukan survei. Terkait royalty fee, untuk bisnis franchise ini, Foodpedia tidak membebankannya kepada mitra. Sehingga, keuntungan sepenuhnya adalah milik mitra. Namun, dengan catatan royalty fee sebesar 2,5% dari nett profit wajib disumbangkan ke anak yatim dhuafa disekitar outlet mitra sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan dalam berbisnis.

Biaya Franchise Foodpedia by Pasta Kangen

Ketika Anda ingin membuka franchise Foodpedia, tentunya Anda harus menyiapkan dan membayarkan sejumlah dana. Adapun, melansir dari Foodpedia Corp, disebutkan bahwa ada tiga paket usaha yang ditawarkan per Agustus 2022.

1. Paket Small (Rp197 juta hingga Rp365 juta)

Konsep ini mengusung bisnis kuliner dengan skala kecil. Dengan biaya berkisar Rp197 juta hingga Rp365 juta, Anda sudah mendapatkan beberapa fasilitas, seperti, bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet, gratis bimbingan usaha selama 1 tahun dan potensi omzet sampai dengan Rp150 juta per bulan.

2. Paket Medium (Rp472 juta hingga Rp791 juta)

Konsep ini mengusung bisnis kuliner dengan skala menengah. Terkait fasilitas bantuan yang didapatkan hampir sama, seperti, bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet. Hal yang membedakan adalah kurun waktu dan keuntungan yang didapatkan. Di mana dengan paket ini, maka mitra mendapat gratis bimbingan usaha selama 5 tahun dan potensi omzet sampai dengan Rp450 juta per bulan.

3. Paket Large (Rp1 miliar hingga Rp2,8 miliar)

Konsep ini mengusung bisnis kuliner dengan skala besar. Terkait fasilitas bantuan yang didapatkan sama persis, seperti, bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet.
Menariknya, meski biaya franchise cukup tinggi, namun ada keuntungan yang sangat menarik. Di mana mitra yang membeli paket ini, maka akan mendapat gratis bimbingan usaha selama seumur hidup dan potensi omzet sampai dengan Rp900 juta per bulan.

Keunggulan Franchise Foodpedia by Pasta Kangen

Melansir dari laman resminya, disebutkan ada beberapa alasan mengapa Foodpedia lebih unggul dibanding sistem franchise lainnya.

1. Biaya terjangkau. Harga yang ditawarkan oleh Foodpedia 3 sampai 5 kali lebih murah daripada waralaba sejenisnya. Umumnya waralaba jenis restoran atau cafe seharga Rp800 juta, namun di Foodpedia hanya mulai dari Rp197 juta saja.

2. Inovasi menu secara berkala. Dalam 6 bulan sekali Foodpedia by Pasta Kangen memiliki menu baru untuk meningkatkan omset agar tidak monoton. Menu yang dijual pun bukan produk musiman yang sekedar mengandalkan tren lalu tutup.

3. Tidak adanya monopoli harga bahan baku. Umumnya di franchise lain mitra diwajibkan membeli bahan baku dari pusat dengan harga yang lebih mahal daripada harga pasaran, tentunya hal ini sangat tidak menguntukan bagi mitra. Disini mitra diperbolehkan membeli bahan baku dimanapun sesuai standarisasi dengan syarat harganya harus lebih murah.

4. Foodpedia by Pasta Kangen mendukung kreasi menu dari mitra, mitra diizinkan menambahkan menu dengan dibantu tenaga ahli dari kami agar produk lebih berkualitas. Dengan kebijakan ini, mitra dapat menambah pemasukan dan meraih pasar catering dengan menu yang lebih variatif lagi dimana hal ini tidak bisa didapatkan di waralaba lain karena larangan penambahan menu.

5. Investasi lebih hemat. Sebagai bisnis kuliner dengan sistem komunitas di Indonesia, di mana mitra menjadi satu keluarga besar yang saling bahu membahu demi kesuksesan bersama. Maka, apabila mitra ingin melakukan investasi dengan mendirikan bisnis kuliner seperti franchise restoran kelas menengah keatas yang besar dan luas dengan anggaran lebih dari Rp 3 miliar, pihak Foodpedia akan membantu mendirikan jenis usaha yang sama hanya dengan Rp1 miliar saja. Sehingga, Anda bisa hemat Rp2 miliar.

Cara Bergabung Menjadi Mitra Franchise Foodpedia

Setelah mengetahui persyaratan dan biaya yang harus Anda penuhi, maka selanjutnya adalah mengetahui beberapa tahapan terkait alur kerja sama franchise Foodpedia.

Tahap 1: Hubungi manajemen Foodpedia by Pasta Kangen melalui fitur Live Chat yang tertera di pojok kanan bawah dari laman resmi foodpediacorp.com. Atau Anda juga bisa kirimkan pesan Whatsapp atau telepon ke 0821-1398-1548

Tahap 2: Setelah Anda mengetahui informasi lengkap seputar Foodpedia, maka Anda juga bisa mengonsultasikan segala hal tentang membangun bisnis kuliner dengan tim pusat Foodpedia.

Tahap 3: Tim pusat Foodpedia akan membantu dalam pencarian & survei lokasi sampai mitra mendapatkan lokasi terbaik. Setelahnya akan ada penilaian laporan mengenai kelayakan lokasi dan rekomendasi usaha, serta membuat desain tiga dimensi untuk outlet yang akan dibangun. Anda juga harus melunasi pembayaran franchise dan tanda tangan MOU. Selain itu, akan diadakan pelatihan SDM, serta penyerahan SOP dan desain promosi dalam bentuk softcopy.

Tahap 4: Setelah outlet Anda jadi, nantinya pihak Foodpedia akan mengirimkan unit-unit/perlengkapan usaha dan Anda bisa langsung melakukan grand opening dan promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchisee franchise bisnis franchise master franchise restoran restoran korea
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top