Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Segini Modal Usaha Buka Optik Kacamata, dan Tips Memulainya

Simak tips memulai usaha optik kacamata dan berapa modal yang diperlukan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  19:35 WIB
Segini Modal Usaha Buka Optik Kacamata, dan Tips Memulainya
Ilustrasi - eharmony
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis optik kacamata kini menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, kebutuhan kacamata masih tinggi di pasaran.

Hal ini disebabkan karena produk tersebut tidak hanya sebatas penunjang kesehatan mata. Namun juga telah menjadi bagian dari fesyen banyak orang.

Bahkan, untuk memulai bisnis optik tidaklah harus selalu membuka toko. Bisnis kacamata online juga bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Anda hanya perlu modal bisnis yang relatif kecil karena tidak perlu menyewa toko atau mengeluarkan biaya operasional karena memulainya bisa dari rumah.

Tips Sukses Jalankan Bisnis Optik Kacamata

Berikut tips yang bisa Anda terapkan dalam menajalankan bisnis optik kacamata yang menguntungkan.

1. Buatlah Rencana Bisnis

Seperti bisnis lainnya, membuka bisnis optik kacamata membutuhkan perencanaan. Tentukan ukuran, lokasi, struktur dan peralatan hingga biaya perekrutan staf. Pikirkan tentang kuantitas dan kualitas produk yang akan Anda jual. Jika Anda berencana untuk hanya menawarkan kacamata hitam fashion dan frame murah, pengeluaran Anda akan lebih rendah. Sedangkan, jika Anda menawarkan di pemeriksaan kacamat resep, tentu ini modal yang diperlukan lebih mahal, tetapi keuntungannya juga akan lebih tinggi.

2. Riset Kompetitor

Bisnis optik kacamata tentu bukan sebuah bisnis yang hanya ditekuni satu atau dua orang pelaku bisnis saja. Maka, penting untuk melakukan riset kompetitor dan lakukan pengamatan mana produk yang jadi best seller. Apakah mereka menjual produk unik yang hampir tidak dapat ditemukan di tempat lain? Apakah mereka menawarkan harga yang lebih rendah dari pesaing? Lalu, munculkan sesuatu yang lebih baik – jangan hanya menyalinnya.

3. Punya Pengetahuan Baik soal Produk

Memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk yang akan dijual penting. Karena itu akan berpengaruh pada kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Product knowledge yang baik bisa membantu Anda dalam menjelaskan setiap detail, kelebihan, serta kekurangan kacamata yang dijual. Misalnya, dengan memahami jenis kacamata, update dengan tren kacamata yang ada saat ini, hingga mengetahui kisaran harga kacamata di pasar.

4. Cari Supplier yang Berkualitas

Agar bisnis optik kacamata Anda sukses, maka selain mempertimbangkan harga yang murah, Anda juga harus cermat dalam mencari supplier yang berkualitas. Selain itu, selalu rajin cari supplier hingga ke luar negeri. Atau jika ingin fokus mengembangkan brand lokal maka cari ke beberapa pemasok dan produsen lokalnya.

5. Tentukan Lokasi

Apabila Anda ingin membuka bisnis toko optic kacamata, maka pertimbangkan untuk menyewa ruang yang dekat dengan bisnis populer, seperti toko makanan kesehatan, restoran, atau pusat kebugaran. Ini akan memastikan lebih banyak lalu lintas pejalan kaki dan mobil melewati etalase Anda. Anggap saja sebagai iklan gratis. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah tempat parkir, demografi, jarak dari toko optik lain, kenyamanan dan harga.

6. Pilih Platform Online

Jika Anda menjalankan bisnis secara online. Penting untuk Anda mengetahui siapa target audience Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan platform digital mana yang akan dipilih sebagai saluran penjualannya, apakah media sosial, website ataupun marketplace.

7. Lakukan Promosi

Setelah bisnis Anda berdiri. Maka, langkah selanjutnya adalah promosi. Anda bisa membuat konten promosi yang disukai oleh target pasar. Mereka yang melihat konten promosi bisnis Anda akan mengetahui merek dan produk apa yang sedang ditawarkan. Anda bisa memberikan diskon, mengajak berdonasi dengan jumlah pembelian tertentu, memberikan hadiah tambahan yang menarik ataupun giveaway yang membuat banyak pelanggan baru datang.

Besaran Modal Bisnis Optik Kacamata

Pada dasarnya, modal untuk memulai bisnis ini tergantung dengan jenis pelayanan yang ingin Anda tawarkan.

1. Biaya Sewa Lokasi

Lokasi merupakan salah satu hal paling penting dalam memulai usaha apa pun. Terlebih bengkel motor adalah usaha yang berbentuk fisik, bukan virtual. Bahkan, sewa lokasi bisa menjadi pengeluaran terbesar. Berdasarkan BFI Finance, Anda bisa menganggarkan biaya untuk sewa lahan sebesar Rp30 juta per tahun. Selain biaya sewa tempat, Anda juga harus mengalokasikan sekitar Rp10 juta untuk merenovasi tempat yang akan Anda sewa, agar optik kacamata yang Anda jalani, bisa membuat pelanggan nyaman.

2. Biaya Peralatan

Melansir dari Bizfluent, Jika Anda berencana untuk melayani kacamata dengan resep, Anda perlu berinvestasi dalam peralatan optik, di mana Anda harus membeli unit refraksi, keratometer, refraktometer otomatis, dan perangkat optik lainnya yang bisa menghabiskan biaya hingga Rp60 juta.

Tapi, jika Anda kekurangan dana yang dibutuhkan untuk laboratorium di tempat, bermitralah dengan salah satu di daerah Anda. Cara lain untuk mengurangi modal yang harus dikeluarkan adalah dengan membeli peralatan toko optik bekas. Sebuah mikroskop slit-lamp, misalnya, akan sama baiknya digunakan seperti yang baru. Nantinya, Anda bisa mengupgrade ke model yang lebih canggih.

3. Biaya Promosi

Apabila, Anda ingin menekan biaya dengan lebih minim. Maka, Anda bisa membuka toko online, di mana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lokasi toko. Nantinya, dana tersebut dapat dialokasikan untuk melakukan promosi digital. Adapun berikut rincian biayanya:

- Komisi dan biaya pemasaran afiliasi (opsional) Rp500.000
- Pemasaran influencer (opsional) Rp2 juta
- Google Ads (opsional) Rp500.000
- Iklan Facebook & Instagram (opsional) Rp500.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips bisnis online kacamata kacamata gratis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top