Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Global Way Indonesia Ciptakan Bola dari Madiun ke Piala Dunia 2022

Global Way Indonesia, perusahaan yang memproduksi bola piala dunia dirintis di Madiun Jawa Timur.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 29 November 2022  |  18:10 WIB
Global Way Indonesia Ciptakan Bola dari Madiun ke Piala Dunia 2022
Al Rihla, bola yang dipakai di Piala Dunia 2022 - Twitter FIFA World Cup
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bola resmi Piala Dunia di Qatar 2022, ‘Al Rihla’ yang dibuat oleh PT Global Way Indonesia (GWI) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur kini kian jadi sorotan dunia.  

Hal tersebut, sebab Al Rihla disebut-sebut menjadi bola tercepat yang melayang di udara. Di mana, Al Rihla menggunakan prinsip aerodinamika yang sama dengan fungsi bola golf.

Seperti namanya, 'Al Rihla ' yang berarti 'perjalanan' dalam bahasa Arab. Desain bola sangat terinspirasi dari budaya, arsitektur, perahu ikonik, dan juga bendera Qatar. Warna- warna cerah yang tertera pada bola adalah representasi dari negara tuan rumah dan popularitas olahraga yang terus meningkat. 

Bahkan, Saat ini, Al Rihla menjadi salah satu bola Piala Dunia yang paling ramah lingkungan.

Dengan segala keunggulannya, lantas membuat banyak publik makin penasaran dengan profil bisnis dari produsen bola tersebut. Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

Profil PT Global Way Indonesia (GWI)

PT Global Way Indonesia adalah produsen perlengkapan olahraga yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Di mana, sebelumnya pada tahun 2011, lokasi perusahaan ini berada di Sidoarjo, kemudian pada 2019 pindah ke Madiun. 

Sejak didirikan, perusahaan telah menyadari pentingnya kesejahteraan karyawan, kesehatan, keselamatan & lingkungan serta kepatuhan terhadap hukum. Adapun, misi perusahaan ini adalah  “Bekerja sama untuk menjadi produsen perlengkapan olahraga terbaik di dunia”.

Selain dengan Adidas, PT GWI juga bermitra dengan PUMA, UHLsport, Mizuno dan Specs untuk memproduksi peralatan olahraga berkualitas tinggi. 

Namun, tonggak sejarah baru telah diciptakan, ketika PT. Global Way Indonesia menjadi mitra resmi Adidas untuk memproduksi "Souvenir Sepak Bola Piala Dunia 2022"

Fokus Pada Sustainability Business

PT Global Way Indonesia terus berusaha menjalankan bisnis yang berkelanjutan yang memenuhi tanggung jawab sosial dengan memberikan nilai yang berbeda kepada pemangku kepentingan yang beragam.

Dalam produksinya, PT Global Way Indonesia turut memberdayakan warga Madiun, di mana, dengan total 2.600 karyawan, 90 persennya adalah karyawan asal Madiun. Tak hanya itu, dari segi ketenagakerjaan pun PT GWI terus membangun budaya perusahaan dengan memerlakukan karyawannya penuh rasa hormat, dan menerima keuntungan yang sesuai.

Mulai dari pemberian pelatihan kerja, jaminan kesehatan, lembaga kursus pemerintah daerah untuk bisa diikuti oleh seluruh karyawan perusahaan hingga karyawan outsourcing.

Kekonsistenan perusahaan juga ditandai dengan sikap bisnis yang menjaga lingkungan melalui pengurangan energi dan GRK (gas rumah kaca), program efisiensi air, program pengelolaan limbah, pemantauan kualitas lingkungan secara teratur dan pengelolaan bahan kimia. 

Selain itu, PT GWI melakukan inovasi bahan dan proses dengan meningkatkan penggunaan bahan yang lebih berkelanjutan (proyek bahan daur ulang). Terbukti Al Rihla, menjadi salah satu bola paling ramah lingkungan yang pernah digunakan dalam sejarah turnamen Piala Dunia. 

Sebagai informasi, jika dibandingkan dengan Telstar 18, bola yang digunakan dalam Piala Dunia Rusia tahun 2018, maka Al Rihla kali ini lebih green business. Bola ini dibuat dengan limbah material yang jauh lebih sedikit dan menggunakan lebih banyak tinta berbasis air, biru berbasis air, dan air poliuretan berbasis di antara semua hal lain yang membuatnya terus berkomitmen menerapkan sustainability business.

Jaminan Kualitas Berstandar Kelas Dunia 

Adapun yang membuat bisnis ini terus eksis, meski harus menghadapi persaingan ketatnya produsen olahraga hingga terus mampu menjadi mitra dalam ajang olahraga dunia, pihaknya menyebutkan bahwa bisnis ini terus memperhatikan praktik bisnis yang berkualitas dengan layanan pelanggan terbaik. 

Hal ini dibuktikan dengan terbitnya sertifikat berstandar kelas dunia yang diterbitkan oleh lembaga internasional bernama International Organization for Standardization (ISO). Mulai dari, ISO 9001:2015, sebagai sistem manajemen mutu yang efektif yang memastikan produk dan layanan memenuhi kebutuhan pelanggan dan ISO 14001:2015 & 45001:2018, sebagai sistem manajemen yang memastikan penerapan sistem manajemen kesehatan, keselamatan, serta lingkungan kerja secara konsisten dan berkelanjutan di seluruh area operasional perusahaan. 

Sehingga, tak heran apabila sepanjang pertumbuhan PT Global Way Indonesia telah meraih beberapa penghargaan dalam kualitas produk, kepatuhan sosial dan lingkungan, seperti menerima penghargaan dari pelanggan atas kualitas produk, kecepatan atau ketangkasan, kepatuhan pembayaran asuransi oleh BPJS dan kepatuhan pelaporan lingkungan oleh Badan Lingkungan Hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Al Rihla piala dunia 2022 olahraga olahraga
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top