Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Sukses Memulai Bisnis Pet Shop

Berikut tips sukses dari Bisnis dalam memulai bisnis pet shop yang harus Anda perhatikan sebelum memulainya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  15:22 WIB
Tips Sukses Memulai Bisnis Pet Shop
Pet shop
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis pet shop memiliki potensi keuntungan yang cukup menjanjikan. Sebab, ada banyak orang yang hobi memelihara hewan.

Begitu pentingnya keberadaan binatang peliharaan, membuat si pemilik tak pernah sayang dalam mengeluarkan uang banyak untuk memberikan layanan kesehatan dan perawatan untuk hewan peliharaannya. Inilah yang membuat bisnis pet shop terus hidup dan semakin naik daun.

Dengan menunjukkan adanya tren positif di bisnis pet shop. Nyatanya, terdapat kendala yang harus dihadapi, yaitu terkait banyaknya para pesaing baru. Tantangan ini mesti dibaca oleh setiap pelaku bisnis pet shop.

Untuk pebisnis, sangat penting untuk melahirkan poin-poin pembeda dengan bisnis pet shop lain agar pelanggan bisa terus setia. Pembeda ini bisa dari segi fasilitas, kedekatan dengan tempat tinggal, hingga servis yang maksimal. Tertarik untuk mencoba?

Berikut tips sukses dari Bisnis dalam memulai bisnis pet shop yang harus Anda perhatikan sebelum memulainya.

1. Buat Rencana Bisnis

Berdasarkan Indeed, rencana bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan.

Bagian yang utama dari rencana bisnis Anda adalah penetapan harga Anda, yang menunjukkan berapa banyak Anda mengenakan biaya untuk produk dan layanan bisnis Anda. Teliti harga pesaing Anda sebagai titik referensi untuk keputusan penetapan harga. Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan, Anda juga harus perhatikan kebersihan toko.

2. Konsep One Stop Service

Terapkan one stop service untuk menarik costumer. Dalam bisnis pet shop, Anda bisa menyediakan berbagai kebutuhan hewan peliharaan mulai dari makanan, vitamin, aksesoris, mainan, dan lain-lain. Untuk lebih menarik customer, sediakan juga layanan jasa seperti grooming dan penitipan hewan. Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

3. Mencari Supplier Produk

Berdasarkan Animal Course Direct, untuk memenuhi kebutuhan penjualan, Anda harus mencari terlebih dahulu pemasok produk. Anda perlu meneliti dengan cermat dan memutuskan pemasok mana dan produk apa yang ingin Anda pesan dari mereka, tentunya dengan menyesuaikan anggaran. Pilih yang memberikan Anda harga terbaik, menyediakan produk berkualitas, serta dapat dipercaya.

Anda bisa mencarinya melalui informasi di internet atau melalui kontak kerja sama yang biasa ditemukan pada kemasan produk. Supaya bisnis bisa menguntungkan, maka carilah pemasok yang dapat memberikan harga terjangkau dan produk berkualitas. Pastikan juga, setelah Anda mendapatkan supplier, Anda pun harus punya hubungan yang baik dengan mereka guna kepentingan untuk bisnis jangka Anda, seperti soal kesepakatan harga pengiriman hingga fasilitas yang didapatkan.

CEO Frontera Pet Indonesia Bayu Wahyudi pun menyarankan dalam memilih distributor, sebaiknya yang menyediakan fasilitas “one stop shopping” karena, hal tersebut bisa menjadi pilihan masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis, tanpa harus repot-repot mencari banyak distributor.

4. Ketersediaan Stok

Anda harus menyiapkan stok makanan hewan karena umumnya customer yang datang ke pet shop ingin membeli makanan hewan peliharaan mereka. Sediakan berbagai pilihan mulai dari berbagai macam brand dengan harga yang bervariasi, sehingga customer bisa memilih. Selain makanan hewan, stok vitamin dan obat-obatan juga jangan sampai kehabisan karena permintaannya cukup banyak. Dengan begitu, hubungan antar mitra dan pemasok haruslah baik dan saling mengerti bahwa saat ini bisnis telah masuk ke industri modern, dimana segala sesuatunya harus serba cepat, instan, super komplit.

Sangat penting bagi mitra untuk mengetahui model bisnis suatu perusahaan supplier untuk bisa menunjang kebutuhan. Adapun contoh perusahaan yang sedang melakukan akselerasi bisnis, ialah Frontera Pet Indonesia yang sedang menambah unit armada setiap bulannya dan membuka gudang baru, sehingga kebutuhan mitra terpenuhi tanpa harus menunggu lama dan selalu ready stock.

“Bahkan, para mitra khususnya di Jawa Barat juga tidak perlu repot-repot datang ke gudang Frontera karena dari tim Frontera Pet Indonesia yang akan berkeliling di seluruh wilayah Jawa barat untuk collect order kepada setiap mitra dan calon mitra selanjutnya, dan marketing area kami ini akan rutin mengunjunginya,” ungkap Christine, Marketing Frontera Pet Indonesia.

5. Terapkan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran penting untuk menjalani sebuah bisnis yang sukses karena memungkinkan pebisnis untuk menyebarkan kesadaran akan produk dan layanan mereka dan menarik pelanggan yang membayar. Anda dapat merancang iklan, membuat situs web, membangun platform media sosial atau bermitra dengan bisnis lain untuk memasarkan merek Anda. Anda juga dapat terlibat dalam sponsor acara atau ikut dalam suatu komunitas.

Frontera Pet Indonesia sendiri menyediakan semua kebutuhan hewan peliharaan mulai dari produk makanan, vitamin, obat-obatan, dan accessoris. Frontera Pet Indonesia sendiri telah dipercaya mampu memenuhi kebutuhan pasar khususnya di pet shop dan poultry. Dengan omzet yang signifikan, membuat perusahaan ini juga sudah memiliki produk import sendiri yakni produk Millet yang telah tersebar ke beberapa perusahaan di Indonesia, utamanya di kawasan Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

petshop tips bisnis tips bisnis online peluang bisnis kiat bisnis kiat bisnis online
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top