Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips, Syarat dan Tahapan Membuka Usaha Toko Emas

Anda dapat menjual emas dari apa yang Anda sudah miliki. Anda dapat menjualnya kepada tetangga Anda, teman kerja, dan lain-lainnya. Dari margin yang Anda peroleh, Anda dapat membeli emas baru hingga lama-lama emas Anda semakin bertambah. Namun tahapan yang penting adalah Anda bisa memulainya dahulu.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 20 September 2021  |  15:10 WIB
Tips, Syarat dan Tahapan Membuka Usaha Toko Emas
Seorang pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018). - Bisnis/Arief Rahman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka toko emas merupakan bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan aset lebih banyak lagi. Namun dalam membuka bisnis toko emas, terdapat beberapa aspek yang dapat Anda ketahui.

Membuka toko emas dapat menjadi pilihan bagi Anda, terutama jika ingin berbisnis untuk mendapatkan investasi lebih banyak lagi.

Dilansir dari channel Youtube Emas Berlian Corporation #UMKMEmas (17/06/21) keuntungan dari berbisnis emas adalah bisa menjaring aset lebih banyak lagi, tidak basi, tidak mengikuti tren dan ketika dijual lagi tidak menjadi bekas.

Dari sisi menjual dan membeli, keduanya juga sama-sama diuntungkan. Penjual bisa mendapatkan untung dengan menjual kepada konsumen, dan ketika membeli dari konsumen juga menjadi untung dikarenakan investasi.

Untuk lebih rincinya, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk membuka toko emas.

1. Mulailah dari emas yang Anda miliki

Anda dapat menjual emas dari apa yang Anda sudah miliki. Anda dapat menjualnya kepada tetangga Anda, teman kerja, dan lain-lainnya. Dari margin yang Anda peroleh, Anda dapat membeli emas baru hingga lama-lama emas Anda semakin bertambah. Namun tahapan yang penting adalah Anda bisa memulainya dahulu.

2. Memahami prinsip dalam berdagang emas

Pada dasarnya, dengan menjual emas bukan untuk mencari keuntungan, namun dapat menambah aset emas tanpa menggunakan uang sendiri yakni dari uang yang diperoleh dari margin. Anda juga harus memahami istilah jual beli dan menawarkan ke masyarakat namun tidak secara vulgar.

3. Persiapkan lisensi

Tahapan ini dapat menjadi opsi bagi Anda. Namun jika Anda ingin membuka toko emas secara fisik, Anda memerlukan lisensi terutama jika tidak datang dari keluarga yang memiliki toko emas. Lisensi ini dapat membantu Anda memeroleh kepercayaan dari masyarakat lebih lagi.

Pastikan Anda juga menjual dan membeli emas disaat yang tepat. Anda dapat menjual emas ketika harga sedang naik, dan membeli ketika harga emas sedang turun. Anda dapat mengecek melalui online untuk mengetahui harga emas.

4. Carilah lokasi yang strategis

Mendapatkan lokasi toko yang strategis bisa meningkatkan penjualan Anda. Banyak dari penjual toko emas membuka jualannya mulai dari pasar, ruko, dan mal. Umumnya toko emas dibuka di tempat keramaian.

5. Jaga kepercayaan pelanggan

Menjaga kepercayaan pelanggan adalah modal utama dalam semua usaha. Pastikan kualitas emas yang Anda jual bagus dan sesuai dengan harga pasar yang berlaku

6. Kreatif dan inovatif

Menjual emas dengan bentuk perhiasan butuh kreativitas dan inovasi. Biasanya bentuk dan motif emas berubah seiring tren yang sedang berlaku. Jadi Anda juga harus memantau tren yang digemari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top