Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Tips Jitu Jualan Online, Bersiap Diserbu Pelanggan

Saat Anda memulai jualan online, maka segera tentukan produk dan sistem promosi yang akan Anda lakukan.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 24 Oktober 2022  |  13:27 WIB
Ini Tips Jitu Jualan Online, Bersiap Diserbu Pelanggan
Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. / Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin membuka sebuah usaha, jualan online merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan di masa sekarang.

Di zaman yang modern ini, teknologi menjadikan manusia lebih mudah untuk melakukan aktivitasnya. Seperti berbisnis misalnya, kini bisa dilakukan secara online dari rumah.

Hasil keuntungan yang diraup dari berjualan online seringkali justru lebih menjanjikan dari mereka yang berjualan langsung.

Simak tips jualan online berikut sebagai panduan dalam mensukseskan bisnis Anda:

1. Tentukan produk yang akan dijual

Bisnis akan menjadi lebih mudah jika Anda telah mengetahui produk. Pilihlah produk yang dapat ditemukan Anda sanggupi ketersediaannya.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka bisnis bidang fashion, Anda dapat memilih jenis produk yang akan dijual. Beragam produk yang dapat ditawarkan dalam bidang fashion, seperti halnya perhiasan (gelang, cincin, jam tangan, kalung) atau pakaian (celana, kaos, kemeja, rok, sepatu, sandal, dan yang lainnya).

2. Tentukan target pasar

Langkah kedua adalah identifikasi siapa target pasar produk Anda. Pikirkan bahwa produk Anda merupakan sebuah solusi dari apa yang pelanggan butuhkan atau cari.

Penetapan target pasar ini dapat dilakukan dengan cara melihat dan menganalisis demografi pelanggan seperti usia, jenis kelamin, lokasi.

Sebagai contoh, jika anda ingin membuka usaha perhiasan jam tangan, tentukan jenis jam tangan seperti apa yang anda inginkan. Apakah untuk pria atau wanita, dan apakah untuk mereka yang sudah dewasa, remaja, atau anak-anak.

3. Daftarkan official store Anda di berbagai platform

Setelah mengetahui produk dan target pasar, daftarkan pula official store dari produk Anda di berbagai platform seperti Shopee, Bukalapak Lazada, Tokopedia, lainnya.

Dengan begitu brand produk Anda akan lebih untuk terhubung dengan pelanggan secara online. Anda juga dapat membuat website khusus untuk penjualan produk Anda.

4. Iklankan dan jual di media sosial

Selain mendaftarkan official brand store di berbagai platform penjualan online, Anda juga dapat membuka akun sosial media brand Anda.

Hal ini untuk terus meluaskan jaringan pelanggan dalam mengetahui produk Anda. Buatlah akun sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Rutinlah memasang iklan atau memposting produk Anda dengan foto dan caption yang unik untuk menarik perhatian pelanggan.

5. Promosi secara rutin

Promosi dapat secara mudah dilakukan di sosial media, tidak perlu menyiapkan banyak orang untuk memasarkan produk lagi.

Jika Anda tidak rutin mempromosikan produk, maka akan sulit menjangkau pelanggan Anda. Media sosial sekarang memudahkan untuk memasarkan bisnis.

Oleh karena itu, manfaatkan media sosial dan alat pemasaran digital untuk mempromosikan produk. Bangunlah interaksi yang kuat dengan pelanggan setia Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online online online shopping tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top