Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Daftar TikTok Shop Seller Agar Jualan Online Makin Efektif

TikTok Shop dianggap efektif, karena mampu menyatukan seller, konsumen, dan kreator pada TikTok Shop sehingga memperluas jangkauan pasar sebuah bisnis.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  13:53 WIB
Cara Daftar TikTok Shop Seller Agar Jualan Online Makin Efektif
TikTok Shop - Pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara daftar TikTok Shop Seller kini banyak dicari orang. Pasalnya, di Indonesia pengguna TikTok telah mencapai jutaan.

Bahkan, TikTok Shop dianggap efektif, karena mampu menyatukan seller, konsumen, dan kreator pada TikTok Shop sehingga memperluas jangkauan pasar sebuah bisnis.

Sehingga, bagi Anda para pebisnis yang menjual secara online, ini adalah sebuah peluang yang bagus untuk menjual produk melalui TikTok.

TikTok Shop Seller sendiri adalah sebuah layanan e-commerce dari TikTok. Melalui layanan ini, Anda dapat melakukan jual beli barang atau produk melalui TikTok. Berbeda dengan marketplace lain yang mengandalkan SEO, di TikTok Anda harus membuat konten untuk menampilkan produk Anda.

Cara Daftar Akun di TikTok Shop Seller

Lantas, bagaimana cara daftar TikTok Shop Seller? Berikut ini langkah-langkah mendaftar untuk akun TikTok Shop Seller Anda.

1. Akses Website TikTok Shop Seller

Untuk mendaftar akun TikTok Shop Seller, Anda harus mengunjungi website resmi https://seller.tiktok.com/. Anda juga bisa menggunakan akun pribadi (yang sudah terdaftar) atau membuat akun khusus baru. Adapun, TikTok Shop untuk seller memang punya service yang berbeda dari aplikasi TikTok itu sendiri.

2. Lengkapi Informasi Toko Online

Setelah Anda berhasil mendaftar dan ‘log in’ ke akun TikTok Shop Seller, maka langkah selanjutnya adalah lengkapi informasi toko online Anda pada menu ‘Profil Penjual’. Beberapa informasi yang perlu diisi, antara lain alamat yang benar dan lengkap, nomor telepon yang aktif, dan keterangan lain yang perlu. Centang 'set as return address' jika alamat retur barang sama dengan pengiriman. Alamat ini juga berfungsi agar kurir bisa tepat mendatangi lokasi Anda.

3. Verifikasi Dokumen

Sebagai seller, supaya Anda dapat berjualan di TikTok Shop, Anda pun diwajibkan untuk melakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu. Sebelum Anda terverifikasi, produk Anda tidak akan terlihat oleh pembeli.

Jika bisnis perorangan, maka verifikasi dokumen bisa dengan mengunggah foto KTP dan passport. Namun, apabila jenis bisnis yang Anda jalankan adalah korporasi, maka Anda perlu mencantumkan NIB (Nomor Induk Berusaha), sebagai identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS.

Setelah itu, masukkan informasi nama toko Anda, lalu unggah dokumen yang dipersyaratkan sesuai jenis bisnis yang Anda pilih. Klik Submit jika semua sudah lengkap. Proses verifikasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja (tidak termasuk sabtu dan minggu), jika proses verifikasi melebihi waktu ini, anda dapat menghubungi customer service dari pihak TikTok dengan akses seller.tiktok.com

4. Tambahkan Produk

Tahap ini, Anda dapat menambahkan produk yang akan Anda jual. Lengkapi informasi produk Anda mulai dari nama produk, kategori, spesifikasi, foto atau gambar produk, informasi detail, varian, harga, jumlah, dan informasi pengiriman.

Tentu saja, dalam proses ini Anda harus mengisi semua data dengan lengkap, melampirkan foto dengan jelas, agar mendapatkan persetujuan. Perlu beberapa waktu untuk produk baru anda benar-benar terbit, TikTok akan melakukan moderasi terlebih dahulu terhadap produk baru anda.

5. Hubungkan ke Rekening Bank

Setelah verifikasi selesai, maka langkah selanjutnya adalah hubungkan rekening bank Anda ke akun TikTok Shop Seller. Dengan cara, ke homepage, lalu pilih Link Bank Account. Penghasilan dari jualan di TikTok pada akhirnya akan masuk ke dalam rekening ini.

Apabila semua tahapan sudah selesai, Anda pun dapat menikmati seluruh fitur di TikTok Shop. Salah satu fitur penting yang akan terbuka adalah TikTok Affiliate, yang memudahkan Anda untuk membuat program promosi produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TikTok tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top