Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tertarik Buka Bisnis Toko Emas? Segini Modal yang Perlu Anda Persiapkan

Ketahui berapa modal bisnis yang harus disiapkan dan dikeluarkan ketika baru memulai bisnis toko emas
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 19 September 2022  |  17:30 WIB
Tertarik Buka Bisnis Toko Emas? Segini Modal yang Perlu Anda Persiapkan
Seorang pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018). - Bisnis/Arief Rahman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka bisnis toko emas selalu punya peluang usaha yang menjanjikan.

Selain, karena permintaan dan jual beli emas biasanya juga meningkat pada masa-masa tertentu seperti menjelang Lebaran.

Banyaknya keinginan masyarakat untuk memiliki emas, karena harga jual emas selalu naik dan nilainya tak akan menyusut tiap waktu, membuat pasar emas pun menjadi tinggi.

Tentu keuntungan dalam membuka bisnis toko emas, didapatkan dari selisih atau potongan harga yang diberikan kepada pembeli pada saat ingin menjual kembali emas tersebut ke toko.

Bahkan, ada beberapa juga yang mendapatkan keuntungan dari ongkos bikin perhiasan emas. Keuntungan tersebut didapatkan per gram untuk potongan, sedangkan ongkos bikin dihitung per barang. Semakin rumit model perhiasan, biasanya ongkos bikin juga lebih mahal.

Lantas, berapa modal yang diperlukan untuk membuka bisis toko emas? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Modal Bisnis Toko Emas

Modal yang dikeluarkan untuk membuka bisnis perhiasan memang tidak sedikit.

Hasil penelusuran Bisnis menemukan, bahwa bagi Anda pelaku bisnis besar menurut Deny Ong, Direktur Keuangan PT Hartadinata Abadi Tbk, maka untuk membuka bisnis toko emas dari jaringan waralaba, seseorang harus memiliki modal sekitar Rp4 miliar.

Modal tersebut untuk toko seluas 25 meter persegi dan dialokasikan Rp3,2 miliar untuk stok awal perhiasan serta biaya waralaba Rp 500 juta untuk lima tahun. Sisanya untuk hal lain, seperti sewa dan renovasi toko.

Sementara, jika Anda tidak punya kemampuan finansial hingga nilai miliar, Anda juga bisa mendirikan bisnis toko emas sebagai penjual kecil. Di mana, Anda memerlukan lokasi dan beberapa peralatan.

Untuk mendapatkan lokasi toko yang strategis bisa meningkatkan penjualan Anda. Banyak dari penjual toko emas membuka jualannya mulai dari pasar, ruko, dan mal. Umumnya toko emas dibuka di tempat keramaian, adapun kisaran biaya sewa lokasi kini mencapai Rp20 juta. Lalu, Anda juga harus mempersiapkan etalase toko emas, seharga Rp5.000.000/meter

Apabila, Anda ingin menekan biaya dengan lebih minim. Maka, membuka toko online, menjadi solusi. Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa lokasi toko yang strategis dan pastinya biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Bahkan dananya dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lain seperti memperbanyak stok dan melakukan promosi digital.

Adapun, menurut Semar Nusantara, untuk membeli emas, maka setidaknya Anda harus menyiapkan modal untuk membeli 10 gram, dengan harga per gram Rp850.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toko emas peluang bisnis Emas Perhiasan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top