Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi dari Cireng Salju hingga Kelola Multi Bisnis

Muhammad Catur Gunandi termasuk pengusaha yang bisa bertahan dari terpaan pandemi.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 18 September 2022  |  18:09 WIB
Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi dari Cireng Salju hingga Kelola Multi Bisnis
Muhamad Catur Gunandi -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Faktor keberhasilan pengusaha tidak terbatas hanya pada modal uang saja karena pengusaha merupakan dunia yang dinamis sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi.

Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan karakter yang proaktif, penuh semangat, dan bisa memulai sesuatu sendiri. Dengan sikap ini, selalu saja ada jalan bagi orang yang berjiwa pengusaha, untuk bisa meningkatkan serta mengembangkan sebuah bisnis.

Setidaknya, itu yang telah dilakukan Muhamad Catur Gunandi atau akrab disapa Mister Catur, yang berhasil mengelola multi bisnis dalam waktu yang bersamaan.

Padahal, 24 jam kadang tidak cukup untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dan gagasan untuk mendirikan dua bisnis pada waktu yang sama mungkin terdengar sedikit gila. Tetapi percaya atau tidak, hal itu bisa dilakukan, dan dengan sukses besar. Lantas, seperti apa sosok Mister Catur ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Manfaatkan Kreatifitas dan Kecerdasan dalam Beriwirausaha

Di tengah perjalanan bisnis yang sedang digeluti, pasti akan terdapat hambatan atau masalah yang menjegal. Oleh karena faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah kecerdasan Anda dalam berwirausaha.

Apabila saat pandemi, banyak bisnis yang gulung tikar akibat penjualan menurun. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi Mister Catur, justru dia mengubah tantangan ini jadi suatu peluang, bisnis kulinernya yaitu Cireng Salju Bonju yang telah dirintis bersama dua rekannya sejak 2014, ternyata membawa berkah tersendiri baginya.

Melansir dari Bisnis, naiknya penjualan cireng tersebut, juga karena inovasinya membuat cireng hitam yang membuat orang penasaran. Sebab, umumnya cireng yang berbahan dasar aci ini selalu identik dengan warna putih. Namun, untuk membuat suatu bisnis unggul di pasaran, perlu suatu pembeda, di mana jajanan ini pun dimodif dengan warnanya yang hitam.

Adapun, inovasinya bukan hanya soal warna, tapi juga adanya kandungan karbon aktif khusus yang punya manfaat untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh dan baik untuk melancarkan pencernaan. Bahkan, konsep frozen food pun mereka kembangkan untuk memperluas target pasar.

Rupanya langkah ini berjalan sesuai dengan keinginan. Meski usaha ini berawal dari konsep rumahan, Cireng Salju berkembang sangat pesat, dan Catur membuktikan bisnisnya mampu memberikan omzet hingga milyaran per bulan.

Dengan menggunakan konsep distributor dan reseller dalam memasarkan produknya, membuat bisnisnya kini telah menjangkau berbagai wilayah di Indonesia bagkan ke beberapa negara lain seperti Malaysia, Thailand, Belanda, Mesir, Qatar, Taiwan, Kanada, Australia, Hungaria, Jerman dan Jepang.

Hal ini, membuktikan bahwa kreativitas sangat diperlukan untuk menjadi berbeda dengan kompetitor. Menjadi beda dan unik sangat berpotensi membuat sebuah bisnis dapat berkembang.

Paham Kondisi Pasar Jadi Hal Esensial Bagi Pengusaha

Kemampuan Mister Catur menjadi dalam membaca tren dan momentum, menjadikan dirinya dikenal sebagai entrepreneur yang bertangan dingin, karena mampu mewujudkan usaha untuk terus positif dan berkelanjutan.

Dalam kurun waktu yang berdekatan, diketahui dirinya mendirikan dan mengembangkan perusahaan-perusahaan yang kini menjadi perusahaan cukup dikenal. Mulai dari bidang mining contractor services dan construction services hingga melayani logistic dan pengangkutan khususnya di industri pertambangan.

Kemudian, tahun 2020 Mister Catur membaca bisnis material komposit dan pipa industri akan berkembang. Mengawali bisnis dengan omzet Rp4 miliar, kemudian hanya dalam satu tahun meningkat menjadi Rp50 miliar dan di tahun 2022 ini diproyeksikan akan mencapai Rp100 miliar.

Dia pun sempat menggeluti bisnis sebagai distributor resmi composite material “Tufftrack®” dan distributor resmi Fiberglass Reinforcement Pipe (RFP).

Semua perusahaan gemilang di bidangnya, dan mampu membukukan revenue yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Omzet total keseluruhan perusahaannya terus di genjot, dan Mister Catur yakin dari revenue yang awalnya Rp800 miliar per tahun akan segera mencapai Rp2 triliun per tahun.

Membaca peluang pasar adalah hal yang esensial bagi seorang pengusaha dan merupakan pondasi paling dasar yang harus dibangun saat ingin bergelut di dunia bisnis. Tak hanya itu, penting untuk memposisikan diri sebagai penyedia solusi untuk setiap permasalahan banyak orang, maka di situlah ada peluang. Komitmen dan konsisten jadi kunci bagaimana dirinya sukses dalam menjalankan multi bisnis

Bahkan, sebagai lulusan Teknik Penerbangan, Institut Teknologi Bandung, di tahun 2021 lalu, dia turut mendirikan sebuah perusahaan, PT HM Aviation, konsultan penerbangan spesialis lessor konsultan, training dan suku cadang aviasi.

Per September 2022, diketahui Mister Catur sedang mengembangkan usahanya di bidang konstruksi dan proyek pertamanya yakni pembangunan perumahan subsidi di Banten, kemudian menjadi konsultan pembangunan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokoh bisnis pebisnis kiat bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top