Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Orang Terkaya di Qatar, Kekayaannya Fantastis

Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani adalah orang terkaya di Qatar. Dia memiliki karir yang panjang dan terkenal dalam bisnis dan diplomasi.
Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani
Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani

Dari Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani hingga Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani

1. Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani

Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani adalah orang terkaya di Qatar. Dia memiliki karir yang panjang dan terkenal dalam bisnis dan diplomasi.

Saat ini beliau menjabat sebagai Duta Besar Qatar untuk Jerman, posisi yang dijabatnya sejak diangkat pada Agustus 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Chairman Ooredoo Kuwait dan menjabat sebagai Presiden Komisaris Indosat Ooredoo. Dia mengubah Ooredoo dari operator telekomunikasi satu negara menjadi Grup, hadir di 10 negara.

Dia juga bertugas di Komisi Pita Lebar ITU untuk Pengembangan Digital; dalam kapasitas ini, dia membantu memetakan arah pengembangan Teknologi Digital di Qatar, dan akhirnya di wilayah tersebut. Dia adalah anggota Dewan Penasihat Kelompok Bank Dunia untuk Gender dan Pembangunan.

Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani juga menjabat sebagai Chief Executive Officer Otoritas Investasi Qatar, dari 2014 hingga 2018; posisi itu menempatkan dia bertanggung jawab atas salah satu dana kekayaan negara terbesar di dunia di mana dia bergerak untuk mendiversifikasi investasi tidak hanya di sektor pasar tetapi juga di negara tempat investasi diadakan.

2. Saad Sherida Al Kaabi

Saad Sherida Al Kaabi adalah seorang veteran dalam bisnis minyak. Dia saat ini adalah Menteri Energi di Qatar, serta Presiden dan CEO Qatar Petroleum. Dia bergabung dengan perusahaan minyak pada tahun 1986 ketika dia masih kuliah.

Dia mulai di Reservoir & Field Development Department perusahaan dan kemudian memegang beberapa posisi di sepanjang lini; dalam perjalanannya untuk mendapatkan salah satu resume paling mengesankan di industri minyak yang dapat Anda temukan di seluruh Qatar.

Al Kaabi juga ketua Industri Qatar, koperasi besar yang bertindak sebagai perusahaan induk; mengarahkan beberapa upaya industri emirat. Beberapa produk perusahaan antara lain petrokimia, baja, dan pupuk. Dia juga ketua Gulf Drilling International dan terminal LNG Adriatik yang merupakan perusahaan eksplorasi lepas pantai.

Saad Sherida Al Kaabi berada di posisi kedua dalam daftar orang terkaya di negara ini. dia adalah Menteri Energi di Qatar saat ini dan sebelumnya menjabat sebagai Presiden dan CEO Qatar Petroleum yang merupakan perusahaan milik negara yang mengoperasikan semua kegiatan minyak dan gas negara tersebut. Ia menyelesaikan pendidikannya dari Pennsylvania State University pada tahun 1986 dan berspesialisasi dalam teknik perminyakan dan gas alam.

3. Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum

Sheikh Ahmed Bin Saeed Al Maktoum lahir pada 1 Desember 1958. Dia adalah salah satu orang terkaya di Qatar, dan sebagai anggota keluarga penguasa Dubai, dia diyakini sebagai salah satu bangsawan terkaya di dunia.

Saat ini ia menjabat sebagai presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai. Dia juga CEO dan pendiri Emirates Group, serta ketua Dubai World. Dia juga ketua perusahaan asuransi Noor Takaful.

Dia adalah rektor Universitas Inggris di Dubai saat ini (yang merupakan universitas pascasarjana berbasis penelitian pertama di Timur Tengah), dan dia adalah ketua Komite Fiskal Tertinggi Dubai.

Selain menjadi salah satu yang terkaya; Sheikh Ahmed Bin Saeed Al Maktoum juga merupakan salah satu orang paling berkuasa di Qatar.

Dia saat ini adalah presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai serta Perusahaan Asuransi Noor Takaful. Lahir pada 1 Desember 1958 di Dubai, UEA, Emirates Airways milik Al Maktoum adalah salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 37,8 Miliar dolar pada tahun 2018.

4. Akbar Al Baker

Al Baker adalah salah satu orang paling berpengaruh dan berkuasa di Qatar. Dia saat ini adalah CEO Grup Qatar Airways. Akbar Al Baker memiliki karir yang sangat gemilang mengembangkan Industri Penerbangan Qatar dari nol.

Dia adalah salah satu pengembang utama Bandara Internasional Hamad yang dibuka pada tahun 2014. Dia juga salah satu orang kunci di balik pengembangan industri pariwisata di Qatar. Pada Mei 2021, Al-Baker diangkat sebagai ketua Oneworld.

Akbar Al Baker lahir di Qatar tetapi dibesarkan di India. Sekembalinya ke Qatar, ia langsung ditugaskan untuk mengerjakan tujuan pembangunan jangka panjang negara tersebut. Dia pernah bekerja di Direktorat Penerbangan Sipil Qatar, Ketua Otoritas Pariwisata Qatar, serta CEO beberapa perusahaan penting di Qatar; termasuk; Perusahaan Bebas Bea Qatar, Perusahaan Katering Pesawat Qatar, dan Layanan Penerbangan Qatar.

Al Baker adalah salah satu orang terkaya dan berpengaruh di Qatar. Dia saat ini adalah CEO grup Qatar Airways serta Sekretaris Jenderal Dewan Pariwisata Nasional Qatar. Dia juga menjabat sebagai salah satu pengembang utama untuk Bandara Internasional Hamad yang dibuka pada tahun 2014. Seperti Sheikh Ahmed Bin Saeed Al Maktoum, Al Baker juga dikenal mengubah industri saluran udara di seluruh dunia.

5. Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani

Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber bin Mohammed bin Thani Al Thani lahir pada tanggal 11 Januari 1959. Dia adalah politisi dan diplomat Qatar yang sangat berpengaruh. Dia adalah Perdana Menteri Qatar dari 3 April 2007 hingga 26 Juni 2013, dan menteri luar negeri dari 11 Januari 1992 hingga 26 Juni 2013. Untuk sebagian besar waktu itu, dia adalah Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri.

Dia adalah anggota keluarga Al Thani; kakeknya adalah adik laki-laki dari orang yang membangun negara.

Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani adalah mantan Perdana Menteri Qatar dari 3 April 2007 hingga 26 Juni 2013. Ia juga menjabat sebagai menteri luar negeri negara secara bersamaan hingga 2013. Menurut Forbes, kekayaan bersihnya sekitar 106 Crores USD dan itulah mengapa dia berada di urutan kelima dalam daftar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper